Cara Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Corona

Cara Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Corona

Cara Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Corona – Virus Corona memang tengah menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Bukan isapan jempol belaka karena virus ini memang menyimpan risiko berbahaya yang sangat tinggi.

Sudah banyak korban meninggal dunia yang terus bertambah setiap waktunya. Mimpi buruk tersebut belum berhenti karena ternyata virus ini sudah sampai di Indonesia.

Hal ini tentunya meningkatkan kemungkinan bagi siapapun yang tinggal di Indonesia untuk terkena virus ini. Sesuatu yang pastinya membuat siapapun menjadi was-was karenanya tidak terkecuali Anda.

Tentunya hal ini membuat Anda ingin melakukan langkah pencegahan dini untuk virus tersebut. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan ponsel yang dimiliki karena ponsel ini menjadi ladang yang mudah untuk virus tersimpan.

Untuk itulah, ada cara bersihkan ponsel untuk cegah virus Corona seperti berikut ini.

Baca Juga Tips Unik Bersihkan Layar Ponsel Android yang Kotor

Cara Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Corona

Cara Bersihkan Ponsel dari Corona

1. Cabut Kabel Terlebih Dulu

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan terlebih dulu adalah dengan mencabut semua kabel yang terhubung dengan ponsel tersebut. Sebut saja seperti kabel USB hingga kabel charger yang masih terkoneksi dengan ponsel.

Soalnya apabila masih ada kabel yang terkoneksi tentunya akan sulit dan juga berbahaya apabila dilakukan pembersihan. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa semua kabel yang terhubung sudah dilepaskan dari ponsel.

2. Matikan Ponsel

Langkah selanjutnya adalah Anda mesti mematikan ponsel terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena apabila ponsel yang Anda miliki masih dalam kondisi hidup tentunya akan sulit untuk melakukan pembersihan.

3. Cuci Tangan

Jika Anda sudah mematikan ponsel maka sebelum melakukan pembersihan maka pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah mencuci tangan. Melakukan  cuci tangan ini sendiri terbilang langkah yang sangat penting.

Soalnya banyak kuman bahkan hingga virus yang menempel pada tangan Anda. Jadi dengan melakukan cuci tangan ini maka tentunya bisa membersihkan virus yang masih menempel di tangan Anda.

Hal ini pastinya akan mampu menurunkan risiko virus yang bisa berpindah ke ponsel Anda.

4. Siapkan Alat Pembersih

Langkah selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan menyiapkan alat pembersih. Alat pembersih ini adalah seperti kain microfiber, sabun, air dan kalau perlu tambahkan sedikit alkohol.

Campurkan antara sabun, air dan sedikit alkohol tersebut. Barulah Anda mencampurkan dengan kain microfiber. Kain microfiber inilah yang digunakan untuk mengelap maupun membersihkan ponsel Anda.

Sedangkan untuk sela-sela kecil pada ponsel maka sebaiknya gunakan cotton bud untuk membersihkannya. Hal ini untuk mampu membersihkan sela-sela tersebut secara lebih sempurna.

5. Keringkan Ponsel

Apabila ponsel tersebut sudah selesai dibersihkan maka Anda jangan langsung memakainya begitu saja. Sangat disarankan untuk mengeringkan ponsel tersebut terlebih dulu.

Lebih baik untuk mengeringkan ponsel tersebut dengan cara diangin-anginkan dalam waktu 10 menit. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa semua komponen dalam ponsel tersebut memang sudah benar-benar kering dan juga bersih.

6. Lindungi Ponsel

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melindungi ponsel tersebut. Langkah pelindungan ponsel ini sendiri bisa dilakukan dengan memberikan casing pelindung pada ponsel tersebut.

Jadi nantinya tidak akan mudah bagi ponsel tersebut terkena debu, kotoran maupun sentuhan orang lain yang meningkatkan risiko terjadinya virus corona yang berbahaya.

Baca Juga Tips Termudah Bersihkan Layar Ponsel Kusam yang Membandel

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara bersihkan ponsel untuk cegah virus Corona. Jadi bagi Anda yang memang ingin menghindari penyebaran virus Corona maka bisa dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dari ponsel Anda.