6 Tanda Smartphone Kamu Kena Virus dan Malware

Malware atau Virus mungkin adalah suatu hal yang sudah dikenal sejak dulu mulai adanya perangkat digital seperti smartphone, komputer, laptop dan lain sebgainya. Virus ini sebenarnya sangat merugikan khususnya pengguna smartphone karena bisa membuat file/ data rusak ataupun sebagai bahan dasar hacker untuk mecuri data pengguna smartphone. Nah lalu bagaiamana cara kita mendeteksi keberadaan Virus pada smsrtphone?.

6 Tanda Smartphone Kamu Kena Virus dan Malware

6 Tanda Smartphone Kamu Kena Virus dan Malware
Smartphone memang adalah perangkat yang menjadi incaran hacker karena 55 persen penjahat cyber menarget pengguna smartphone. Oleh karena itu deteksi Virus/Malware yang ada pada smartphone kamu dengan cara berikut ini.

1. Banyak Aktivitas SMS Aneh

Nah Malware atau virus biasanya ditugaskan oleh hacker masuk meyusup kedalam smartphone kamu untuk mencuri data-data pribadi jadi jika kamu menemukan aktivitas sms aneh pada smartphone-mu itu besar kemungkinan sms aplikasi malware untuk mengirimkan data ke hacker. Dan biasanya juga Virus/Malware masuk kedalam smartphone melalui pesan sms yang berupa link dikirim hacker kenomor telepon kamu, jadi pada saat kamu meng-klik link yang ada pada sms tersebut kadang secara otomatis Virus/Malware akan masuk.

Baca trik  Tips Atasi Malware pada Komputer dengan 3 Aplikasi Anti Virus Terbaik

Baca Juga: Tips Paling Mudah Install Termux Di PC Anda Tanpa Repot

2. Baterai Smartphone Boros

Baterai Smartphone Boros
Aplikasi Virus/Malware yang terus berjalan dibelakang layar sebagai perekam aktivitas dan mencuri data penggunanya tentunya juga membuthkan daya baterai tambahan yang tidak sedikit untuk menyuplai aktivitasnyanya. Oleh karena itu jika baterai smartphone kamu lebih cepat habis atau boros dari biasanya patut dicurgiai mungkin ada aplikasi Virus/Malware yabg terus berjalan dibelakang layar.

3. Lemot

Smartphone jadi lemot adalah salah satu tanda smartphone terserang Virus/Malware. Namun sayangnya tanda ini tidak bisa digunakan pada smartphone yang berspesifikasi tinggi apalagi yang memiliki RAM yang besar sehingga menjalankan banyak aplikasi sekaligus tidak menjadi masalah, toh yang membuat smartphone lemot karena saat kita buka aplikasi juga ada aplikasi Virus/Malware yang berjalan dibelakang layar.

Baca Juga: Cara Bobol Wifi Memanfaatkan Script Termux yang Mudah

4. Boros Kuota

Boros Kuota
Tanda berikutnya smartphone kamu kena Virus/Malware adalah smartphone Jadi boros kuota padahal tidak banyak menggunakannya untuk mengakses internet. Cobalah untuk memastikan aplikasi apa yang banyak menyedot kuota kamu dengan membuka menu setting > Data Ussage.

Baca trik  5 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Micro SD

5. Waktu Booting Lama

Booting adalah tahap opening pada saat menghidupkan smartphone, jika waktu booting lebih lama dari biasanya bisa jadi karena ulah virus yang membuat sistem rusak sehingga sulit untuk terbaca. Jika sejak awal jauh sebelumnya smartphone kamu memang membutuhkan waktu lama saat biooting mungkin itu adalah penyebab RAM dan memori internal kamu rendah.

6. Pop-Up Berbahaya

Pop-Up berbahaya atau notifikasi iklan berbahaya yang terus masuk dalam smartphone kamu itu adalah Malware yang terus berusaha menuntun kamu masuk dalam website jebakan. Nah pada saat kamu masuk dalam website jebakan mereka dan menasukan password salah satu akun disitulah hacker merekam untuk mencuri password yang kamu miliki.

Itulah 6 tanda smartphone kamu terkena Virus/Malware, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

6 Tanda Smartphone Kamu Kena Virus dan Malware oleh selviherdawati rating 5