Cara Kembalikan Data Terformat

Cara Kembalikan Data Terformat

Cara Kembalikan Data Terformat – Sudah bisa dipastikan akan terjadi masalah besar ketika file atau data penting yang Anda miliki mendadak hilang. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena Anda tidak sengaja memformat file tersebut.

Jika hal ini terjadi maka pastinya akan membuat panik karena itu artinya Anda baru saja kehilangan data atau file penting tersebut. Kondisi tersebut pastinya membuat Anda ingin tahu bagaimana caranya untuk bisa mengembalikan data yang sudah terformat.

Soalnya banyak yang beranggapan bahwa ketika sebuah file atau data sudah terformat maka sudah mustahil untuk mengembalikannya lagi. Namun Anda tidak perlu terlalu panik maupun khawatir terlebih dulu.

Soalnya, sudah ada cara kembalikan data terformat seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Kembalikan Data Terformat Flashdisk

Cara Kembalikan Data Terformat

Daftar isi

Kembalikan Data Terformat

1. Download Software EaseUS Data Recovery Wizard Free

Download Aplikasi Software EaseUS Data Recovery Wizard Free

Langkah petama yang mesti Anda lakukan untuk bisa mengembalikan data yang sudah terformat adalah dengan mendownload software khusus terlebih dulu. Software yang dimaksud adalah software EaseUS Data Recovery Wizard Free seperti yang satu ini.

Software ini memang sudah lama diketahui dan dikenal karena kemampuannya dalam mengembalikan data yang sudah terformat. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk mendownload maupun menginstall software ini terlebih dulu.

Ada baiknya bagi Anda untuk menginstall ataupun mendownload software ini di PC maupun komputer yang dimiliki.

2. Pilih Lokasi

Apabila Anda sudah memastikan bahwa software EaseUS Data Recovery Wizard Free terinstal di PC maka Anda bisa memulainya. Langkah awalnya dengan memulai memilih lokasi pencarian.

Perlu diketahui bahwa akan ada 3 opsi lokasi yang bisa Anda pilih. 3 opsi lokasi tersebut adalah Hard Disk Drives, Desktop dan Libraries. Jadi tidak ada salahnya untuk memastikan terlebih dulu di mana file yang terformat tersebut lokasinya.

Nantinya dengan melakukan hal ini pastinya akan lebih mempermudah proses pengembalian file yang sudah diformat tersebut. Jadi pastikan bahwa Anda memilih lokasi yang tepat supaya lebih memudahkan proses pencarian nantinya.

Baca Juga Cara Mengembalikan File Di Kartu Memory Yang Terformat

3. Lakukan Scan

Lanjutkan dengan melakukan scan seperti yang diminta. Perlu diketahui bahwa proses scan ini sendiri membutuhkan waktu tersendiri. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk menunggu hingga proses scan tersebut benar-benar selesai.

Hal ini tentunya tergolong baik supaya proses pengembalian file yang sudah terformat tersebut bisa dilakukan secara lebih sempurna.

4. Lakukan Deep Scan

Apabila proses atau langkah yang di atas ternyata tetap tidak mampu menemukan file yang sudah terformat maka Anda jangan putus asa terlebih dulu. Soalnya masih ada cara lain yang bisa Anda coba.

Cara lain tersebut adalah dengan menggunakan atau memanfaatkan Deep Scan seperti yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, Deep Scan adalah proses pencarian atau scan yang jauh lebih mendalam daripada proses scan biasa.

Untuk itulah, jangan heran apabila proses deep scan ini akan memakan waktu lebih lama daripada proses scan biasa.

5. Klik Recover

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengklik recover pada file yang sudah ditemukan tersebut. Namun ada baiknya sebelum mengklik recover maka klik preview terlebih dulu.

Hal ini berguna supaya Anda mengecek terlebih dulu apakah file tersebut memang file yang Anda cari atau bukan. Jika sudah yakin maka tinggal klik preview untuk mengembalikannya.

Baca Juga Cara Format Flashdisk Paling Mudah Untuk Pemula

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara kembalikan data terformat. Jadi bagi Anda yang ingin mengatasi masalah tersebut maka tirulah cara tersebut.