5 Perbedaan Layar Amoled Dan IPS Pada Smartphone

Layar merupakan bagian yang sangat sensitif pada sebuah smartphone, mulai dari tidak bisa terkena benturan, tekanan, sampai tidak bisa tergores. Biasanya layar sebuah smartphone diperlakukan khusus dibanding komponen lainnya pada sebuah smartphone seperti salah satunya memasangkan anti gores atau pelindung kaca pada permukaan smartphone. Sedangkan untuk saat ini sudah ada teknolgi layar bernama IPS dan Amoled, lalu apa perbedaannya?.

5 Perbedaan Layar Amoled Dan IPS Pada Smartphone

5 Perbedaan Layar Amoled Dan IPS Pada Smartphone

Layar yang pernah terbentur, tergores, atau bahkan pernah tertindis dengan benda berat biasanya sensitifitasnya menurun. Hal tersebut tergantung dari kualitas layar hardware masing-masing. Saat ini kamu bisa menggunakan layar yang berkualitas jenis Amoled dan IPS, yang memiliki perbedaan seperti berikut.

1. Penggunaan Daya Baterai

Perbedaan layar jenis IPS dan Amoled yang pertama adalah dari segi penggunaan daya baterai. Manakah yang lebih hemat dalam penggunaan daya baterai?, dari segi ini layar jenis Amoled telah terbukti lebih hemat daya baterai dibandingkan dengan layar IPS.
Perbandingan yang tepatnya layar Amoled bisa 10 kali lebih irit menggunakan daya baterai dibandingkan dengan IPS. Memilih smartphone dengan layar Amoled tentunya akan membuat smartphone kamu lebih irit dalam penggunaan baterai.

Baca trik  5 Aplikasi Wajib Kamu Instal Saat Traveling Sendirian

Baca Juga: Cara Menghubungkan HP Android Xiaomi Ke PC Paling Mudah

2. Sisi Respon

Sisi Respon

Berikutnya kita perbandingkan kedua jenis layar ini dari sisi sensitifitas atau respon-nya. Lagi-lagi untuk layar yang lebih responsif jenis Amoled lebih unggul dari IPS. Sebenarnya responsif layar juga tergantung dari prosessor perangkat, jadi walaupun layarnya jenis Amoled kalau spesifikasi prosessornya rendah ya mungkin juga akan tidak responsif.

3. Sisi Harga

Nah untuk membeli sebuah barang masalah harga adalah pertanyaan yang lebih dulu diajukan. Layar jenis Amoled terbuat dari bahan anoda dan katoda, yakni sebuah logam dan sel elektorda yang dikembangkan oleh Samsung. Oleh karena itu layar jenis Amoled lebih mahal harganya dibanding layar IPS yang walaupun rata-rata digunakan pada smartphone jenis atas seperti Iphone.

4. Ketahanan Layar

Layar adalah komponen yang paling rusak pada sebuah smartphone, oleh karena itu smartphone yang memiliki ketahanan layar lebih sangat dibutuhkan agar lebih meminimkan resiko kerusakan. Dari segi ketahanan layar lagi-lagi Amoled lebih unggul, jadi jangan heran jika harga layar Amoled lebih mahal dibanding IPS. Biasanya layar smartphone jenis Amoled tak perlu lagi pelindung layar atau anti gores tambahan karena tidak mudah tergores.

Sedangkan untuk layar jenis IPS sebaiknya kamu menggunakan pelindung layar tambahan, walapun sebenarnya juga memiliki kualitas yang bagus tetapi tingkat ketahanannya jauh dibawah layar Amoled. Perangkat smartphone berlayar Amoled ini sangat cocok untuk kamu gunakan bagi yang suka traveling.

Baca trik  Cara Menghilangkan goresan Di Layar HP Android Dengan Mudah Dan Ampuh

Baca Juga: Cara Mengatasi LCD HP Android Blank Putih Dengan Mudah

5. Sisi Warna

Sisi Warna

Jika berbicara dari sisi warna dan kejernihan layar, kali ini yang lebih unggul adalah layar jenis IPS. Layar IPS ini banyak disukai oleh pengguna perangkat smartphone pendukungnya seperti iPhone karena memiliki warna yang natural bahkan tingkat kejernihan layarnya hampir mendekati asilnya. Jadi untuk kamu yang hobi nonton film dismartphone mending pilih perangkat smartphone berlayar IPS untuk digunakan.

Untuk layar smartphone jenis Amoled sendiri cenderung memiliki kualitas warna yang tajam dan agak kekuning-kuningan. Tipe layar tersebut mungkin kurang cocok untuk kamu yang suka selfie karena wajah bisa nampak kekuning-kuningan.

Itulah 5 perbedaan jenis layar Amoled dan IPS, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

5 Perbedaan Layar Amoled Dan IPS Pada Smartphone oleh selviherdawati rating 5/ 5