Cara Cegah Ponsel Mendadak Terbakar

Cara Cegah Ponsel Mendadak Terbakar

Cara Cegah Ponsel Mendadak Terbakar – Ponsel atau handphone memang telah menjadi perangkat canggih yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Bayangkan saja, sekarang ini banyak orang yang lebih memilih dompet yang tertinggal daripada harus ponsel yang tertinggal.

Soalnya ponsel di era sekarang ini telah memiliki fungsi dan manfaat yang sangat beragam sekaligus sangat membantu. Namun di balik segala nilai positif ternyata penggunaan ponsel ini memiliki risiko yang cukup tinggi.

Salah satu risiko tersebut adalah ponsel atau handphone yang mendadak terbakar tanpa aba-aba. Bukan isapan jempol belaka karena ternyata sudah terjadi beberapa kali kasus ponsel yang mendadak terbakar.

Hal ini sendiri biasanya terjadi disebabkan karena ponsel yang overheat. Untuk itulah, Anda mesti tahu cara cegah ponsel mendadak terbakar seperti berikut ini. 

Baca Juga Cara Cas HP Android Dengan Benar Supaya Awet

Cara Cegah Ponsel Mendadak Terbakar

Daftar isi

Cegah Ponsel Mendadak Terbakar

1. Jangan Taruh Ponsel di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ponsel mendadak terbakar adalah dengan jangan menaruh ponsel di bawah sinar matahari langsung. Masalahnya adalah masih banyak orang yang tidak menyadari melakukan hal tersebut.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda sedang berkendara menggunakan mobil maka banyak orang yang tanpa sadar meletakan ponsel miliknya di dashboard mobil. Padahal seperti yang diketahui bahwa ketika ponsel diletakkan di dashboard mobil maka otomatis akan mudah sekali terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

Hal inilah yang kemudian meningkatkan suhu dari ponsel tersebut hingga panas. Semakin panas maka maka semakin tinggi juga risiko ponsel tersebut untuk mendadak terbakar.

Untuk itulah, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk menjauhkan ponsel dari sinar matahari secara langsung. Salah satunya adalah dengan tidak meletakan ponsel yang Anda miliki di dashboard mobil ataupun tempat lainnya yang meningkatkan risiko terkena paparan sinar matahari langsung.

Sangat disarankan untuk meletakan ponsel yang dimiliki di tempat yang kering dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jauh lebih baik lagi kalau Anda menggunakan pelindung pada ponsel yang dimiliki tersebut.

2. Hindari Kebiasaan Mengcharge Semalaman Penuh

Kebiasaan berikutnya yang juga sebaiknya Anda hindari adalah kebiasaan mengcharge ponsel semalaman suntuk. Kebiasaan satu ini memang lebih memudahkan Anda untuk mengisi daya baterai secara penuh.

Namun kebiasaan yang satu ini juga bisa meningkatkan overheat pada ponsel dan memperbesar kemungkinan ponsel yang mendadak terbakar. Tidak berhenti sampai di situ saja karena Anda juga mesti memperhatikan waktu yang tepat untuk mengisi daya baterai ponsel.

Perlu diketahui bahwa ketika daya baterai ponsel sudah berada di 40% maka segeralah melakukan pengisian baterai. Hindari untuk mengisi daya baterai di bawah 40% karena akan meningkatkan berbagai risiko yang ada.

Baca Juga 2 Cara Mengatasi Kartu SD Rusak Tidak Terbaca

3. Pilih Colokan Listrik yang Aman

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih colokan listrik yang aman. Jadi sebelum Anda mencolok charger ke stop kontak maka perhatikan terlebih dulu kondisinya.

Pastikan bahwa stop kontaknya tidak memiliki bekas kerusakan, terdapat air maupun bekas lecet lainnya. Soalnya apabila Anda tetap memaksakan untuk mengisi daya baterai ponsel di stop kontak tersebut maka risiko kerusakan besar sekali kemungkinannya terjadi.

Baca Juga Tips Mengecek Ponsel Android yang Terkena Virus Malware

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara cegah ponsel mendadak terbakar. Jadi bagi Anda yang ingin mencegah terjadinya ponsel yang mendadak terbakar maka terapkanlah cara seperti di atas.