Cara Backup Data di Android

Cara Termudah Backup Data di Android

Cara Backup Data Android – Memiliki ponsel Android memang sudah sepaket dengan keunggulan dan kekurangannya. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa bayak orang yang menjatuhkan pilihannya pada ponsel Android karena dianggap paling cocok.

Meski begitu, tetap saja ponsel Android ini seringkali mengalami masalah maupun error. Tentunya dalam proses error tersebut maka membutuhkan langkah penanganan yang tepat.

Biasanya dalam usaha penanganan tersebut maka berbagai data di ponsel Android Anda mesti dihilangkan atau dihapus. Untuk itulah, disarankan untuk melakukan back up data terlebih dulu sebelum melakukannya.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk melakukan back up data ini. Untungnya, sudah ada cara termudah backup data di Android seperti berikut ini.

Baca Juga Tutorial Termudah Mentransfer Data dari Ponsel Baru ke Ponsel Lama

Cara Termudah Backup Data di Android

Daftar isi

Cara Backup Data Android

1. Download Aplikasi BackUp

Download Aplikasi BackUp

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi Backup terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena seperti yang diketahui bahwa ternyata sudah banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan back up data penting pada ponsel.

Untuk pilihan aplikasi Backup ini sendiri banyak sekali. Namun sangat disarankan untuk menjatuhkan pilihan kepada dua aplikasi ini yaitu aplikasi Super Backup dan Restore.

Tenang saja, karena kedua aplikasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Jadi bagi Anda yang merupakan pengguna ponsel Android maka tentunya tidak akan kesulitan untuk bisa menemukannya.

Baca juga Daftar Aplikasi Untuk Backup File Android Terbaik

2. Pilih Menu Backup

Apabila Anda sudah memastikan bahwa aplikasi Backup tersebut sudah terinstal sempurna maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan back up. Untuk caranya sendiri bisa dilakukan dengan membuka aplikasi yang sudah terisntall tersebut dan mulailah pilih data yang ingin Anda Back up.

Contoh sederhananaya adalah ketika Anda ingin memback up data pada foto maupun SMS maka pilihlah pada bagian tersebut. Bahkan tidak ada salahnya juga untuk melakukan backup pada keseluruhan data.

Hal ini tentunya tergolong akan jauh lebih aman ketika Anda ingin melakukan proses yang mengubah keseluruhan data.

3. Pilih Backup All

Apabila seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda ingin melakukan back up data secara keseluruhan. Langkah yang satu ini sendiri bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memang ingin melindungi seluruh data pada ponsel.

Jadi nantinya Anda tinggal memilih pilihan Backup All dan kemudian klik Ok. Tunggu hingga proses backup all ini memang benar-benar selesai dilakukan. Untuk prosesnya sendiri biasanya tidak memakan waktu terlalu lama dan pastinya tidak akan menganggu Anda terlalu berlebihan.

4. Lakukan Cek

Satu langkah penting yang seringkali dilewatkan oleh banyak orang adalah dengan tidak mengecek kembali proses back up tersebut. Jadi bagi Anda yaitu penting sekali untuk mengecek kembali proses back up data tersebut.

Pastikan semua proses itu berjalan baik dan tidak mengalami kendala di tengah prosesnya.

5. Lakukan Backup Ulang

Bagi Anda yang memang tidak ingin melakukan backup all maka mesti melakukan backup secara manual. Salah satu caranya adalah dengan melakukan backup ulang setelah proses backup yang sebelumnya telah selesai dilakukan.

Tentunya sedikit merepotkan tapi ini demi memastikan bahwa semua data penting yang ingin Anda selamatkan dan tidak ingin hilang begitu saja.

Baca Juga Tips Termudah Mengontrol Penyimpanan Data Ruang di Whatsapp

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara termudah backup di android. Jadi bagi Anda yang memiliki ponsel Android dan ingin melakukan proses backup data yang benar maka bisa menerapkan cara di atas.

Supaya semua data penting yang dimiliki bisa diselamatkan.