Terpopuler

6 Cara Atasi Lemot pada Android

trik android lelet
Android Lemot
      Mungkin bagi kamu yang baru saja menggunakan ponsel android tentu diperlukan adaptasi terhadap smartphone android. Ketika kamu baru saja menggengam ponsel android tentunya kamu ingin sekali mencoba seluruh aplikasi menarik android yang tersedia di playstore, atau beberapa fitur yang diberikan pada ponsel android.
Tetapi hal tersebut akan membuat ponsel android kamu terasa lemot. Lalu bagai mana cara mengatasi agar ponsel android tidak lemot atau lelet bahkan hang? Simak 6 cara atasi ponsel android tidak lemot lelet dibawah ini.

      Baca juga Cara Internet Gratis Android dengan Psiphon 2016

1. Hindari Live Wallpaper
      Live wallpaper adalah salah satu fitur android yang sangat menarik dilihat dan dicoba pada ponsel android. Namun kenapa perlu dihindari ? Tentu saja untuk menjalankan live wallpaper dibutuhkan kinerja GPU untuk me-render grafik bergerak. Hal ini akan mengurangi responsif pada layar sentuh ponsel android kamu pastinya. Kinerja GPU yang dibutuhkan untuk me-render grafik live wallpaper tentu akan mengurangi daya tahan baterai, konsumsi baterai yang lebih juga akan membuat kamu berfikir 2 kali.

2. Tutup aplikasi yang berjalan di background
      Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi yang kamu keluarkan dengan cara menekan tombol Home sebenarnya belum tertutup. Aplikasi tersebut masih berjalan di background, atau disebut multi-tasking apabila kamu membuka aplikasi lain setelah menekan tombol Home. Jika aplikasi tadi belum tertutup atau masih berjalan di background dan kamu membuka aplikasi lain tentu ini akan memaksa ponsel android kamu untuk melakukan multi-tasking. 

3. Minimalkan penggunaan Widget
      Widget pada ponsel android ini memberikan kemudahan untuk menggunakan aplikasi yang tersedia. Misal shortcut untuk melakukan suatu fitur pada aplikasi tertentu, atau melihat informasi yang ter-update pada aplikasi tersebut. Namun jika terlalu banyak widget tentu akan memakan penggunaan memori RAM pada ponsel android yang akan mengakibatkan tidak ada ruang lagi untuk penggunaan aplikasi lain.

4. Non-aktifkan fitur auto update apps android di Playstore
      Fitur auto update apps android ini memang terasa baik untuk mendapatkan aplikasi ter-update, namun akan merasa terganggu apabila tiba – tiba ponsel android kamu men-download dan meng-install aplikasi ketika sedang digunakan untuk menjalankan aplikasi lain.

      Baca juga Hack WIFI menggunakan Penetrate Pro | Aplikasi Android

5. Install aplikasi/pindahkan aplikasi yang terinstall di memori eksternal/external sd
      Hal ini yang membuat ponsel android menjadi lemot ketika memori internal ponsel android kamu terbatas dan memaksakan meng-install banyak aplikasi hingga memori internal hampir penuh. Sebaiknya kamu memanfaatkan aplikasi pemindah ke memori eksternal untuk memberikan ruang kosong pada memori eksternal. Semakin banyak ruang kosong pada memori internal akan membuat ponsel android kamu lebih kencang dan tidak lemot.

6. Mereset ulang sistem operasi android/Factory reset
      Cara terakhir apabila 5 langkah diatas masih terasa kurang gunakan cara ini, Factory reset. Factory reset atau mengembalikan ponsel android kamu dalam keadaan fresh seperti baru/semula. Khususnya pada bagian memori karena memori internal dan memori internal akan terisi dengan aplikasi bawaan pabrik saja.

6 Cara Agar Ponsel Android Tidak Lemot ini mungkin bisa membantu kamu semua mengatasi ponsel yang terasa lemot ketika digunakan.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan like atau share, juga berkomentar jika ingin menanyakan sesuatu hal.
Tips Trik Tutorial 6 Cara Atasi Lemot pada Android

Hi :) Jangan lupa like fanspage facebook ArtikelCara10
Donate kllik ikllan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika ada pesan kesan atau sekedar berbasa-basi silahkan untuk berkomentar pada box komentar yang telah kami sediakan.
Komentar bebas tanpa aturan, terbuka untuk semua (termasuk opsi Name/URL).