Cara Kunci Folder di Windows

  • Whatsapp
Cara Kunci Folder di Windows

Cara Kunci Folder di Windows – File tentunya adalah bagian yang sangat penting bagi setiap perangkat jenis apapun. Soalnya seperti yang diketahui bahwa pada file tersebut seringkali menyimpan berbagai data maupun informasi yang tergolong rahasia.

Hal tersebutlah yang tentunya membuat Anda tidak ingin file tersebut dibuka ataupun diketahui oleh siapapun. Sayangnya, ketika Anda meletakan file tersebut pada sebuah folder tentunya risikonya terbilang tinggi.

Seperti yang diketahui bahwa ketika sebuah file diletakkan pada folder maka akan rentan sekali dibuka dan diketahui orang lain. Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunci folder tersebut supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain selain Anda.

Untungnya, sudah acara kunci folder di Windows seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Buat Folder Berwarna di Windows

Cara Kunci Folder di Windows

Kunci Folder di Windows

1. Download Software 7zip

Download Software 7zip

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengunci folder di Windows adalah dengan mendownload software 7zip terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena software inilah yang akan membantu Anda dalam proses mengunci berbagai folder penting di perangkat Windows yang dimiliki.

Bagi Anda yang memang belum memiliki software yang satu ini maka disarankan untuk mendownloadnya. Tenang saja, karena software yang satu ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat.

Apabila Anda sudah mendownloadnya maka jangan lupa untuk mengisntallnya terlebih dulu di perangkat Windows yang dimiliki. Tunggu hingga proses installnya benar-benar selesai dan sudah terpasang sempurna di perangkat Windows Anda.

2. Pilih Folder yang Dikunci

Apabila Anda sudah memastikan bahwa software 7zip ini sudah terpasang di perangkat Windows maka lanjutkan dengan memilih folder yang akan dikunci. Soalnya tentu Anda tidak ingin semua folder yang ada di perangkat Windows dikunci semua.

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk memilih terlebih dulu folder mana yang akan dikunci. Jika Anda sudah menemukan folder tersebut maka tinggal klik kanan pada folder tersebut.

Pilihlah 7zip lalu pilih add to archieve atau bisa juga tambah ke arsip. Pastikan bahwa Anda sudah melakukan langkah tersebut dengan tepat.

Baca Juga Jangan Hapus Folder Ini Pada Sistem Operasi Windows

3. Pilih Formatnya

Langkah selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan memilih format yang ingin diarsipkan. Biasanya langkah ini akan muncul ketika Anda masuk ke dalam jendela 7Zip yang disediakan.

Nantinya Anda akan dibawa pada menu Archieve format yang penting. Pada titik itulah, Anda diharuskan untuk memilih format arsip seperti yang diinginkan.

Sangat disarankan untuk lebih menggunakan format ZIP saja pada folder tersebut. Bukan tanpa alasan karena format ZIP ini dianggap paling mudah dan tidak akan menyusahkan Anda.

Untuk itulah, ada baiknya bagi Anda untuk memilih format ini saja.

4. Masukan Password

Anda sampai di bagian terpenting yaitu memasukan password yang akan melindungi folder tersebut. Nantinya Anda hanya perlu memasukan password yang diinginkan untuk mengunci folder tersebut.

Pastikan bahwa password tersebut mudah diingat oleh Anda tapi orang lain kesulitan untuk mengetahuinya.

5. Folder Sudah Terlindungi Password

Jika Anda sudah memasukan password seperti yang diinginkan maka Anda tinggal mengklik ok. Dengan memberi perintah tersebut maka folder tersebut sudah resmi dilindungi oleh password yang hanya Anda yang tahu.

Dalam arti kata lain, orang lain tidak bisa sembarangan membuka folder tersebut.

Baca Juga 3 Aplikasi Pengunci Folder Untuk PC Terbaik Dan Paling Aman

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara kunci folder di Windows. Jadi bagi Anda yang memang memiliki niatan untuk mengunci folder bisa meniru cara tersebut.