Apa Perbedaan Zip dan WinRar?

Jika kamu aktif dalam menggunakan laptop atau komputer mungkin tak asing lagi dengan file yang bernama Zip dan WinRar. Ya kedua jenis format file ini mungkin hampir setiap komputer memilikinya.

Apa Perbedaan Zip dan WinRar?

Apa Perbedaan Zip dan WinRar?

Zip dan WinRar adalah merupakan file kompresi yang artinya kita dapat mengumpulkan banyak data dalam satu file lalu dikompres dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu juga Zip dan WinRar memudahkan kita untuk memindahkan file dalan satu paket, jadi hal yang wajar jika kita menemukan jenis format ini misalnya pada master software.

Tapi ternyata file Zip dan WinRar wemiliki perbedaan walaupun memiliki fungsi yang hampir sama. Apakah perbedaan Zip dan Winrar?

Daftar isi

Baca Trik
3 Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik Agar Panas Hilang

1. Kemudahan Ekstraksi

Kemudahan Ekstraksi

Apa itu Ekstraksi? Ekstraksi dapat diartikan sebagai langkah mengeluarkan file yang ada dalam file Zip atau WinRar. Jadi salah satu letak perbedaan file Zip dan WinRar ada pada tata letak kemudahan Eksraksi.

Baca Juga: Apa Itu Ultra ISO?

Mana yang lebih mudah untuk mengekstrak file? ternyata file Zip lebih mudah untuk mengekstrak, hal ini dikarenakan banyak perangkat yang sudah built- in atau sudah memiliki ekstraktor bawaan. Sedangkan untuk jenis file WinRar hanya ada beberapa saja platform atau perangkat saja yang mendukung ektraktor WinRar. Jadi besar kemungkinan kamu harus install lagi aplikasi tambahan jika ingin mengekstrak file WinRar.

2. Kecepatan Kompresi Data

Perbedaan Zip dan Rar selanjutnya ada pada kecepatan dalam kompresi data, dan lagi-lagi disini Zip lebih unggul dalam kecepatan kompresi data. Dulu saya sempat ragu file jadi rusak karena cara kerja Zip terlalu cepat dalam mengkompresi data, tapi selama ini saya gunakan terasa aman-aman saja.

Jadi jika kamu mencari kecepatan dalam mengkompresi data sebaiknya gunakan Zip saja. Lalu apa perbedaan Zip dan Rar selanjutnya?.

Baca Trik
3 Aplikasi Untuk Mempercepat Copy Paste Di PC

3. Proteksi Kemanan

Proteksi Keamanan

Jika beberapa hal sebelumnya Zip selalu unggul, dalam hal proteksi keamanan harus diakui Rar lah yang menjadi pemenangnya. Hal ini dikarenakan file Rar sudah dilengkapi dengan fitur password sedangkan Zip belum dilengkapi dengan fitur ini.

Jadi jika kamu ingin menyimpan file rahasia atau tidak ingin di akses oleh orang lain kompreslah kedalam bentuk Rar dengan mengatur password sebagai pengamannya. Sebenarnya Zip juga bisa menggunakan password tapi kita harus install lagi aplikasi tambahan yang tentunya akan membuat repot bukan?.

4. Ukuran Kompresi

Disini Rar menang lagi dalam urusan kapasitas kompresi karenan kompotitornya (Zip) hanya mampu mengkompres file dengan maksimal ukuran sebesar 2GB saja, sedangkan Rar mampu mengkompres data tanpa mengenal batas maksimal ukuran.

Baca Juga: Cara Deface Website Dengan WordPress Brutoforce Dengan Mudah Dan Ampuh

Baca Trik
Fungsi dan Cara kerja WinRar

5. Alogaritma Yang Digunakan

Alogaritma ini adalah prinsip kerja kedua format file ini, untuk Zip menggunakan alogaritma Deflate yang ditemukan oleh Phil Katz sedangkan Rar menganut alogaritma LZMA yang ditemukan oleh Eugene Roshal.

Nah itulah perbedaan format file Zip dan Rar, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Apa Perbedaan Zip dan WinRar? oleh rating 5/ 5