Cara Laminating Berkas Sendiri Tanpa Alat Laminating

Setiap orang pastinya memiliki berkas-berkas penting seperti ijazah, akta, sertifikat dan masih banyak lainnya. Nah apa yang kamu lakukan pada berkas-berkas pentingmu? selain menyimpannya ditempat yang aman banyak orang juga memutuskan untuk melaminatingnya agar tidak mudah robek dan anti air.

Apa itu laminating? jadi untuk yang belum tahu apa itu laminating, laminating adalah sebuah plastik untuk membungkus berkas kita seperti yang sudah kami sebutkan tadi agar tidak mudah robek dan lebih tahan air. Dan plastik serta alat yang digunakan untuk laminating juga bukan plastik biasa.

Cara Laminating Berkas Sendiri Tanpa Alat Laminating

Cara Laminating Berkas Sendiri Tanpa Alat Laminating

Selain plastik, alat yang digunakan untuk laminating juga bukan sembarang alat alias ada mesin pemanas khususnya (mesin laminating). Tapi sesuai dengan judul artikel pada kali ini kami akan berbagi sedikit tips cara laminating berkas sendiri tanpa alat laminating.

Daftar isi

Baca Trik
Cara Menggunakan Fitur Find My AirPods Guna Menemukan AirPods Hilang

1. Siapkan Plastik

Langkah yang pertama adalah siapakn plastik laminating, kamu bisa membelinya di toko ATK (Alat Tulis Kantor), foto copy atau ditoko buku biasanya juga ada. Untuk harganya sendiri plastik laminating ini cukup murah mulai dari 500 sampai 1000 rupiah saja tergantung merk dan kualitasnya.

Baca Juga: 7 Cara Tambah Subscriber Youtube Dengan Cepat

2. Masukan Berkas

Masukan Berkas

Nah tahap selanjutnya adalah masukan berkas kedalam plastik laminating. Jadi plastik laminating itu mimiliki dua sisi belakang dan depan, nah masukan saja berkas kamu diantara kedua sisi plastik tersebut. Pastikan Berkas pas berada di bagian tengah plastik tidak mepet ke sisi plastik apalagi sampai keluar.

3. Setrika

Setrika

Yang ini adalah point penting pembahasan kita pada kali ini ‘Cara laminating tanpa menggunakan mesin laminating’ bisa diakali menggunakan setrika. Jadi fungsi mesin laminating hanyalah memberi suhu panas ke permukaan plastik sehingga sisi depan dan belakang plastik saling menempel menjepit berkas.

Baca Trik
Begini Cara Setting Keyboard Realme 5i

Jadi apa bedanya dengan setrika? hampir tidak ada beda jika kita berbicara soal fungsi bukan kepraktisan.

Kembali ke pembahasan setelah berkas sudah masuk ke plastik laminating, setrika seluruh pernukaan plastik tersebut hingga terasa mengeras dan tak lagi buram. Jangan menggunakan setrika dengan temperatur yang sangat tinggi karena bisa membuat plastik laminating kerucut, gunakan saja temperatur seadanya.

Baca Juga: Cara Perbaiki Kamera Smartphone Sudah Buram

Manfaat Laminating Berkas

1. Tidak Mudah Robek

Setelah berkas kita laminating, plastik akan membuatnya mengeras sehinga tidak mudah robek apalagi kusut.

2. Anti Air

Berkas seperti ijazah, akta, sertifikat rata-rata dicetak dimedia kertas yang mana sangat sensitif terhadap air. Oleh karena itu laminating berkas adalah salah satu langkah tepat untuk mejaganya dari air.

3. Tidak Mudah Luntur

Kita ambil contoh seperti foto, jika kita simpan ditempat yang lembab akan lebih muda luntur karena kertas juga ikut lembab. Oleh karena itu laminating bisa menjaga air agar berkas tidak mudah luntur.

Baca Trik
Tips untuk Menghemat Baterai Kamera Keluaran Terbaru

Nah itulah cara laminating berkas sendiri tanpa alat laminating, semoga file ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Cara Laminating Berkas Sendiri Tanpa Alat Laminating oleh rating 5/ 5