Apa Perbedaan Sistem Operasi Android Dan iOS?

Apa Perbedaan Sistem Operasi Android Dan iOS?
Saat ini sistem operasi yang sangat dominan pada smartphone adalah Android dan iOS, walaupun sebenarnya masih banyak sistem operasi lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan seperti Symbian, BlackBerry dan masih banyak lainnya. Bagi kamu yang hendak membeli sebuah smartphone pastinya akan bingung jika disuguhkan dengan dua pilihan sistem operasi dan bertanya “Apa perbedaan sistem operasi Android dan iOS?”.

Apa Perbedaan Sistem Operasi Android Dan iOS?

Apa Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS?
iOS dan Android adalah sistem operasi yang memiliki keungguluannya masing-masing. Untuk mengetahui masing-masing keunggulan dan perbedaan kedua sistem operasi ini langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Toko Aplikasi Resmi

Operasi Sistem (OS) baik Android maupun iOS masing-masing memiliki toko aplikasi resmi sebagai penyedia aplikasi yang dapat didownload sistem operasi tersebut secara gratis maupun berbayar. iOS memiliki toko aplikasi resmi bernama App Store yang tentunya hanya dapay diakses oleh smartphone berbasis iOS seperti besutan Apple saja. Sedangkan untuk Android toko aplikasi resminya bernama Google Play hanya saja memiliki keunggulan karena bisa diakses pada smartphone maupun PC.

Baca trik  Trik Jitu Memaksimalkan Fungsi dari Realme 3 Pro

Baca Juga: 3 Aplikasi Edit Foto Untuk Android Paling Canggih Tanpa Watermark

2. Berbagi File

Berbagi File
Nah perbedaan selanjutnya ada pada sistem berbagi data atau file yang mungkin kini sudah menjai kebutuhan pengguna smartphone baik untuk mentransfer file data ke atau ke smartphone lainnya. Dalam hal berbagi data sistem operasi iOS cenderung lebih sulit untuk digunakan.
iOS hanya bisa berbagi data ke smartphone yang berbasis sistem operasi yang sama. Sedangkan Android cenderung lebih bebas dalam berbagi data keperangkat lain baik via bluetooth maupun kabel USB.

3. Source

Apa itu Source? Source adalah model sumber yang menentukan apakah memberi kamu kebebasan dalam memodifikasi sistem operasi tersebut atau tidak. Bagi kamu pengguna smartphone berbasis Android berbanggalah karena kamu diberi kebebasan dalam merubah/memodifikasi perangkat sesuai dengan keinginanmu sendiri.
Untuk iOS sendiri memiliki sifat ‘Close Source’ yang artinya kamu tidak diberi kebebasan memodifikasi perangkat seperti Android. Close Source pada iOS ini bertujuan agar lebih tidak mudah terserang virus dikarenakan malware.

4. Asisten Virtual

Asisten Virtual
Kemajuan teknologi teknologi seperti saat ini tak lain karena untuk mempermudah pekerjaan/aktivitas manusia, seperti saat ini setiap smartphone sudah dilengkapi dengan Asisten Virtual untuk memudahkan penggunanya. Sebagai pengguna smartphone dengan adanya Asisten Virtual ini kamu lebih dimudahkan karena bisa mengetik, buka aplikasi, menelpon hanya dengan mengucapkan kalimat saja.

Nah untuk OS Android dan iOS sama-sama memiliki Asisten Virtual tapi dengan nama dan beberapa fitur yang berbeda, Google Asisstant untuk Android dan Siri untuk iOS. Dalam hal ini Android bisa dikatakn lebih unggul karena Asisten Virtualnya lebih berasa akurat daripada siri terbilang cukup monoton.

Baca trik  4 Game Naruto Untuk HP Android Terbaik Dengan Grafis Paling Keren

Baca Juga: Cara Termudah Mengatasi Aplikasi iPhone yang Sulit Dibuka

5. Tampilan

Perbedaan sistem operasi Android dan iOS yang terakhir ada pada tampilannya yang mungkin perbedaan yang cukup tidak menjadi masalah. Tampilan iOS cenderung lebih rapih karena penggunanya tidak diberi kebebasan untuk menambahkan widget, shortcuts dan lainnya, yang menjadi perbedaannya sistem operasi Android cenderung lebih bebas.

Itulah tadi 5 perbedaan sistem operasi Android dan iOS, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa Perbedaan Sistem Operasi Android Dan iOS? oleh selviherdawati rating 5