4 Cara Atasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan oleh orang-orang karena dianggap lebih mudah dibawah kemana saja dibanding media penyimpanan hardisk dan CD/DVD. Tapi terkadang pengguna dibuat bingung saat flashdisk tiba-tiba tidak bisa terbaca diperangkat mereka.

4 Cara Atasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca

4 Cara Atasi Flashdisk Tidak Bisa Terbaca
Flashdisk yang tidak bisa terbaca baik di laptop ataupun PC bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya flashdisk rusak secara fisik, kerusakan pada port USB, ada masalag terhadap driver, settingan bios bermasalah, flashdisk KW atau abal-abal, sering mencabut flashdisk dari perangkat tanpa di eject dan masih banyak lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Atasi Dengan CMD

Cara mengatasi flashdisk tidak bisa terbaca yang pertama dengan menggunakan CMD. Berikut langkah-langkahnya.

– Colokan Flashdisk pada port USB perangkat
– Ketik CMD pada Commant Prompt
– Tulislah folder penyimpanan flashdisk kamu di CMD seperti berikut chkdsk/(Folder penyimpana E, D, F atau G) lalu tekan yes
– Tahap terakhir perangkat akan merestar dengan sendirinya dan setelah hidup kembali seharusnya sudah bisa berhasil masuk pada driver USB.

Baca trik  Tips Termudah bersihkan Flashdisk dari Virus Berbahaya

Baca juga: Mati Karena Overheat! 6 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas

2. Format Flashdisk

Format Flashdisk
Wah mungkin ini adalah hal yang terdengar sangat mengerikan apalagi dalam flashdisk tersebut terdapat banyak virus. Tapi ini adalah salah satu jalan mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca, tujuan mem-format flashdisk adalah karena terkadang ada virus didalam flashdisk tersebut sehingga tidak bisa terbaca.

3. Coba Tes Flashdisk Diperangkat Lain

Coba tes flashdisk kamu diperangkat lain, jika masih belum terbaca berarti flashdisk tersebut yang bermasalah tapi jika terbaca pada laptop/pc lain berarti port USB yang ada pada laptop kamu yang bermasalah. Bersihkan port USB laptop/pc kamu dengan mengguakan kuas kecil ataupun vacum cleaner jika ada.

Bukan hanya debu, port USB juga terkarang bermasalah dikarenakan kepala port nya telah termakan usia. Jadi untuk mengatasi hal seperti ini silahkan bawa saja laptop/pc kamu ke service center untuk mendapatkan solusi terbaik.

Baca Juga: Cara Atasi PC Hidup Tapi Tidak Ada Tampilan

4. Coba Instal Kembali Driver

Intsall Kembali Driver
Flashdisk tidak bisa terbaca pada laptop kamu bisa juga dikarenakan driver port USB belum terinstall. Coba klik kanan pada my komputer > management, disitu akan muncul driver apa daja yang belum terisntall pada perangkat kamu ditandai dengan tanda seru. Untuk install driver port USB bisa menggunakan CD master motherboard ataupun menggunakan software tambahan driver pack.

Baca trik  Cara Mudah Mengatasi Sim card Tidak Terbaca Di HP Android

Untuk cara intsal driver ini mungkin tidak perlu kami ajari karena caranya pun sangat mudah, cukup masukan CD master motherboard lalu pilih jenis driver yang belum terinstall selanjutnya sisa tekan yes. Bagaimana mudah bukan?.

Nah itulah 4 cara mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

4 Cara Atasi Flashdisk Yang Tidak Terbaca oleh selviherdawati rating 5