4 Cara Mengenali Website Phising Hacker

Tak perlu dijelaskan panjang lebar mungkin kamu juga sudah mengerti apa itu hacker. Hacker adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk meretas baik akun ataupun data digital seseorang.

Ada banyak cara yang biasa dilakukan hacker untuk meretas akun seseorang seperti salah satu contoh yang mungkin cukup banyak saat ini ialah dengan menggunakan website Phising. Website phising adalah sebuah website jebakan hacker yang sudah dimodifikasi tampilannya dedemikian rupa agar kita percaya untuk memasukan sandi akun digital kita seperti sosial media salah satu contohnya.

4 Cara Mengenali Website Phising Hacker

4 Cara Mengenali Website Phising Hacker
Jadi agar kamu tidak terjebak dalam webiste jebakan (Phising) hacker, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengenalinya.

1. Perhatikan Tampilan

Hacker biasanya membuat website mereka semirip mungkin dengan aslinya agar targetnya terjebak dan memasukan password akun. Misalnya seperti ada hacker yang ingin meretas akun Facebook kamu, maka dia akan buat website seperti tampilan Facebook.

Saat kamu masukan password akun Facebook pada situs tersebut maka secara otomatis sistem website phising akan merekam. Nah jadi begitu mudahnya password akun kamu berpindah tangan.

Situs Phising biasanya tampilannya rata-rata memiliki kemiripan dengan aslinya maksimal hanya 90% saja. Jadi telitilah sebelum memasukan password di website yang baru kamu buka.

Baca Juga : Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

2. Alamat Website Sedikit Typo

Typo
Selain tampilan yang dibuat mirip alamat websitenya pun dibuat mirip. Karena alamat website di internet tidak bisa sama maka hacker membuat alamat website mereka sedikit typo.

Misalnya nih alamat aslinya biasa tempat kamu memasukan password seperti ini ‘www.kantorgua.com’ biasanya diubah sedikit typo jadi ‘www.kantorgue.com’.

3. Link Palsu

Salah satu ciri website phising adalah banyak link dalam website tersebut tidak bisa dikases alias asal dibuat saja. Kalaupun ada link yang aktif dalam website phising, biasanya jika kita klik akan membawa kita ke halaman yang tidak sesuai dengan judulnya.

4. Tidak Bisa Login

login
Tidak bisa login akun ini adalah tanda yang paling mencolok, meskipun kamu sudah memasukan password yang benar.

Misalnya kamu mau login akun Facebook di website yang ternyata situs phising, dan setelah klik ‘Masuk’ kamu tidak bisa masuk itu adalah website phising. Jadi langkah selanjutnya cepat-cepatlah ganti password akun Facebook-mu sebelum hacker yang lebih dulu masuk.

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

Kenapa Situs Phising Banyak Digunakan Hacker Untuk Meretas Akun?

1. Mudah dibuat

Kini ada banyak website yang menyediakan tempat buat situs phising

2. Mudah Digunakan

Mudah digunakan yakni tinggal membagikan link sistus jebakan kepada target dengan judul yang memancingnya untuk membuka dan memasukan password.

Nah itulah 4 cara untuk mengenali website phising hacker, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.