Ditulis oleh Fariz Rahman ⭐⭐⭐⭐⭐

6 Tanda Jika Smartphonemu Telah Diretas, Dan Cara Mengatasinya

Tanda Hp Di Retas

Hacks yang Mungkin Anda cari :

Ilustrasi Hacker
Tak banyak yang mengetahuinya jika smartphone merupakan salah satu perangkat yang mudah terkena hack atau diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Hal ini semakin dipermudah setelah adanya koneksi internet. Namun jika smartphone kamu telah berhasil di bajak, Akibatnya pun banyak mulai dari data hilang, disadap, bahkan data pribadi kamu yang tercuri.
Apalagi bila yang tercuri itu adalah data pribadi kalian yang berharga seperti PIN ATM, kata sandi ataupun data pribadi kalian lainnya. Tapi sebenarnya ketika smartphone telah diretas, kita bisa melihat tanda-tandanya, namun tidak semua tanda-tanda dibawah ini karena diretas ada hal lainnya juga yang menyebabkan gejalanya sama.

1. Kuota Boros
Ketika kamu merasa sudah sedikit untuk menggunakan data selular, tapi kuota kamu cepat habis, maka kamu perlu waspada. Bisa saja, hal ini merupakan ulah hacker yang menanamkan aplikasi di smartphonemu. Aplikasi tersebut mengirim informasi ke luar tanpa sepengetahuanmu. Yang mengakibatkan penggunaan kuota kamu menjadi semakin boros karena aplikasi yang ditanamkan hacker ini.

2. Ada Aplikasi Asing
Jika kamu menemui aplikasi asing secara tiba-tiba ada di smartphonemu, cek apabila kamu merasa tidak pernah menginstalnya, bisa jadi hacker lah pelakunya. Kadang, mereka bahkan menyembunyikan aplikasinya di smartphone kalian tanpa sepengetahuan kalian, Maka sering-seringlah untuk mengecek aplikasi yang tersembunyi itu dengan cara masuk ke menu Settings – Apps atau Application Manager. Nah disitu akan terlihat semua aplikasi yang terinstall di smartphonemu.

3. Baterai Cepat Habis
Sama halnya dengan kuotamu boros, jika kalian merasa jarang menggunakan smartphone, tapi baterai cepat habis. Ini bisa menjadi kemungkinan ketika adanya aplikasi malware yang mengirim atau menyalin data di samartphone. Aplikasi akan terus berjalan di background dan mengakibatkan smartphone cepat panas dan akhirnya baterai menjadi cepat habis.

4. Lokasi Tiba-tiba Aktif
Lokasi atau GPS yang mendadak aktif menjadi tanda jika smartphone mungkin sedang diretas Patut waspada karena berarti hacker bisa mengetahui posisimu.

5. Smartphonemu Menjadi Lemot
Jika kamu merasa smartphone kamu menjadi lemot, dan saat ingin menjalankan sebuah aplikasi ataupun yang lainnya menjadi terasa sangat lambat, padahal aplikasi yang ingin kalian jalankan adalah aplikasi ringan seperti membuka aplikasi chatting. Tapi smartphone kamu menjadi lemot, besar kemungkinan di smartphonemu ada sebuah virus seperti malware yang bersembunyi dan bekerja untuk mengirimkan data-data kamu kepada si peretas.

6. Iklan Pop-up Sering Muncul
Apabila ketika kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi di smartphonemu, lalu tiba-tiba muncul sebuah iklan tentu itu bukan sebuah masalah karena itu adalah iklan yang tertanam di aplikasi yang kamu jalankan itu, Tapi ketika di homescreen smartphonemu muncul tiba-tiba sebuah iklan pop-up, Nah kamu patut curiga karena bisa jadi smartphonemu juga sudah diretas.

Ilustrasi Hacker

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jika smartphone kamu telah dibajak.

- Cara pertama dengan melakukan reset password. Jika benar terkena hack, biasanya akan diarahkan ke email untuk melakukan back up.
- Cara kedua ialah dengan mengaktifkan fitur dua langkah verifikasi untuk menjaga keamanan akun dan smartphone. Semoga informasinya bermanfaat terima kasih!

Hacks Rekomendasi

Jika memiliki pertanyaan Anda dapat terhubung dengan kami dengan bergabung grup Facebook Hackers Hacking | AC10.

Download dan install aplikasi android AC10 Hacks Apk dan dapatkan update hacks terbaru hanya dengan membuka aplikasi langsung dari Smartphone Anda.