10 Penyebab Dan Cara Atasi Laptop Kamu Yang Lemot

Laptop banyak digunakan sebagai penunjang aktivitas pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan lainnya sehingga alat elektorinik ini (laptop) memiliki peran khusus yang sangat penting bagi sebagian manusia. Pernah mengalami laptop lemot? mungkin kamu pernah mengalami hal tersebut yang tentunya sangat mengesalkan. Namun sebelum mencari tahu apa penyebab laptop lemot pahami terlebih dahulu apa saja yang membuat laptop menjadi lemot.

10 Penyebab Laptop Lemot

10 Penyebab Laptop Lemot

1. Masi menggunakan sistem operasi yang lawas atau tidak pernah upgrade sistem operasi, hal ini berlaku bagi semua laptop baik yanh memiliki sistem operasi Windonws maupun MacOs.

2. Laptop Terserang Virus, walaupun secara pandangan umum virus kini sudah mampu dipahami dengan baik yakni sebuah file yang masuk kedalam laptop untuk mencuri data ataupun hanya bertujuan untuk merusak sistem operasi laptop saja.

3. Terlalu banyak membuka Tab browser yang biasanya dilakukan oleh orang yang sering berselancar di internet.

Baca Juga: 3 Laptop Gaming 5 Jutaan Terbaik Dan Paling Handal

4. Antivirus terlalu sensitif yang terus menerus bekerja dibelakang layar.

5. Buka program atau software yang terlalu banyak dalam waktu bersamaan.

6. RAM berkapasitas rendah yang terkadang tidak sesuai dengan penggunaan.

Baca trik  Cara Cek Kuota Di Telkomsel Dengan Mudah Dan Cepat

7. Terlalu banyak software atau starup program.

8. Banyak file yang terdownload tanpa diketahui saat berselancar di internet.

9. Tempat penyimpanan atau Hardisk penuh.

10. Hardisk yang sudah tidak bekerja secara optimal karena beberapa faktor seperti usia sudah tua, atau komponen yang sudah mulai melemah karena terus bekerja secara optimal setiap harinya.

Itulah 10 penyebab laptop kamu menjadi lemot yang bisa dijadikan pengetahuan dasar untuk mengatasi laptop lemot. Nah untuk lebih detailnya berikut cara mengatasi laptop lemot.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Mengganti Jenis Hardisk

Bagi kamu yang masig menggunakan hardisk laptop jenis HDD sebaiknya ganti dengan SSD untuk lebih meningkatkan performa kerja laptop. Apa Bedanya hardisk HDD dengan SSD? perbedaan hardisk HDD dengan hardisk SSD ada pada kecepatan dalam membaca data SSD lebih unggul karena sistem penyimpanan SSD menggunakan pada chip memori bukan lagi pada permukaan lapisan magnetik layaknya HDD.

2. Pakai Cooling Pad

Menggunakan Cooling Pad bertujuan untuk menyedot udara panas yang ada pada laptop demi menciptakan srikulasi udara dan suhu laptop tetap normal. Selain itu juga Cooling Pad mencegah terjadinya over head pada laptop kamu yang menjadi salah satu alasan laptop menjadi lemot.

Baca trik  Cara Memperbaiki Baterai Laptop Bocor Dengan Mudah

3. Copot Program Yang Tidak Penting

Hobi mengoleksi program atau software dalam laptop walau sebenarnya tidak dibutuhkan dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Oleh karena itu bijaklah dalam menginstall atau uninstall software yang tidak kamu butuhkan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Kalibrasi

4. Gunakan Software Versi Lama

Menggunakan software-software update-an terbaru sebenarnya tidak ada masalah jika spesifikasi laptop kamu mumpuni. Tapi jika tidak sebaiknya gunakan software versi lama saja, karena selain lebih ringan digunakan softaware lama juga biasanya tal terlalu jauh berbeda dengan versi terbarunya.

5. Sistem Operasi Yang Ringan

Jika spesifikasi laptop kamu hanya alakadarnya atau pas-pasan sebaiknya gunakan saja sistem operasi Linux OS saja. Linux OS terbukti sebagai sistem operasi yang memiliki kecepatan mengalhkan sistem operasi windows.

6. Install Ulang Windows

Instal ulang Windows jika dirasa laptop sudah mulai lemot, dan juga sering mengalami error pada software.

7. Software Pendukung
Gunakan software pendukung kinerja laptop seperti salag satunya CCleaner.

8. Lakukan Scan Virus
Penyebaran virus berbahaya yang masuk kedalam laptop akan menyebabkan komputer lemot, jadi sebaiknya gunakan antivirus untuk selalu mendeteksi virus-virus yang ada pada laptopmu.

Baca trik  Cara Bobol Password WiFi Pakai Laptop Atau PC Paling Ampuh

9. Gunakan Thermal Paste
Overhead pada prosesor biasanya akan menyebabkan laptop lemot bahkan mati sendiri. Oleh karena itu untuk menghindari panas yang berlebih (Over head) pada prosesor gunakalanlah thermal paste pada permukaannya.

10. Update RAM
Update RAM, semakin tinggi spesifikasi RAM sebuah laptop maka tandanya kinerja laptop tersebut juga tinggi.

Nah itulah 10 penyebab dan cara atasi laptop lemot, semoga bermanfaat untuk kita semua.

10 Penyebab Dan Cara Atasi Laptop Kamu Yang Lemot oleh selviherdawati rating 5