6 Cara Selamatkan Laptop Kamu Dari Serangan Virus

Laptop kini adalah kebutuhan yang memungkinkan harus dimiliki oleh para pekerja kantoran, mahasiswa, seorang desain grafis dan lainnya sebagai alat penunjang pekerjaan. Selain itu saat ini laptop juga sangat diperkukan sebaga tempat menyimpan data-data digital, oleh karena itu jangan heran jika laptop menjadi sasaran empuk bagi para hacker untuk mencuri data pribadi pengguna dengan memasukan virus yanh sifatnya sebagai penyusup. Pasti kamu tidak mau kan data pribadi kamu jatuh ketangan orang yang tidak diinginkan karena virus?.

6 Cara Selamatkan Selamatkan Laptop Kamu Dari Serangan Virus

6 Cara Selamatkan laptop dari serangan virus
Cara berikut ini ini bisa kamu terpkan pada laptop kamu agar terhindar dari serangan virus. Penasaran kan? yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Pasang Antivirus

Langkah pertama yang tepat untuk menghindari laptop dari serangan virus mungkin adalah dengan memasang software antivirus didalamnya. Saat ini sudah banyak pilihan software anti virus yang bisa kamu install dan dapatkan secara gratis maupun berbayar. Tapi bijaklah dalam memilih anti virus, pilih anti virus yang bukan abal-abal atau terpercaya.
Selain itu pastikan juga antivirus kamu selalu ter-update dengan baik. Tujuan Selalu update antivirus ini untuk lebih mendapatkan versi terbaru yang biasanya kinerjanya lebih baik, cepat dan ampuh.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Facebook Tanpa Nama (Kosong) Dengan Mudah

Baca trik  Cara Mudah Mematikan Antivirus Di Komputer Dan Laptop

2. Hindari Software Bajakan

Hindari Software Bajakan
Software bajakan memang memiliki banyak peminat untuk menggunakannya dengan salah satu alasan yang paling sering dilontarkan karena bisa didapatkan secara gratis, dari pada software original yang berbayar. Meskipun memiliki kelebihan bisa didapatkan secara grratis, software bajakan memiliki kekurangan yakni biasa digunakan sebagai tempat penyebaran virus.

3. Wasapada Dengan Email

Email atau surat elektronik juga patut diwaspadai karena biasanya digunakan oleh orang yang bertanggung jawab untuk mengirim virus. Jadi kamu harus perlu hati-hati dalam membuka file dalam bentuk lampiran seperti txt karena biasanya berisikan virus.

4. Hati-Hati Dalam Mengakses Internet

Hati-hati dalam mengakses internet
Internet kini menjadi salah satu tempat penyebaran virus terbesar. Biasanya virus diolah dalam bentuk menyerupai software tertentu untuk mengkelabui kita untuk mendownloadnya, jadi jangan asal download di internet atau mungkin lebih tepatnya download software di situ-situs terpercaya saja.

5. Hati- Hati mencolokan Flashdisk

Virus bekerja dengan cara menyebar keseluruh perangkat yang terhubung dengannya, jadi jika Flashdisk yang kamu colokan sudah terjangkit virus maka bersiap-siaplah laptop atau perangkat kamu juga terkena. Jadi itulah kegunaan memasang antivirus diatas tadi juga salah satunya untuk men-scan virus pada penyimpanan eksternal. Jadi saat kamu mencolokan flashdisk jangan dulu terburu-buru untuk membuka file isi flashdisk tapi buka dulu software antivirus yang ada dilaptopmu untuk mendeteksi virus.

Baca trik  7 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Digunakan

Baca Juga: Daftar Tool Hacking Untuk Hacker Yang Wajib Dimiliki

6. Waspada Terhadap Pop-Up Berbahaya

Waspada Pop Up Berbahaya
Nah cara yang terakhir untuk menyelamatkan laptop dari serangan virus adalah dengan mewaspadai pop-up (notifikasi) berbahaya. Pop-up yang berisi virus yang berbahaya ini biasanya diberi sampul judul yang menggiurkan pikiran untuk membukanya. Jadi kamu perlu hati-hati dengan pop-up yang seperti ini.

Nah itulah tadi 6 cara selamatkan laptop dari serangan virus, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

6 Cara Selamatkan Laptop Kamu Dari Serangan Virus oleh selviherdawati rating 5