5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Lemah

Laptop merupakan perngkat pendukung untuk aktivitas kamu sebagai seorang pelajar, pekrja kantoran, mahasiswa dan lainnya pasti sangat membutuhkan alat ini. Laptop banyak dipilih sebagai perangkat patner kerja dibandingkan komputer karena salah satu alasannya adalah bisa dibawa kemana saja tanpa harus cari colokan listrik. Namun terkadang laptop yang kita harapkan bekerja diluar ruangan tak bisa kita andalkan lagi karena baterainya cepat lemah atau hanya bisa bekerja beberapa waktu saja.

5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Lemah

5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Lemah
Pastinya bingung kenapa laptop saya baterainya cepat habis padahal baru dibeli. Baterai laptop cepat habis bisa disebabkan oleh banyak hal seperti berikut ini.

1. Baterai Berkualitas Buruk

Faktor pertama penyebab baterai laptop kamu cepat habis ialah karena kualitas baterai laptop yang buruk. Biasanya ini banyak terjadi pada orang yang membeli laptop bekas yang tanpa sepengatahuan bahwa pengguna sebelumnya mengganti baterai laptop dengan yang bukan original atau baterai yang memiliki kualitas buruk sehingga cepat habis.

Terkadang saat membeli laptop juga kita kurang teliti seharusnya tidak memperhatikan spesifikasi laptop yang akan kita beli dengan kebutuhan kita nantinya. Laptop yang biasanya digunakan untuk gaming dab edit videi biasanya memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi dari biasanya.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Digunakan

2. Menggunakan Laptop Ditempat Yang Salah

Menggunakan Laptop Ditempat Yang Salah
Semakin panas suhu laptop maka akan semakin boros pula pemakaian baterainya karena laptop bekerja secara maksimal. Perlu kita ketahui bahwa setiap laptop memiliki lubang ventilasi udara untuk mengeluarkan udara panas dari dalam laptop dan menggantinya dengan udara baru agar suhu laptop tetap stabil.

Nah perhatikan lubang ventilasi udara laptop kamu, biasanya terletak pada bagian bawah dan samping laptop. Jika kamu menggunakan laptop ditempat yang salah seperti diatas kasur akan menyumbat lubang ventilasi udara, maka akan membuat suhu laptop kamu meningkat yang otomatis akan membuat baterai lebih cepat habis.

3. Menggunakan Laptop Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi

Memaksakan kemampuan laptop untuk bekerja dan membuka software-software berat seperti game, edit video, dan lainnya akan membuat baterai lebih cepat habis. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah jika spesifikasi laptop kamu mumpuni, tapi jika tidak baterai akan menjadi boros. Pada saat laptop bekerja tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan maka akan membuat suhu laptop meningkat dan banyak memakan daya baterai.

4. Menggunakan Laptop Saat Dicharger

Menggunakan Laptop Saat Dicharger
Menggunakan benda elektronik saat sedang dicharger tidak hanya berdampak buruk bagi smartphone tapi juga pada laptop. Mengapa demikian? karena baterai sebagai komponen penampung listrik akan bekerja semakin keras saat laptop digunakan sambil dicharger karena harus mengerjakan dua tugas sekaligus antara menampung daya yang datang maupun menyuplai daya listrik sebagai penunjang laptop agar terus berjalan.

Jika kamu kepepet harus mengerjakan tugas dalam laptop tapk baterai sedang lemah sebaiknya cabut baterai laptop dan gunakan daya listrik langsung sebagai penyuplai daya tanpa perantara baterai. Hak tersebut lebih baik dilakukan agar baterai kamu tetap awet.

Baca Juga: Cara Mudah Mengakses Whatsapp Di Komputer Atau Laptop

5. Sering Menggunakan Laptop Sampai 0%

Men-charger laptop sebelum daya listriknya benar-benar habis atau 0% adalah salah satu langkah agar baterai kamu tetap awet. Kebiasaan menggunakan laptop sampai baterainya habis perlahan-lahan akan merusak komponen baterai dan menurunkan kualitas baterai. Kualitas baterai yang menurun biasanya sudah tidak bisa lagi bertahan lama untuk menyuplai daya listrik pada laptop.

Jadi bijaklah dalam memperlakukan baterai laptop dan menghindari 5 penyebab baterai laptop cepat boros tadi, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untui kita semua.