Cara Mengamankan Akun Internet yang Sudah Terkena Web Phising

  • Whatsapp
Cara Mengamankan Akun Internet yang Sudah Terkena Web Phising

Dengan kemajuan zaman sekaligus teknologi seperti sekarang ini pastinya sudah banyak orang lebih mengandalkan metode internet daripada menggunakan konvensional. Hal tersebut dapat terlihat langsung dari banyaknya akun internet yang terus bermunculan. Ditambah bahwa dengan menggunakan akun internet ini juga lebih memudahkan dan memberikan banyak manfaat. Namun dibalik segala kemudahan yang ditawarkan, pada kenyataannya masih banyak sekali risiko dari menggunakan akun internet ini.

Salah satu risiko tersebut adalah akun internet tersebut terkena hack berbahaya. Termasuk hack yang menggunakan metode web phising seperti yang satu ini. Seperti yang diketahui bahwa web phising memang teknik hack yang sedang populer akhir-akhir ini dan jelas akan sangat merugikan apabila sampai menyerang. Untuk itulah, ada cara mengamankan akun internet yang sudah terkena web phising seperti berikut ini.

Baca Juga Ketahui Jenis Malware yang Paling Sering Menyerang Website

Cara Mengamankan Akun Internet yang Sudah Terkena Web Phising

Cara Amankan Akun Internet dari Web Phising

1. Lakukan Reset Password Lama

Cara pertama yang bisa Anda lakukan guna mengamankan akun internet yang sudah terkena metode hack phising adalah dengan melakukan reset password lama. Kesalahan besar yang selama ini masih dilakukan banyak orang yang tahu akun internetnya dalam risiko dihack adalah dengan membiarkan password yang lama. Padahal dengan Anda melakukan hal ini maka dapat dipastikan bahwa akun yang sudah diretas tersebut tidak bisa diselamatkan.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reset password lama terlebih dulu. Hal ini sangat berguna agar si hacker tidak bisa masuk lagi ke akun yang Anda miliki. Namun tentunya dengan catatan bahwa Anda masih bisa masuk ke akun yang sudah diretas tersebut. Soalnya apabila Anda ternyata tidak bisa masuk ke akun yang sudah diretas tersebut maka tentunya Anda tidak bisa melakukan reset password lama.

2. Tuliskan Username dan Email Pertama Mendaftar

Langkah berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan menuliskan username dan juga email milik Anda. Bukan hanya username dan juga email biasa tapi username dan juga email yang digunakan waktu pertama kali untuk mendaftar akun tersebut. Soalnya seringkali Anda akan diminta untuk memasukan username dan juga email yang digunakan waktu pertama kali mendaftar. Apabila hal tersebut yang memang terjadi maka Anda jangan ragu untuk segera memasukannya. Hal ini terbilang penting sekali untuk bisa mendapatkan kembali akun Anda yang sudah dihack dengan metode hack phising yang tentunya tergolong berbahaya.

3. Klik Link Konfirmasi

Apabila Anda sudah melakukan langkah di atas maka langkah berikutnya yang mesti dilakukan adalah dengan mengklik link konfirmasi yang sudah tersedia. Bagi Anda yang belum tahu, link konfirmasi ini menegaskan bahwa Anda memang menginginkan untuk mengganti password yang lama dengan password yang lama.

4. Mulai Mengubah Kata Sandi

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan mulai mengubah kata sandi tersebut. Pastikan bahwa Anda memilih kombinasi password yang tergolong kuat dan juga tidak mudah ditebak oleh orang lain. Hal ini terbilang sangat penting untuk bisa mengamankan akun yang dimiliki dan tidak mengalami akun yang terkena hack lagi untuk kedua kalinya. Jadi penting sekali memperhatikan penggunaan password baru yang dipilih.

Baca Juga Cara Paling Benar Melindungi Website dari Backdoor yang Berbahaya

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mengamankan akun internet yang sudah terkena web phising. Pastinya Anda tidak ingin sampai akun yang dimiliki disalahgunakan oleh pihak lain. Untuk itulah, Anda bisa menerapkan tips-tips di atas sebagai solusi terbaiknya.

Komentar ditutup.