Apa itu Reksadana? Seperti Inilah Penjelasan dan Tipsnya!

Tips Awal investasi dengan Reksadana
Tips Awal Berinvestasi dengan Reksadana

Apakah anda pernah mendengar tentang apa itu reksadana? Serta bagaimana cara kerja uang yang diinvestasikan itu? Berinvestasi di reksadana merupakan pilihan yang tepat bagi anda yqng ingin menabung dengan cara yang berbeda. Meskipun demikian masih ada banyak masyarakat yang pro kontra dengan sistem investasi tersebut.

Apa itu Reksadana?

Seberapapun gaji yang anda terima, sangat baik jika penghasilan anda tersebut bisa disisihkan untuk berinvestasi, tujuannya adalah untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Investasi sudah  menjadi pilihan yang pas bagi anda yang ingin mendapatkan pendapatan yang lebih dari penghasilan yang anda miliki. Salah satu investasinya yaitu dengan  reksadana.

Baca Trik
Ketahuilah 5 Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Dipersiapkan

Reksadana merupakan tempat  mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal atau ynag biasa disebut investor. Dana yang sudah terkumpul itu nantinya akan diinvestasikan oleh bagian manajer investasi, ke dalam bentuk investasi lainnya seperti saham, obligasi dan sebaginya. Reksadana juga merupakan sebuah instrumen investasi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Tips Awal Berinvestasi dengan Reksadana

investasi dengan Reksadana

Reksadana adalah alat untuk membantu anda dalam berinvestasi dengan aman tanpa takut uang anda akan hilang karena ada manager investasi yang akan bertanggung jawab. Namun sebelum anda berinvestasi maka ada baiknya jika anda mengetahui panduan awal investasi Reksadana. Menurut Duwitmu, di bawah ini adalah tips melakukan investasi dengan reksadana, antara lain:

1. Tentukan tujuan investasi Anda lebih dulu!

Sebelum anda memulai berinvestasi, maka anda perlu mengetahui lebih dahulu apa itu Reksadana dan apa yang menjadi tujuan dari investasi anda. Tujuan Investasi itu bisa menjadi sebuah motivasi anda dalam memulai investasi karena sesungguhnya setiap tujuan investasi memiliki jangka waktu serta profil risiko yang berbeda.

2. Tentukanlah  lebih dulu jangka waktu investasinya

Selanjutnya adalah  anda dapat menentukan jangka waktu investasi yang sesuai.  Investasi reksadana membutuhkan jangka waktu yang berbeda-beda. Misalnya ada yang kurang dari setahun, ada yang 1-3 tahun, bahkan ada yang 5 tahun keatas. Jika misalnya jangka waktu investasi anda kurang dari setahun, maka anda bisa memilih reksadana pasar uang.

Baca Trik
Cara Menjadi Broker Forex yang Sukses

Maksudnya anda hanya bisa berinvestasi pada bagian pasar uang seperti deposito, dan tingkat risikonya juga lebih rendah, cenderung lebih stabil. Sementara  jangka waktu 1-3 tahun, maka anda bisa berinvestasi pada reksa dana pendapatan tetap. Atau jika menginginkan investasi lebih dari 5 tahun, maka reksadana saham bisa menjadi pilihan yang pas.

3. Gali informasi bagaimana proses investasinya

Setiap keterangan yang tertulis dengan terperinci seperti yang tertulis di reksadana misalnya, akan dapat memberikan informasi yang jelas bagaimana proses uang anda diinvestasikan, serta siapa yang mengelola investasinya serta informasi lain mengenai produk secara lebih terperinci. Informasi tersebut akan dapat membantu anda untuk memutuskan apakah produk tersebut sesuai atau tidak.

4. Mengenali dan memeriksa biaya-biaya Reksadana

Ketika anda ingin berinvestasi di reksadana, maka sebenarnya ada beberapa biaya-biaya yang diberlakukan kepada investor seperti biaya pembelian unit penyertaan, biaya penjualan kembali unit penyertaan serta biaya pengalihan. Bagian ini pun anda harus ketahui sebelum memulai investasi di reksadana ini.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai apa itu reksadana serta apa saja yang harus anda perhatikan sebelum anda memulai investasi di reksadana agar anda tidak salah paham namun bisa mengerti proses investasi uang anda itu seperti apa. Dan juga supaya anda tetap merasa nyaman saat berinvestasi dengan reksadana.

Apa itu Reksadana? Seperti Inilah Penjelasan dan Tipsnya! oleh rating 5/ 5