Cara Bersihkan Virus di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang kini banyak digunakan orang karena salah satu alasannya ialah karena lebih simpel.

Namun dibalik kelebihan Flashdisk, juga memiliki kekurangan yakni sebagai alat penyimpanan yang paling sering kena virus.

Ada satu sifat virus yang perlu kita ketahui yakni ‘merambat’. Virus adalah file jahat yang bersifat merambat dalam artian tanpa harus ada konfirmasi baru bisa berjalan masuk ke folder-folder yang ada di komputer tersebut.

Baca juga Cara flashdisk kebal virus

Jadi jika kita mencolokan Flashdisk di komputer yang sudah tejangkit virus dengan otomatis Flashdisk kita juga kena, ya karena itu tadi sifat virus ‘merambat’.

Lalu bagaimana cara mebgatasi permasalahan ini ialah poin pentingnya.

Cara Bersihkan Virus di Flashdisk

Untuk bersihkan virus yang sudah menjangkit Flashdisk kita, ada beberapa cara yang bisa kita terapkan sebagai langkah mengatasinya diantaranya :

1. Menggunakan Aplkasi Antivirus

Membersihkan virus menggunakan antivirus sepertinya adalah salah satu cara yang paling sering pengguna terapkan dalam permasalahan ini.

Nah saat ini ada banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu gunakan seperti Smadav, Avira dan lain sebagainya.

Untuk cara bersihkan virus menggunakan antivirus sendiri mungkin kami akan jelaskan secara singkat saja.

Karena notabene-nya semua aplikasi antivirus cara menggunakannya hampir sama saja yakni cukup pilih dua opsi ‘Scan’ dan ‘Hapus’ setelah Flashdisk dicolokan dan virusnya terdeteksi.

Baca juga Cara hapus virus flashdisk

2. Menggunakan CMD

Bagi kamu yang mungki sudah cukup lama sebagai pengguna komputer khususnya sistem operasi Windows pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur CMD yang ada di Windows.

CMD memang fitur yang disematkan dengan sejuta manfaat, salah satunya bisa kita gunakan untuk membersihkan virus yang ada di Flashdisk.

Cara hapus virus Flashdisk dengan CMD :

– Langkah yang pertama ialah colokan Flashdisk ke komputer.

– Selanjutnya buka device Flashdisk lalu pilih opsi ‘Hidden File’ di menu ‘Toolbar’. Langkah ini untuk memunculkan semua file yang ada dalam Flashdisk termaksud file virus sekalipun.

– Tahap berikutnya masuk ke fitur ‘CMD’ dengan menekan tombol ‘Win + R lalu ketik CMD’ atau bisa juga melalui menu ‘Start > Run > ketik CMD’.

– Jika CMD sudah terbuka langkah selanjutnya ialah masukan huruf partisi Flashdisk. Jika Flashdisk terbaca di partisi ‘D’ makan tinggal ketik D.

– Didepan hurus partisi yang kita ketik tambahkan kata perintah ‘-s -r -h /s /d’ dan tekan tombol ‘Enter’.

– Tunggu prosesnya hingga selesai, maka file kamu yang sebelumnya dirusak oleh virus akan kembali seperti semula.

Baca juga cara hapus virus shortcut windows

Untuk lebih bagusnya menurut kami, mending setelah ini BackUp file kamu yang ada di Flashdisk lalu format Flashdisk tersebut agar lebih benar-benar bersih.

Nah itu cara bersihkan virus di Flashdisk, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.