Cara Hindari Disinformasi di Internet

Cara Hindari Disinformasi di Internet

Cara Hindari Disinformasi di Internet – Keunggulan pada internet adalah mudah dan cepatnya dalam mendapatkan informasi. Bisa dibilang, segala jenis informasi yang Anda butuhkan bisa didapatkan di internet ini.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang lantas mengandalkan internet untuk bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Namun di balik segala sisi positif internet tetap saja internet memiliki dampak negatifnya.

Salah satu dampak negatif dari internet adalah berbagai disinformasi berita maupun artikel yang bisa ditelan mentah-mentah oleh pembacanya. Berita yang keliru maupun salah tentunya akan sangat berbahaya apabila disebarluaskan.

Untuk itulah, Anda harus tahu cara hindari disinformasi di internet seperti berikut ini.

Baca Juga Ketahui Kode Error pada Internet yang Mesti Diketahui

Cara Hindari Disinformasi di Internet

Daftar isi

Hindari Disinformasi di Internet

1. Kritis pada Judul

Cara pertama yang bisa Anda lakukan guna menghindari disinformasi di internet adalah dengan kritis pada judul berita ataupun artikel di internet. Satu kesalahan besar yang sayangnya masih dilakukan banyak orang adalah dengan percaya begitu saja terhadap berbagai judul berita maupun informasi yang bersebaran di internet.

Padahal seperti yang diketahui bahwa banyak informasi salah atau keliru yang sengaja menggunakan judul yang heboh. Hal ini tentunya membuat para pengguna internet untuk tertarik bahkan terprovokasi atas judulnya.

Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai kritis pada tiap judul berita yang ada di internet. Apabila judul tersebut terdengar provokatif dan terlalu tidak masuk akal maka sebaiknya waspada.

Soalnya besar kemungkinannya bahwa informasi tersebut merupakan disinformasi dan tidak tepat.

2. Lihat URL Baik-Baik

URL tentunya adalah bagian yang sangat penting bagi setiap berita apapun. Soalnya URL ini adalah penunjuk bahwa berita tersebut berasal dari situs mana. Untuk itulah, URL ini bisa dijadikan petunjuk apakah situs pembuat informasi tersebut tergolong valid atau tidak.

Biasanya untuk informasi yang bisa dipercaya maka berasal dari URL yang bisa dipercaya juga. Terutama URL situs terpercaya, besar dan juga dikenal luas.

Apabila Anda sampai menemukan URL yang ternyata mencurigakan dan juga belum dilihat sebelumnya maka sebaiknya Anda mulai waspada. Soalnya besar kemungkinannya bahwa informasi tersebut merupakan disinformasi dan memang bukan berasal dari fakta yang ada.

Baca Juga Tips Hindari Hoax Online dengan Langkah Pencegahan Berikut

3. Periksa Sumber Informasi

Seperti yang diketahui bahwa beberapa berita akan mencantumkan sumber informasi dari berita yang ditulisnya. Sumber informasi inilah yang bisa dijadikan patokan ketika Anda ingin memastikan keaslian dari sebuah informasi.

Untuk informasi yang bisa dipercaya tentunya dicatut dari sumber kredibel dan juga jelas. Sedangkan apabila Anda menemukan berita dengan sumber informasi yang tidak jelas maka sebaiknya mulai waspada.

Soalnya besar kemungkinannya bahwa informasi tersebut disinformasi dan juga tidak bisa dipercaya.

4. Bandingkan dengan Infromasi Lainnya

Langkah selanjutnya yang juga mesti Anda lakukan adalah dengan membandingkan antara satu informasi internet dengan informasi lainnya. Jangan sampai Anda menelan mentah-mentah satu sumber informasi internet saja.

Selain itu, dengan melakukan perbandingan ini juga digunakan untuk memastikan keaslian infromasi yang beredar tersebut.

5. Cek dari Situs Resmi

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek langsung dari situs resminya. Tentunya apabila sebuah informasi berasal dari situs resmi tentunya Anda sudah bisa menjamin keaslian dari informasi tersebut.

Jadi penting sekali untuk mengecek langsung dari situs resminya.

Baca Juga Tips Hindari Menjadi Korban Hoax Digital yang Berbahaya

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara hindari disinformasi internet. Jadi nantinya Anda tidak akan lagi mendapatkan informasi palsu dan tidak akurat yang jelas akan merugikan.