5 Penyebeb Laptop Lemot Perlu Kamu Ketahui

Laptop merupakan salah satu benda elektorinik yang sangat penting di era digital seperti saat ini. Oleh karena itu khususnya para mahasiswa dan pekerja kantoran wajib memiliki laptop sebagai penunjang kegiatan mereka. Tapi banyak juga user atau pengguna yang kesal karena laptop yang mereka gunakan lemot sehingga waktu digunakan lebih lama untuk bekerja.

5 Penyebab Laptop Lemot Perlu Kamu Ketahui

5 Penyebab Laptop Lemot

Laptop saya lemot pasti karena speknya rendah!, kalimat yang sering dilontarkan oleh user yang laptopnya lemot. Meskipun salah satu penyebab laptop lemot adalah hal tersebut (spesifikasi rendah), tapi bukan selamanya laptop lemot diakbatkan karena spesifikasi laptop tersebut rendah. Oleh karena itu 5 penyebab laptop lemot berikut ini yang perlu kamu ketahui.

Daftar isi

1. HDD Latop Lemah

Hard Drive Laptop

HDD atau Hard Drive adalah komponen utama untuk sebuah laptop sebagai media penyimpanan. HDD laptop ini memiliki komponen bergerak didalamnya yang mana komponen tersebut memiliki masa.

Nah bagi kamu yang ingin laptop tanpa lemot sebaiknya gunakan media penyimpanan jenis SSD. Jenis penyimpanan ini (SSD) lebih tahan digunakan karena tidak memiliki komponen bergerak didalamnya sehingga lebih cepat dalam mengolah data.

Baca trik  Cara Lengkap Flash Semua Tipe HP Android Untuk Pemula

Baca Juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Kalibrasi

2. Terserang Virus

Laptop Terkena Virus

Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa komputer yang terkena virus akan lebih lemot dan tidak bekerja dengan baik. Kenapa bisa membuat laptop jadi lemot? tujuan utama virus biasanya adalah untuk melakukan phising atau mengambil informasi-informasi penting dalam laptop dengan cara memasuka program jahat.

Nah program jahat inilah yang akan bekerja mencuri data atau informasi penting dalam laptop kamu. Virus ini menyebar dan masuk ke laptop kebanyak melalui internet dan flash disk.

3. Program Berjalan Bersamaan

Program Berjalan Secara Bersamaan

Ini kebiasaan banyak pengguna yang biasanya membuka program tampa menutup program sebelumnya sehingga program berjalan secara bersamaan. Hal ini dapat membuat laptop lemot, karena membuka program secara bersamaan akan terlalu membebani prosesor dan juga RAM.

Sebenarnya jika prosesor dan RAM laptop kamu memadai menjalankan banyak program secara bersamaan boleh saja tapi jika tidak bukan tidak mungkin jika laptop kamu harus berhenti bekerja.

Baca Juga: 3 Aplikasi VPN Untuk PC Terbaik Dan Paling Aman

Baca trik  Cara Mengatasi Laptop Hibernating Dengan Mudah Untuk Pemula

4. Penyimpanan Penuh

Penyimpanan Penuh

Laptop kamu akan lebih lambat dalam mengolah data jika ruang penyimpanannya penuh. Jadi sebaiknya hapus file-file yang tidak penting untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih legah.

Tapi jika tidak ingin menghapusnya kamu bisa membeli har disk eksternal tambahan untuk menyalin file. Selain di hard disk kamu bisa menyimpan file kamu di Google Drive sebuah aplikasi penyimpanan milik Googel yang memberi ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB kepada penggunanya.

5. Ventilasi Udara Berdebu

Ventilasi Udara

Semua laptop memiliki ventilasi udara sebagai tempat mengeluarkan suhu panas yang dihasilkan oleh laptop saat bekerja. Nah jika ventilasi udara laptop kamu kotor atau berdebu sebaiknya segera dibersihkan karena dapat membuat laptop lemot dengan menutup ventilasi udara sehingga suhu panas terkurung dalam laptop membuat prosesor juga akan ikut panas.

Selain bersihkan ventilasi udara untuk mengurangi suhu panas dalam laptop, menggunakan fan pad adalah alternatif lain untuk mendinginkan laptop.

Itulah tadi 5 penyebab laptop kamu menjadi lemot, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dalam merawat laptop.

Baca trik  6 Cara Dinginkan Laptop Kamu Dengan Benar
5 Penyebeb Laptop Lemot Perlu Kamu Ketahui oleh selviherdawati rating 5