Bahaya Menggunakan VPN Untuk Akses WhatsApp

WhatsApp kini adalah aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia bahkan didunia, karena memiliki berbagai keunggulan seperti tampilan sederhana yang mudah dipahami, kecepatan dalam mengirim pesan, dapat mengirim berbagai jenis file, dan memiliki banyak fitur menarik lainnya dibanding aplikasi chatting kompetitornya. Beberapa waktu lalu akses WhatsApp dibatasi oleh pemerintah Indonesia untuk digunakan, nah disinilah aplikasi VPN dan mulai banyak dikenal karena dapat membuka akses yang telah dibatasi oleh pemerintah. Tapi ternyata menggunakan VPN dalam mengakses WhatsApp dapat menimbulkan dampak negatif.

Bahaya Menggunakan VPN Untuk Akses WhatsApp

Bahaya Gunakan VPN Untuk Akses WhatsApp
VPN atau Virtual Area Network adalah suatu aplikasi yang dibuat untuk mengkelabui sistem tentang lokasi pengguna, dan juga dapat menjaga kerahasiaan online penggunanya. Lalu apa bahayanya jika digunakan untuk mengakses WhatsApp? yuk langsung saka simak ulasan berikut ini.

1. Privasi Bisa Kena Hack

Bahaya yang pertama menggunakan aplikasi VPN untuk mengakses WhatsApp adalah privasi bisa kena hack. Untuk saat ini telah banyak aplikasi VPN yang dapat kita download secara gratis baik toko aplikasi resmi App Store dan Play Store maupun tempat lainnya.

Baca Juga: Cara Menguji Seberapa Kuat Password Akun Kita

Baca trik  3 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik Untuk Android

Nah disini kita tidak pernah tahu developer aplikasi tersebut apakah benar-benar hanya ingin membuat aplikasi VPN atau juga ada maksud lainnya, karena bisa saja si developer aplikasi VPN tersebut digunakan sebagai bahan untuk menyusupi smartphone penggunanya. Jadi jika kamu menggunakan aplikasi VPN yang ternyata sudah dirancang untuk memata-matai untuk mengakses WhatsApp, bisa saja chat atau data-data lain yang kamu miliki bisa diketahui oleh si hacker.

2. Mengurangi Kecepatan Internet

Mengurangi Kecepatan Internet
Menggunakan VPN untuk mengakses WhatsApp juga berpengaruh pada kecepatan internet, bahkan kecepatan internet dapat mengurang hingga 25% saat menggunakan aplikasi VPN. Hal ini terjadi karena VPN terus berusaha menyiapkan jaringan aman melalui enkripsi untuk penggunanya.

Tentunya hal ini sangat mengganggu saat kamu sedang chattingan dengan teman ataupun kerabat. Jadi besar penurunan jaringan internet juga tergantung kualitas aplikasi VPN yang sedang kamu gunakan, karena ada juga aplikasi VPN yang digadang-gadang dapat menambah kecepatan jaringan internet karena aplikasi tersebut membuat jaringan individu tersendiri.

3. Beredarnya Pesan Tak Sopan Melalui WhatsApp-mu

Nah seperti yang sudah kita ketahui diatas tadi bahwa aplikasi VPN ini dapat dimanfaatkan oleh si-hacker untuk menyusupi akun WhatsApp kamu. Jika hacker sudah berhasil masuk menyusup dalam akun WhatsApp kamu besar kemungkinan dia bisa melakukan apa saja yang dia mau salah satunya adalah mengirim pesan tak sopan kekontak kamu yang biasanya dilakukan untuk mempermalukanmu. Bukan hanya itu jika si-hacker menemukan foto ataupun video yang bersifat pribadi dalam akun WhatsApp kamu bisa jadi dia juga ikut menyebarkannya.

Baca trik  Cara Mengatasi Aplikasi Kalkulator HP Android Crash

Baca Juga: Cara Pasang Wifiphisher Pada Android Menggunakan Aplikasi Termux

Apakah Aplikasi VPN Dapat Dipercaya?

Apakah Aplikasi VPN Dapat Dipercaya?
Mungkin ini adalah pertanyaan yang ada dibenak kamu setelah membaca ulasan tadi, yakni “Apakah aplikasi VPN dapat dipercaya?”. Sebenarnya besar atau tidaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh VPN yang kamu gunakan tergantung dari mana sumber aplikasi tersebut, apakah berasal dari sumber yang terpercaya atau tidak. Disarankan untuk kamu yang ingin menggunakan VPN unuk mengakses WhatsApp/ internet sebaiknya download aplikasi VPN pada App Store atau Play Store yang berbayar saja bukan yang gratisan, karena aplikasi VPN yang berbayar biasanya memiliki tingkat kualitas dan kemananan yang lebih tinggi.

Nah itulah bahaya menggunakan aplikasi VPN untuk mengakses WhatsApp.

Bahaya Menggunakan VPN Untuk Akses WhatsApp oleh selviherdawati rating 5