Cara Atasi Smartphone Suka Mati Sendiri

Dengan meng-klik artikel ini mungkin kamu memiliki masalah yang sama dengan judul artikel tersebut yakni smartphone suka mati dengan sendirinya. Ya artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya karena smartphone saya sempat suka mati-mati sendiri, ya mesikupn harus diakui bahwa usianya memang sudah cukuo tua kurang lebih 4 tahunan lah.

Nah saya suka kesal saat sedang asik-asiknya chattingan atau main sosmed smartphone saya suka mati-mati dengan sendirinya, tapi setelah saya Googling ternyata beberapa hal ini yang menjadi penyebabnya :

– Sistem Crash : Setiap smartphone memiliki sistem operasi sebagai wadah tempat berjalannya aplikasi, jadi jika sistem crash yang biasanya disebabkan oleh RAM penuh atau ada komponen yang mulai rusak maka smartphone mati secara otomatis.

– Baterai Rusak : Daya yang dihasilkan baterai sudah tidak stabil biasanya karena sudah tua.

– Overheat : Smartphone yang suhunya terlalu panas biasanya akan membuat prosessor memberhentikan semua komponen secara paksa.

– Efek Root : Efek samping root karena biasnya setelah root banyak sistem yang sudah kita modifikasi.

– Komponen : Komponen yang sering rusak menyebabkan smartphonr suka mati sendiri adalah konektor baterai dan IC power.

Cara Atasi Smartphone Suka Mati Sendiri

Cara Atasi Smartphone Suka Mati Sendiri

1. Perbaiki Sistem Yang Crash

Sistem Crash

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab smartphone suka mati dengan sendirinya adalah karena sistem yang crash. Oleh karena itu perbaiki sistem operasi smartphone kamu yang crash bisa denga beberapa cara:

– Update Versi Sistem : Versi sistem operasi yang terbaru biasanya rutin dirilis oleh vendor smartphone tiap beberapa bulan sekali. Untuk update versi sistem masuk di menu ‘Setelan > Informasi Telepon > Update’.

– Reset : Kembalikan sistem kepengaturan pabrik (reset) dengan cara masuk di menu ‘Setelan > Cadangkan dan Stel Ulang > Kembalikan ke pengaturan pabrik. Hanya saja cara ini memiliki dampak semua file kita akan ikut terhapus, jadi sebekum reset sebaiknya salin dulu data-data penting kamu.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembuat Animasi Untuk Android Terbaik

2. Atasi Overheat

Atasi Overheat dengan beberapa hal seperti jangan menggunakan smartphone sambil di cas,
jangan buka aplikasi yang terlalu berat dalam waktu yang lama seperti aplikasi game misalnya.

3. Perbaiki Kerusakan Komponen

Kerusakan komponen penyebab smartphone mati sendiri seperti IC Power dan konektor baterai tidak kami sarankan untuk kamu lakukan sendiri karena cukup sulit. Oleh karena itu jika ini yang menjadi penyebabnya sebaiknya bawa saja ketukang service.

Baca Juga: Penyebab Foto Tiba-Tiba Hilang di Galeri Smartphone

4. Hapus Cache

Hapus Cache

Cache merupakan file data apa saja yang telah kita akses biasanya ukurannya bisa mencapai lebih dari 1Gb jika tidak kita hapus. Cara hapusnya di menu Setting > Apps > pilih aplikasi > lalu clear cache’. Cache ini harus dihapus karena bisa memberatkan smartphone sehingga terjadi kesalah sistem atau bug.

Nah itulah cara mengatasi smartphone yang suka mati sendiri, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.