6 Alasan Kenapa Hp China Bisa Murah

‘Made In China’ adalah tulisan yang kerap kita jumpai pada jenis barang-barang tertentu seperti perabotan rumah tangga, mainan anak, alat elektronik dan masih banyak lainnya. Hal dikarenakan banyak pedagang di Indonesia memilih untuk meng-import barang dari China untuk dijual kembali dengan sala satu alasan harga yang lebih murah dibanding negara lain. Kita bisa ambil contoh produk dari China misalnya Hp atau smartphone untuk menjadi pembahasan kita kali ini kenapa harganya bisa murah dibandingkan Hp dari negara lain?.

6 Alasan Kenapa Hp China Bisa Murah

6 Alasan Kenapa Hp China Bisa Murah

Xioami, Oppo, Huawei, ZTE, Lenovo, Vivo, Meizu dan masih banyak lainnya adalah merek Hp asal China yang kini mendomimasi pasar Indonesia. Merek Hp tersebut banyak digunakan karena spesifikasi yang ditawarkan sama dengan produk dari negara lain tapi dengan harga yang lebih murah. Harga yang lebih murah untuk Hp dari China dikarenakan 6 hal berikut ini.

Daftar isi

Baca trik  Daftar HP Android 1 Jutaan Dengan Spesifikasi Tinggi Untuk Main Game

1. Upah Karyawan Rendah

Alasan pertama kenapa Hp China bisa lebih murah karena upah tenaga kerja (karyawan) di perusahaan mereka tergolong murah atau rendah. Perlu kamu ketahui juga hingga pada saat artikel ini dibuat China adalah negara yang memiliki upah tenaga kerja paling rendah didunia.

Sebenanrnya perusahaan Hp yang beridiri di China bukanlah murni dari China, karena banyak perusahaan dari luar negri yang masuk ke China dengan alasan upah tenaga kerja di negara tersebut murah. Jadi tentunya upah tenaga kerja yang murah ini juga membuat biaya produksi murah sehingga berdampak pada harga penjualan yang tidak terlalu mahal.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Baterai HP Android Saat Di Cas Malah Berkurang

2. Dibalik Spesifikasi Tinggi

Dibalik Spesifikasi Tinggi

Banyak orang terheran-heran kenapa Hp China memiliki spesifikasi yang tinggi namun harganya bisa dikatakan murah dan terjangkau. Spesifikasi Hp China memang diakui tinggi-tinggi, namun untuk mendapatkan harga murah banyak komponen yang diciptakan dengan kualitas yang rendah.

3. Tidak Banyak Melakukan Pengiklanan

Hp Samsung atau Apple pasti kalian sering menjumpai iklannua baik di TV maupun media-media online. Nah itulah yang membuat kenapa Hp Samsung dan Apple jauh lebih mahal karena vendor harus mengeluarkan biaya lebih hanya untuk pemasaran. Sedangakan Hp asal China rata-rata hanya mengandalkan penjualan online tanpa harus melakukan pengiklanan secara berlebihan sehingga mereka mampu menekan harga sebaiknya mungkin.

Baca trik  3 Aplikasi Edit Video Untuk HP Android Tanpa Watermark

4. China Berlimpah Bahan Baku

China Berlimpah Bahan Baku

Saat ini China adalah negara pembuat smartphone terbesar di dunia, ya pastinya China saat ini berlimpah bahan baku pembuatan Hp. Sebagai perbandingan saat ini negara India 2,5 persen bahan bumi langka untuk pembuatan Hp, Amerika mampu mengahsilkan 13 persen bahan bumi pembuatan Hp sedangkan China mampu menghasilkan 95 persen bahan bumi pembuatan Hp. Jadi inilah salah satu alasan banyak investor asing membangun perusahaan Hp atau smartphone di China.

5. Minim Biaya Pengembangan

Hp yang bukan dari China seperti Samsung dan Apple terkadang menggelontorkan sejumlah uang yang tak sedikit nilainya hanya untuk menciptakan inovasi baru dengan kerjasama berbagai divisi penelitian. Sedangkan Hp China cenderung hanya memetingkan spesifikasi dibanding menciptakan inovasi baru.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Android Di PC Dengan Mudah

6. Kualitas

Kualitas

Hp China biasanya meminimkan biaya produksi dengan mencari bahan pembuatan semurah mungkin sehingga terkadang ada Hp jenis tertentu yang memiliki kualitas buruk meskipun harganya terbilang cukup murah, ya ‘ada barang ada harga’ mungkin begitu istilah dagangnya.

Baca trik  3 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan Mudah Untuk Pemula

Nah 6 alasan tadi semoga mampu menjawab rasa penasaran kamu tentang kenapa Hp China bisa memiliki harga yang murah.

6 Alasan Kenapa Hp China Bisa Murah oleh selviherdawati rating 5