Cara Kembalikan Data Terformat Flashdisk

Cara Kembalikan Data Terformat Flashdisk

Cara Kembalikan Data Terformat Flashdisk – Data yang hilang pastinya menjadi mimpi buruk bagi siapapun. Mulai dari hilang karena tak sengaja terhapus hingga karena terformat.

Khusus untuk yang terakhir pastinya akan membuat sangat panik karena data yang sudah terformat biasanya sulit dikembalikan. Soalnya banyak kasus terjadi yaitu data yang tidak sengaja terformat dan kemudian tidak bisa kembali lagi.

Hal yang sama juga terjadi pada Anda yang tidak sengaja memformat file atau data yang tersimpan di Flashdisk. Padahal seperti yang diketahui bahwa file atau data yang ada di flashdisk ini sendiri belum dipindahkan ke tempat lainnya.

Jadi apabila sudah terformat maka sulit untuk bisa mengembalikannya. Untungnya, sudah ada cara kembalikan data terformat di flashdisk seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Atasi File Corrupt di Flashdisk

Cara Kembalikan Data Terformat Flashdisk

Daftar isi

Kembalikan Data Terformat di Flashdisk

1. Download Recuva

Download Aplikasi Recuva

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan data terformat di flashdisk adalah dengan mendownload aplikasi Recuva terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena aplikasi atau software inilah yang nantinya akan membantu mengembalikan file atau data yang sudah diformat di flashdisk.

Jadi bagi Anda yang memang berencana untuk mengembalikan file atau data yang sudah terformat di flashdisk maka bisa mengandalkan aplikasi yang satu ini. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk memasang aplikasi ini terlebih dulu.

2. Buka Aplikasi Recuva

Apabila Anda sudah menyelesaikan proses download aplikasi Recuva ini maka segeralah jalankan aplikasi yang satu ini. Tentu untuk bisa melakukan hal ini maka mesti diawali dengan membuka aplikasi Recuva terlebih dulu.

Setelah aplikasi Recuva ini berjalan maka tinggal klik pilihan next yang tersedia. Pilihan ini sendiri  nantinya berguna untuk membuat Anda bisa melangkah ke proses selanjutnya.

Jadi tergolong penting sekali dan tidak boleh sampai salah langkah.

Baca Juga Cara Perbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Digunakan

3. Pilih Data

Jika langkah di atas dilakukan dengan tepat maka Anda akan dibawa ke sebuah tab baru. Pada tab baru tersebut nantinya akan diberikan beberapa pilihan.

Dari sekian banyak pilihan tersebut maka sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan pada jenis data yang akan dikembalikan atau direcovery. Pilihan ini tentunya akan sangat tergantung pada berapa jenis file yang sudah terformat sekaligus ingin Anda kembalikan.

Apabila memang hanya beberapa maka pilihlah file-file tersebut seperti keinginan Anda yang ingin direcovery. Namun apabila Anda ingin mengembalikan semuanya maka pilihlah All Files yang tersedia di menu pilihan tersebut.

Dengan menjatuhkan pilihan pada All Files ini maka secara otomatis semua file yang hilang di flashdisk karena terformat langsung dikembalikan semuanya tanpa terkecuali.

4. Pilih Lokasi Data

Langkah selanjutnya adalah dengan Anda yang memilih lokasi data yang hilang tersebut. Hal ini tentunya guna memudahkan proses pengembalian file tersebut.

Namun bagi Anda yang mengalami kehilangan data di flashdisk maka pilihlah In a specific location sebagai pilihan untuk mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

5. Pilih Tempat Mengembalikan File

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan browse dan kemudian cari tempat data yang hilang tersebut. Pilih lokasi data dan klik next sekaligus tunggu hingga prosesnya selesai.

Apabila prosesnya sudah selesai maka akan muncul tab baru dan pilihlah tempat mana file tersebut akan dikembalikan.

Baca Juga Cara Perbaiki Flashdisk Penuh Tapi Tidak Ada Isinya

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara kembalikan data terformat di flashdisk. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah ini maka sudah tahu solusi terbaiknya.