Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula

Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula
Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula

Linux merupakan salah satu sistem oparasi pada perangkat komputer atau laptop, lalu bagaimana dengan perangkat yang sudah terinstal sistem operasi Windows apa bisa diinstal Linux. Untuk kamu yang mungkin sudah terlanjur menggunakan sistem operasi Windows dan ingin menginstal Linux maka kamu tidak perlu khawatir karena terdapat cara untuk memasang bash Linux pada sistem operasi Windows tanpa harus menghapusnya.

Baca Juga : Cara Install Kali Linux Di HP Android Dengan Mudah

Namun, kamu harus install Windows 10 technical preview terlebih dahulu pada sistem operasi Windows 10 kamu untuk bisa menikmati bash Linux pada perangkat komputer atau laptop kamu.Pada upgrade Windows 10 anniversary maka kamu sudah bisa menikmati bash Linux dengan mudah pada sistem operasi Windows kamu. Lalu bagaimana cara install atau pasang bash Linux pada sistem operasi Windows 10 dengan muda? berikut cara lengkap install bash Linux pada Windows.

Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula

Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula
Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula

Dengan menggunakan bash Linux maka kamu bisa menemukan dan menikmati Bash shell layaknya pada sistem operasi Linux. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan kode atau perintah linux pada sistem operasi Windows yang kamu pakai dengan mudah tanpa mengguanakn virtual ataupun dengan dualbit yang biasanya dipakai. Dibawah cara install bash Linux pada sistem operasi Windows dengan mudah yang bisa kamu coba.

Baca trik  3 Cara Mengatasi Aplikasi Atau Game Tidak Bisa Dibuka Pada PC

1.Aktifkan Windows Subsystem Linux

Langakah atau step pertama untuk menginstall atau memasang bash Linux pada sistem operasi Windows 10 kamu adalah dengan mengaktifka fitur Windows Subsystem Linux dahulu. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuka menu search Windows dengan menekan menu search Windows yang ada pada pojok kiri bawah tepatnya di sebelah logo Windows pada komputer atau pc kamu. Setelah itu kamu bisa ketik PowerShell pada Windows search dan klik kiri lalu pilih run as administrator.

Selanjutnya kamu bisa menuliskan kode atau perintah dibawah ini pada aplikasi atau tool PowerShell yang sudah kamu buka.

Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux

Setelah itu, kamu tekan enter pada keyboard kamu dan klik Y untuk melanjutkan dan tekan enter. Berikutnya kamu akan mendapat notifikasi agar restart atau reboot perangkat komputer atau laptop kamu ataupun tidak terdapat notifikasi untuk restart perangkat maka kamu harus restart.

2. Download Linux Di Windows Store

Step atau langkah kedua untuk install bash Linux pada sistem operasi Windows adalah dengan mengunduh sistem operasi Linux pada Windows Store yang ada pada perangkat komputer atau laptop kamu. Kamu bisa membuka Windows Store dan ketikan linux pada pencarian yang disediakan, lalu kamu bisa pilih install Linux on Windows pada Windows Store kamu.

Baca trik  Cara Mudah Mengatasi Windows Failed To Start Dengan Cara Yang Mudah

Baca Juga : 7 Aplikasi Hacking Untuk Linux Yang Sering Digunakan Hacker

Setelah kamu memilih distribusi yang kamu pilih, selanjutnya kamu akan menemukan pilihan untuk install ubuntu dengan ukurab file sekitar 1Gb yang harus kamu download. Dengan hal tersebut maka kamu harus menggunakan koneksi internet yang cukup cepat agar proses download berjalan dengan cepat dan sempurna atau kamu bisa menggunakan koneksi WiFi agar download lebih sempurna.

3. Jalankan Linux Pada Windows 10

Cara terakhir untuk menginstall atau pasang bash Linux pada sistem operasi Windows 10 kamu adalah dengan menjalankan Linux yang sudah kamu download pada perangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 kamu. Kamu hanya perlu mencari distribusi os linux yang sudah kamu install sebelumnya. Untuk distribusi Ubuntu maka kamu bisa menjalankannya pada sistem operasi Windows 10 kamu dengan normal seperti biasa.

Kamu hanya melakukan step ini atau menjalankan Linux pada sistem operasi Windows kamu pada kali pertama kamu menjalankannya saja. Jadi kamu bisa langsung menggunakan bash Linux ini pada penggunaan berikutnya tanpa harus menginstall dan mengikuti step ini lagi. Kamu juga harus mengikuti step ini dengan benar karena meski step ini terlihat mudah namun perlu kehati-hatian agar tidak terdapat eror atau kesalahan saat menjalankannya.

Baca trik  5 Kekurangan Dan Kelebihan Windows 10

Baca Juga : 5 Distro Linux Untuk Hacking Terbaik 2019

Nah, itu dia cara lengkap install bash Linux pada sistem operasi Windows untuk pemula yang bisa kamu coba pada sistem operasi Windows kamu. Cara diatas bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menggunakan perintah-perintah Linux pada sistem operasi Windows kamu tanpa menghapus Windows kamu dan menginstall ulang sistem. Cara diatas juga harus kamu lakukan dengan baik karena bila salah langkah bisa saja terjadi eror atau kesalahan. Terima kasih.

Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula | tonytech | 4.5
DMCA.com Protection Status