5 Cara Menambah Kapasitas Memory Internal Android Tanpa ROOT

5 Cara Menambah Kapasitas Memory Internal Android Tanpa ROOT

Apakah memori internal smartphone kamu sering kepenuhan? Hal ini sering berkebalikan dengan kelebihan dari smartphone android, yaitu bisa download aplikasi, menambahkan media seperti musik dan film, dan cache data untuk penggunaan offline tanpa data. Tapi, sekarang ini banyak smartphone low-end murah yang hanya mempunyai sedikit space (ruang) pada memori internalnya. Apalagi semua aplikasi yang diunduh dan cache data akan langsung masuk ke memori internal. 

Baca Juga : Mudah Dan Cepat! Cara Hack WiFi Menggunakan Terminal Emulator Di Android

Memori yang kepenuhan itu akan membuat kita tidak bisa mendownload aplikasi dan menambahkan media. Hal ini akhirnya akan berimbas pada smartphone yang kita pakai menjadi lemot. Tidak mau kan hal ini terjadi. Selain menambah memori internal, kalian juga bisa meng-upgrade OS android. Berikut 5 cara menambah memori smartphone android tanpa root.

1. Gunakan Fitur Yang Ada

cara menambah memori internal android

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur pada sistem operasi Android yang dapat menunjukkan penggunaan memori kamu secara tepat. Cara mengaksesnya cukup mudah, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah masuk ke Settings, lalu tap Storage. Dari sini kamu akan melihat sebarapa banyak penggunaan memori smartphone kamu, seperti seberapa besar memori yang digunakan untuk video, foto, audio, download, cache data, dan lainnya. Pastinya ini akan membantu kamu untuk mengatur memori smartphone kamu. 

2. Android 8.0 Oreo

Untuk kamu yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo, management storage mempunyai tampilan yang baru. Semuanya akan dikelompokkan berdasarkan tipe datanya, seperti foto dan video, musik dan audio, game, dan lainnya. Nantinya, kalau kamu membuka foto dan video akan muncul aplikasi mana saja yang mempunyai data berupa foto. Kemudian, kamu akan menemukan tombol dimana kamu dapat membersihkan memori dengan mudah, yaitu tombol Free Up Space. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman dimana kamu bisa memilih data yang ingin dihapus sesuai dengan kebutuhanmu. 

Baca Juga : Cara Deface Lewat Aplikasi Android Tanpa ROOT Paling Mudah

3. Android 7.0 Nougat ke Bawah

Jika kamu menggunakan Android 7.0 Nougat ke bawah, kamu bisa memilih beberapa opsi seperti, Apps, Images, Video dan lainnya untuk melihat apa yang memakan memori kamu paling banyak. Contohnya, ketika kamu tap Apps, kamu akan melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan ruang memorimu. Kamu bisa memilih aplikasi-aplikasi yang paling banyak memakan memori dan kamu bisa langsung membersihkannya. Biasanya, aplikasi game dengan grafis HD dan aplikasi streaming musik yang menggunakan ruang data smartphonemu paling banyak. Kamu hanya perlu tap aplikasi itu, lalu pilih Clear Data untuk membersihkan data yang ada di smartphonemu. Ini akan membuat data yang sudah didownload di aplikasi akan terhapus dan kamu harus memulai dari awal aplikasi tersebut. 

4. Menggunakan Aplikasi Files Go


Kamu bisa juga menggunakan fitur bawaan dari Android yang dapat kamu gunakan untuk membantumu menunjukkan sebarapa besar memori yang telah digunakan dari beberapa tipe data, namun tidak ditampilkan secara jelas seberapa banyak ruang yang digunakan. Maka kamu membuthkan aplikasi bernama Files Go dari Google yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan hal itu. Di aplikasi ini, kamu bisa melihat beberapa aplikasi yang jarang kamu pakai, media dengan resolusi rendah, file yang terduplikat, file sementara, dan masih banyak lagi. Beberapa hal tersebut pastinya adalah masalah yang dianggap Files Go memakan banyak ruang memori kamu.


5. Tambahkan SD Card dan Pindahkan Datanya

Banyak ponsel Android yang masih menyediakan slot untuk letak microSD walaupun jumlah ponsel yang menydiakan hal tersebut makin berkurang. Kalau HP yang kamu gunakan mempunyai slot microSD, manfaatkanlah untuk memperluas storage smartphone kamu ya. Untuk Operasi Android Marshmallow ke atas, kamu bisa langsung memformat SD card untuk menjadi memori internal lho. Kamu bisa menambahkan musik, video, gambar, aplikasi dan lainnya di smartphone kamu dengan mudah. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu masukkan microSD ke smartphone kamu, lalu tunggu sampai muncul notifikasi yang menandakan SD card kamu telah terbaca. Pilih menu Set Up, dan pilih Use as internal storage. 

Baca Juga : 5 Menit Berhasil, Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android No ROOT

Nah, itu dia 5 cara menambah memori internal tanpa root. Cara diatas bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin menamabah kapasitas memori internal dengan mudah. Terima kasih.

5 Cara Menambah Kapasitas Memory Internal Android Tanpa ROOT | tonytech | 4.5
DMCA.com Protection Status