Cara Blokir Konten Berbahaya di Youtube Kids

Cara Blokir Konten Berbahaya di Youtube Kids

Kehadiran internet memang membawa banyak sekali dampak positif pada berbagai sektor kehidupan. Baik itu dari segi informasi, pekerjaan hingga hiburan yang bisa didapatkan secara lebih mudah dan efektif.

Namun sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa internet juga tetap memiliki dampak negatifnya. Bahkan juga dampak negatif yang bisa menyerang anak-anak Anda.

Sesuatu yang pastinya tidak Anda inginkan sebagai orang tua untuk terjadi. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengawasan terhadap berbagai konten yang ditonton oleh anak Anda.

Bahkan konten-konten yang dikira aman seperti konten yang berasal dari Youtube Kids tidak menjadi jaminan. Apabila Anda sampai menemukan konten yang tidak sesuai maka Anda bisa melakukan blokir. Untuk itulah, ada cara blokir konten di Youtube Kids untuk lindungi anak Anda seperti berikut ini.

Baca Juga 3 Cara Jitu Menjadi Youtuber Sukses Untuk Youtuber Pemula

Cara Blokir Konten Berbahaya di Youtube Kids

Cara Blokir Konten di Youtube Kids

1. Blokir Konten dari Layar Utama

Langkah pertama sekaligus pilihan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memblokir konten Youtube Kids dari layar utamanya. Cara ini sendiri bisa dibilang cara yang paling dianjurkan karena kemudahannya.

Bagi Anda yang belum tahu, cara ini bisa diawali dengan login ke aplikasi Youtube Kids terlebih dulu. Dalam artian, Anda mesti sudah memiliki akun Youtube Kids sebelum melakukan login.

Jika Anda sudah memastikan bahwa sudah masuk maka cari titik tiga yang berada di samping video. Lanjutkan dengan mengklik titik tiga tersebut untuk bisa memilih ikon “Blokir Video”.

Apabila Anda tidak puas dengan pemilihan tersebut maka Anda juga melalukan pemilihan lainnya yaitu “Blokir Channel Ini”. Opsi bisa dipilih apabila Anda memang terasa terganggu dengan seluruh konten dari channel tersebut.

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukan nomor yang tertulis di layar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasukan kode sandi dari kostum yang Anda miliki. Hal ini berguna untuk membuat proses pemblokiran video maupun channel tersebut berhasil dilakukan.

2. Blokir Konten dari Halaman Video

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memblokir konten dari halaman video. Tidak ubahnya seperti cara di atas maka diawali dengan membuka aplikasi Youtube Kids terlebih dulu dan lantas melakukan login seperti biasa.

Selanjutnya adalah dengan mengklik titik tiga yang biasanya berada di bagian atas video. Jika sudah, klik blokir untuk memunculkan dua opsi.

Dua opsi tersebut adalah untuk memiliki “Blokir Video Ini” atau opsi “Blokir Channel Ini”. Silahkan Anda memilih opsi yang paling sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan Anda.

Lanjutkan dengan mengklik Blokir sesuai dengan opsi Anda. Akhiri dengan memasukan nomor yang tertulis di layar maupun kode sandi dari kustom Anda.

3. Batalkan Pemblokiran

Apabila pada akhirnya Anda merasa bahwa konten tersebut tidak perlu diblokir maka Anda bisa membatalkan pemblokiran ini dengan mengubahnya di menu Setelan. Awali dengan melakukan login ke aplikasi Youtube Kids terlebih dulu.

Lanjutkan dengan membuka Setelan lalu pilihlah opsi Batalkan Pemblokiran Video. Akhiri dengan mengklik “Ya, Batalkan Pemblokiran” supaya video maupun konten yang sudah diblok bisa dihadirkan dan dinikmati lagi di Youtube Kids.

Baca Juga Cara Menghack untuk Membuka Video Youtube yang Terkena Batas Usia

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara blokir konten di Youtube Kids untuk lindungi anak Anda. Nantinya dengan melakukan hal ini maka Anda bisa lebih melindungi anak Anda dari berbagai konten yang tidak ramah anak di platform ini.