Cara Atasi Program Not Responding di Komputer

Komputer saat ini merupakan perangkat yang mudah kita jumpai dimana-mana bahkan dirumah pribadi sekalipun, berbeda dengan jaman dulu yang hanya dapat kita temui di warnet atau kantor-kantor saja. Jadi komputer ini diisi dengan sistem operasi yang akan mewadahi jalannya suatu software atau program.

Namun ada satu masalah yang sering terjadi khususnya yang menggunakan sistem operasi windows yakni program ‘Not Responding’. Apa penyebab hal tersebut terjadi mungkin adalah hal yang perlu untuk kamu ketahui.

1. Banyak Aplikasi Terinstall

Banyaknya program yang ter-install dikomputer apalagi ukurannya besar di klaim menjadi penyebab program ‘Not Responding’ terjadi. Hal tersebut dikarenakan komputer sudah sangat terbebani untuk me-load program satu persatu.

2. Multitasking

Menjalankan banyak software atau aplikasi secara bersamaan (Multitasking) juga bisa menyebabkan kapasitas RAM terkuras habis. Oleh karenanya jika RAM sudah sangat terbebani salah satu aplikasi yang kita jalankan pasti muncul pesan peringatan ‘Not Responding’.

3. Software Yang Tidak Kompatibel

Misalnya nih kamu menjalankan software yang diciptkan khusus untuk OS Windows XP lalu kamu menginstallnya di Windows 7 tentu saja software tersebut tidak bisa berjalan dan akan muncul peringatan seperti ‘Not Responding’.

Cara Atasi Program Not Responding di Komputer

Cara Atasi Program Not Responding di Komputer
Ulasan sebelumnya adalah mengenai penyebabnya, nah disini kami akan lanjut dengan memberi beberapa solusi untuk mengatasinya.

1. Unisntall Aplikasi

Rajin-rajinlah bersihkan isi komputer salah satunya dengan mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah digunakan.

Baca Juga: Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

2. Tampilan Dekstop Buat Lebih Sederhana

Tampilan Dekstop Buat Lebih Sederhana
Buatlah tampilan dekstop sesederhana mungkin, apalagi untuk kamu yang komputernya hanya memiliki kapasitas RAM rendah. Karena tampilan dekstop banyak shortcut aplikasi serta aksesoris tambahan seperti kalender dan sebagainya itu juga cukup banyak menggunakan RAM.

3. Jangan Banyak Buka Aplikasi Secara Bersamaan

Sebenarnya hal ini lebih berlaku untuk komputer yang memiliki spek RAM 2 GB kebawah. Jika spek komputer kamu tinggi misalnya RAM 4 GB keatas mungkin hal ini sah-sah saja untuk dilakukan.

4. Cek Aplikasi Sebelum Install

Cek terlebih dahulu aplikasi sebelum download dan install apakah cocok degan sistem operasi komputer kamu atau tidak. Karena ini adalah penyebab aplikasi ‘Not Responding’ yang paling sering dikarenakan aplikasi tidak kompatibel.

5. Install Ulang

Aplikasi yang ‘Not Responding’ juga bisa terjadi karena crash saat proses penginstallan. Oleh karena itu salah satu cara mengatasinya adalah dengan menginstall ulang aplikasi.

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

6. Upgrade Hardisk

Upgrade HardiskMenjanlankan aplikasi berat di hardisk jenis HDD memang sering mengalami hal seperti ini, karena penyebabnya hardisk jenis HDD lebih lambat dalam mengolah data. Oleh karena itu jika kamu ingin menjalankan software berat dan tidak ingin aplikasi ‘Not Responding’ lagi, ya upgrade hardisk ke jenis HDD yang lebih cepat mengolah data.

Nah itulah Cara Atasi Program Not Responding di Komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.