5 Cara Ngecas Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar

Baterai merupakan spare part yang sangat penting dalam menyuplai daya listrik ke smartphone, yang artinya smartphone tidak bisa menyala tanpa adanya daya listrik dari baterai. Namun kebanyakan baterai mengalami kerusakan bocor, kembung, ruang penampung daya rusak akibat kelalaian penggunanya saat ngecas baterai yang salah, oleh karena itu kami akan beri tips kepada kamu bagaimana ngecas baterai smartphonr dengan baik dan benar.

5 Cara Ngecas Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar

5 Cara Ngecas Baterai Yang Baik
Pastinya tidak enak kan jika menggunakan smartphone yang cepat lowbet? hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan pengguna dalam ngecas baterai sehingga ruang tampung daya baterai berkurang. Lalu bagaimana cara ngecas yang baik? yuk langsung saja simak artikel berikut ini.

1. Jangan Sampai 100%

Jangan Sampai 100 Persen
Ngecas baterai hingga 100% secara awam memang adalah hal yang baik karena mengisi baterai hingga penuh sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Tapi perlu kamu ketahui kalau ngecas baterai hingga 100% bukanlah hal yang baik untuk baterai, karena akan menciptakan daya listrik dengan tekanan tinggi pada baterai yang akan membuatnya lebih cepat rusak.

Baca trik  3 Cara Screenshot Di Komputer Dan Laptop Dengan Mudah Menggunakan Dan Tanpa Tool

Sebenarnya baterai smartphone idealnya dicas sampai 80 % bukan 100%. Jadi jangan ngecas smartphone sambil ditinggal tidur sehingga baterai akan terus diisi oleh daya listrik hingga 100%.

Baca Juga: 3 Aplikasi Edit Foto Untuk Android Paling Ringan Terbaik

2. Hindari Penggunaan Power Bank

Hindari Penggunaan Power Bank
Sebaiknya jangan gunakan power bank terlalu sering karena bisa memberi efek buruk bagi baterai smartphone. Power bank merusak baterai smartphone kamu karena daya listrik yang dihasilkan oleh power bank biasanya tidak stabil.

Jadi hindari membeli power bank yang kualitasnya rendah karena lebih beresiko daya listrik yang dihasilkan tidak stabil, serta selalu mengisi daya baterai yang cukup sebelum bepergian agar meminimalisir penggunaan power bank.

3. Jangan Ngecas Di USB Port Laptop

Jangan Ngecas di Laptop
Ini juga menjadi salah satu kebiasaan pengguna smartphone masa kini ngecas baterai smartphone di laptop. Bahaya ngecas baterai di USB port laptop sebenarnya sama dengan ngecas di power bank yakni daya listrik yang dihasilkan tidak stabil.

Laptop negcas baterai biasanya lambat hanya memberi daya yang masuk ke baterai sebesar 0,5 A saja. Ngecas dengan daya listrik hanya sebesar itu bisa menyebabkan baterai menjadi kembung.

Baca trik  Cara Termudah Mengatasi RAM Ponsel Realme yang Penuh

4. Gunakan Charger Asli

Gunakan Charger Original
Dari beberapa ulasan diatas tadi kita sudah mengetahui bahwa ngecas dengan arus listrik yang tidak stabil akan merusak baterai. Oleh karena itu untuk mendapatkan arus listrik yang stabil dalam ngecas baterai sebaiknya gunakan charger bawaan smartphone atau charger aslinya.

Charger asli bawaan smartphone biasanya sudah dirancang khusus sesuai dengan arus ampere yang dibutuhkan oleh smartphone kita. Jadi untuk menggunakan baterai smartphone yang lebih awet jangan gunakan charger non original atau ngecas disembarang jenis charger.

Baca Juga: 5 Aplikasi Hack Game Online Android Paling Ampuh Untuk Pemula

5. Lepas Casing Smartphone

Lepas Casing Smartphone
Hal ini hanya terjadi di beberapa jenis smartphone tertentu yang suhunya meningkat saat sedang ngecas. Jadi untuk tidak lebih memperparah suhu baterai tindakan yang tepat adalah melepas casingnya saat baterai melakukan pengisisan daya.

Jadi 5 cara ngecas baterai smartphone yang baik dan benar tadi bisa kamu terapkan untuk menjaga kualitas baterai kamu tetap baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

5 Cara Ngecas Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar oleh selviherdawati rating 5