Cara Hindari Pencurian Data Aplikasi

Cara Hindari Pencurian Data Aplikasi

Cara Hindari Pencurian Data Aplikasi – Di era modern seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi tentunya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari setiap pemilik ponsel. Soalnya dengan kehadiran aplikasi ini tentunya akan lebih mampu memaksimalkan fungsi dari ponsel tersebut.

Tidak heran apabila kemudian banyak pengguna ponsel yang berlomba-lomba terus menginstall berbagai aplikasi di ponselnya. Padahal seperti yang diketahui bahwa akhir-akhir ini sedang ramai sekali banyaknya kasus pencurian data oleh aplikasi.

Jadi aplikasi yang Anda install pada ponsel ternyata mampu mencuri berbagai data privasi penting Anda demi kepentingan mereka sendiri. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan apabila terjadi kepada Anda. Untungnya, sudah ada cara hindari pencurian data aplikasi seperti berikut ini.

Baca Juga 5 Cara Paling Jitu untuk Menangkal Pencurian Data dari Hacker

Hindari Pencurian Data Aplikasi

1. Perhatikan Izin Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan guna menghindari pencurian data aplikasi adalah dengan memperhatikan izin aplikasi tersebut. Seperti yang diketahui bahwa ketika Anda ingin mengisntall sebuah aplikasi maka aplikasi tersebut akan meminta izin terlebih dulu.

Izin ini adalah aplikasi tersebut akan meminta utnuk mengakses berbagai hal di ponsel Anda. Termasuk data dan file yang Anda miliki.

Sayangnya, masih banyak orang melakukan kesalahan yaitu dengan tidak membaca izin tersebut secara terperinci dan langsung menyetujui izin tersebut.

Kesalahan tersebutlah yang kemudian membuat aplikasi akan sangat mudah sekali melakukan pencurian data pribadi Anda karena Anda sendiri sudah memberikan izinnya. Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca secara seksama izin aplikasi tersebut.

Pastikan bahwa dalam izin tersebut tidak ada permintaan akses yang mencurigakan dan tidak sesuai dengan konteks aplikasi tersebut. Soalnya apabila sampai ada maka besar kemungkinannya bahwa aplikasi tersebut akan melakukan pencurian data pada ponsel Anda secara mudah.

Sesuatu yang pastinya sangat dihindari oleh Anda.

2. Pastikan Kredibilitas Pembuat Aplikasi

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan kredibilitas pembuat aplikasi tersebut. Soalnya untuk pembuat aplikasi yang tergolong memiliki kredibilitas maka bisa dipastikan tidak akan melakukan ilegal seperti melakukan pencurian data pada penggunannya.

Bagi Anda yang tidak ingin sampai mengalami hal tersebut maka sangat disarankan untuk memastikan kredibilitas pembuat aplikasi tersebut. Cara untuk melakukannya sendiri tergolong sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu melakukan googling nama pembuat aplikasi tersebut.

Nantinya akan muncul berbagai informasi tentang pembuat aplikasi tersebut. Jika pembuat aplikasi tersebut tidak pernah melakukan kesalahan pastinya informasinya akan lebih banyak positif. Lain cerita apabila pembuat aplikasi tersebut ternyata tidak percaya maupun tidak kredibel maka akan minim sekali informasinya bahkan mungkin tidak akan ada.

Baca Juga Tips Termudah Menghindari Jebakan Pencurian Data di Internet

3. Unduh di Tempat Resmi

Guna mencegah pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi maka Anda bisa meminimalisirnya dengan mengunduhnya di tempat resmi. Tempat resmi yang dimaksud itu sendiri seperti Google Play Store maupun App Store.

Soalnya kebanyakan aplikasi yang mencuri data tersebut diunduh di website sembarangan dan seringkali tersimpan banyak sekali malware yang berbahaya.

4. Rutin Update Sistem Operasi Ponsel

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan update sistem operasi ponsel. Soalnya sistem operasi yang terupdate ini tentunya akan lebih mampu melindungi berbagai data penting pada ponsel Anda.

Hal ini tentunya akan berguna sekali untuk mencegah terjadinya pencurian data.

Baca Juga Trik Terjitu Mengamankan Tablet Android dari Pencurian Data

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara hindari pencurian data aplikasi. Jadi nantinya Anda bisa menghindari hal tersebut dengan menerapkan cara di atas.