Bahaya Hacker! 4 Hal harus kamu hindari saat Transaksi di ATM

Saat ini hampir semua kalangan diatas 18 tahun sudah memiliki kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) karena kartu ini memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Untuk Saat ini sudah hampir semua perusahaan keuangan atau Bank telah melengkapi Rekening nasabahnya dengan kartu ATM seperti diantaranya BRI (Bank Rakyat Indonesia), Mandiri, Danamon, Sinarmas dan masih banyak lainnya. Mesin ATM sendiri untuk saat ini sudah sangat mudah ditemukan di Mall, supermarket, pom bensin, dan pada tempat-tempat keramaian. Namun ada banyak nasabah Bank yang kehilangan uang mereka akibat ulah hacker yang mengambil celah keamanan dari kartu ATM, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat bertransaksi melalui mesin ATM.

Bahaya Hacker! 4 Hal harus kamu hindari saat Transaksi di ATM

Bahaya Hacker! 4 Hal Kamu harus kamu hindari saat Transaksi di ATM
Pastinya kamu tidak maukan udah capek-capek menabung tapi uangnya malah habis diambil oleh hacker?, bukan hal yang tidak mungkin ATM kamu dibobol oleh hacker jika tidak menghindari hal berikut ini.

Daftar isi

Baca trik  7 Cara Amankan Akun Gmail Agar Tidak Mudah di Hack

1. Transaksi Tanpa Lihat Kondisi Mesin ATM

Cara yang pertama agar ATM kamu tetap aman dari bahaya hacker adalah dengan tidak melakukan transaksi disembarang mesin ATM atau lihat terlebih dahulu kondisi fisik mesin sebelum transaksi. Mesin yang kondisi fisiknya sudah tidak memungkinkan tentunya bahaya untuk digunakan seperti misalnya mesin tersebut sudah tidak memiliki penutup tombol yang tentunya bahaya saat kita memasukan PIN.

Baca Juga: Tips Pemula Menyadap Whatsapp Dengan 5 Aplikasi Sadap Berikut

2. PIN ATM Tidak Pernah Diganti

PIN ATM
Rutin mengganti PIN adalah salah satu cara yang cukup ampuh meningkatkan keamanan kartu ATM kita. Nah jadi setelah melakukan transaksi 3 atau 4 kali sebaiknya ganti PIN kartu ATM kamu, hal ini bertujuan agar PIN kamu tidak mudah ditebak oleh hacker. Selain itu hindari menggunakan PIN yang notabenenya berasal dari data personal misalnya tanggal lahir, tanggal anniversary pernikahan, atau beberapa angka yang diambil dari nomor telepon pribadi karena hal tersebut merupakan urutan angka yang mudah ditebak.

3. Sistem Tidak Dikoneksikan ke Smartphone

Transaksi ATM
Pastinya sudah punya smartphone kan? lalu kenapa tidak dikoneksikan dengan sistem untuk mendapatkan informasi transaksi?. Jadi sebaiknya atur alarm sebagai peringatan via sms agar kamu diberitahu setiap transaksi yang dilakukan dengan ATM kamu untuk mengetahui ada atau tidaknya transaksi yang mencurigakan.

Baca trik  5 Tips untuk untuk Menghindari Gelar Noob Hacker

Baca Juga: Cara Mudah Hack Akun Whatsapp Menggunakan Mobile Tracker Free

4. Terlalu Sering Akses ATM

Terlalu sering melakukan transaksi menggunakan ATM sebenarnya adalah salah satu hal yang membuka celah kemanan kepada hacker, namun mengakses ATM terlalu sering bukanlah hal yang bisa ditinggalkan karena mengingat ATM memiliki peran penting dalam kehiduapan manusia mulai dari bayar listrik, bayar air, beli pulsa, tarik uang tunai, transfer uang dan masih banyak kegunaan lainnya. Nah lalu bagaimana cara menghindari hacker karena terlalu sering akses ATM? 3 langkah lihat kondisi mesin, rutin ganti PIN, koneksikan sistem ke smartphone sebelumnya tadi adalah hal yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisrkan resiko tersebut.

Jadi itulah 4 hal yang perlu kamu hindari agar ATM kamu aman dari serangan hacker yang bisa saja menghabiskan isi tabunganmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Bahaya Hacker! 4 Hal harus kamu hindari saat Transaksi di ATM oleh selviherdawati rating 5