7 Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Beli smartphone dengan kondisi bekas banyak menjadi pilihan orang karena harga yang terkadang jauh lebih murah dibanding harga barunya. Dengan membeli smartphone bekas kita juga bisa mendapatkan spesifikasi smartphone yang lebih bagus dengan budget setara dengan beli smartphone baru tapi spesifikasi yang lebih rendah.

7 Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas

7 Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Jadi beli smartphone bekas bukanlah hal yang bodoh karena memiliki dasar alasan yang kuat, tapi jangan asal beli saja ya karena ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli smartphone bekas. Apa sajakah itu? yuk simak ulasan berikut ini.

1. Beli di Waktu Yang Tepat

Beli smartphone juga harus pada waktu yang tepat, hal ini demi menekan pengeluaran seefisien mungkin. Misalnya saja kamu ingin beli smartphone Realme 5, coba cari tahu dulu apakah dekat-dekat ini akan ada smartphone baru yang akan dirilis oleh pihak Realme. Jika ada sebaiknya tahan-tahan dulu untuk beli smartphone bekas sekarang karena harga smartphone bekas akan turun jika ada versi terbaru.

Baca trik  Keuntungan Menggunakan Mobile Number Locator untuk Melacak Nomor Ponsel

Baca Juga: Tips Termudah Mencegah Ponsel Vivo dari Risiko Penyadapan yang Berbahaya

2. Riset Harga

Riset Harga

Harga smartphone bekas memang bervariasi hal ini tergantung kondisi serta kelebgkapannya. Nah jadi sebaiknya kamu riset harga pasar terlebih dahulu bisa di markrtplace online agar tahu berapa biaya yang harus kamu siapkan dan untuk menghindari beli barang dengan harga terlalu mahal.

3. Pikirkan Tempat Beli

Jika ingin beli smartphone dengan harga yang lebih murah sebenarnya mencari di marketplace online lebih baik karena disana ada banyak pilihan dengan harga yang lebih beragam. Tapi jika ingin mendahulukan rasa nyaman dan aman sebaiknya beli saja secara offline atau bertatap muka langsung. Kalau saya sendiri pernah beli smartphone menggunakan fitur marketplace Facebook lalu mengajak si penjual COD-an untuk transaksi lebih lanjut, cara ini menurut saya cukup aman dan bisa mendapatkan harga yang cukup murah.

4. Periksa Dengan Teliti

Periksa Dengan Teliti

Inilah keuntungan lainnya jika kamu beli smartphone bekas secara online karena bisa memeriksanya langsung dengan memegangnya. Periksa smartphone bekas yang ingin kamu beli dengan teliti mulai dari misalnya bagian layar apakah ada yang retak, pastikan touchscreen berjalan dengan baik, port charger tidak rusak, serta fitur-fitur lain yang ada dalam smartphone apakah berjalan dengan semestinya.

Baca trik  Cara Double Tap Smartphone Xioami

5. Tanya Kondisi

Tanya kepada penjual apakah smartphone tersebut pernah di service atau tidak dan apa saja keluhan selama menggunakan smartphone tersebut agar kamu dapat mempertimbangkannya dengan baik sebelum membeli.

Baca Juga: Cara Mencegah Memori Internal Ponsel Vivo Supaya Tidak Mudah Penuh

6. Negosiasi

Negosiasi

Nah ini yang sangat perlu dalam transaksi jual beli yakni negosiasi apalagi barang yang ingin kamu beli harganya sudah jutaan, negosiasi ini sangat penting. Kenapa negosiasi penting? ya karena ini merupakan salah satu senjata utama untuk mendapatkan smartphone dengan harga murah.

7. Bukan Smartphone Curian

Pastikan smartphone tersebut bukan curian, karena jika kamu beli smartphone curian bisa saja kamu berurusan dengan polisi. Untuk memastikan smartphone tersebut bukan hasil curian periksa nota pembelian, dos smartphone, serta kalau bisa rekam dia membuat pernyataan bahwa smartphone yang ia jual bukan hasil curian.

Nah itulah 7 tips sebelum membeli smartphone bekas, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

7 Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas oleh selviherdawati rating 5