Cara Hapus Cache Hardisk Sistem Operasi Windows

Pernah kejadian saya sedang menjalankan software Photoshop, lalu sementara proses mengedit ada muncul pesan peringatan dari sudut kanan bawah yang intinya bahwa hardisk sistem komputer saya penuh. Dan yang lebih mengagetkannya lagi tiba-tiba aplikasi Photoshop tidak bisa dijalankan lagi meskipun masih dalam keadaan terbuka.
Dalam hati saya berpikir perasaan saya belum pernah install software banyak deh, kenala tiba-tiba drive C saya penuh. Cek percek hardisk saya penuh bukan karena sudah menginstall banyak software melainkan karena file cache yang sudah terlalu banyak menumpuk.

Apa itu Cache?

Jadi Cache itu adalah sekumpulan data yang dibuat secara tidak permanen. Tujuannya sendiri adalah membantu sistem komputer menuju tempat yang pernah dia kunjungi agar lebih cepat, dan file ini sendiri terus ada setiap kamu membuka software atau apapun aktivitas kamu dalam sistem operasi tersebut.

Cache ini lama-lama dibiarkan akan semakin menumpuk dan memakan ruang penyimpanan hardisk, yang tentunya saja akan membuat laptop atau komputer kita jadi lemot. Makanya file ini dijuluki file sampah atau file yang tidak penting.

Cara Hapus Cache Hardisk Sistem Operasi Windows

Cara Hapus Cache Hardisk Sistem Operasi Windows

Jika kalian sudah paham apa itu file cache sebenarnya, baiklah kita akan lanjut ke tahap trntang bagaimana cara hapus cache khususnya pada hardisk sistem operasi Windows. Untuk menghapus Cache ada beberapa tahapan yang bisa kita lakukan :

1. Melalui RUN

Melalui RUN

Menurut saya ini adalah cara menghapus cache yang paling mudah dan ampuh, yakni melalui fitur RUN sistem operasi.

Caranya :

– Masuk ke ‘Run’ dengan cara pergi tab ‘Start’ lalu ketik ‘Run’ dikolom pencarian dan Enter. Bisa juga masuk ke fitur ‘Run’ dengan menekan tombol Win + R.
– Jika Run sudah terbuka ketik kata perintah ‘%tempt%’ lalu ‘Enter’.
– Nantinya akan muncul semua file cache yang ada di komputer. Tekan Ctrl + A untuk pilih semua file cache lalu tekan tombol ‘Delete’.

Baca Juga: Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

2. Melalui Fitur ‘Disk Cleanup’

Melalui Fitur 'Disk Cleanup'
Windows juga memiliki fitur ‘Disk Cleanup’ untuk membersihkan semua file sampah yang ada di komputer, hanya saja rasanya cara ini kurang begitu ampuh menurut pengalaman pribadi. Karena setelah proses ‘Disk Cleanup’ selesai masih ada beberapa file cache yang tertinggal setelah saya periksa kembali.

Caranya :

– Masuk di ‘My Computer’.
– Pilih partisi hardisk yang ingin kamu bersihkan, klik kanan dan pilih opsi ‘Properties’.
– Masuk di menu ‘Properties’ lanjut lagi dengan memilih opsi ‘Disk Cleanup’, tunggu hingga prosesnya selesai.
– Bagaimana mudah bukan?

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

Lalukakan proses pembersihan file cache ini setidaknya dua minggu sekali demi menjaga performa hardisk tetap stabil.

Nah itulah cara hapus cache hardisk sistem operasi di Windows, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.