Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root

Di jaman sekarang smartphone menjadi barang yang sangat penting karena dapat mempermudah manusia seperti mencari informasi maupun hiburan. Tetapi jika smartphone mengalami lag atau lemot tentu akan menjadi tidak nyaman dalam menggunakan smartphone.

Baca Juga : 5 Jenis Aplikasi Android Paling Berbahaya

Kali ini saya akan kasih tips cara mengatasi android lemot atau lag tanpa aplikasi dan tanpa root. Menjalankan aplikasi atau game menjadi aktivitas sehari hari dalam menggunakan smartphone android. Namun banyak aplikasi atau game di jaman sekarang  yang  menuntut smartphone mempunyai spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi maupun game tersebut. Tetapi walaupun smartphone android sudah mempunya spesifikasi yang bagus bisa juga  terjadi lemot jika kita tidak pintar dalam mengelola android, seperti  menghapus aplikasi yang tidak perlu dan lain-lain.

Dan berikut beberapa factor Penyebab android bisa mengalami lag atau lemot :

  1. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone.
  2. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakan smartphone.
  3. Minimnya sisa memori internal maupun eksternal
  4. dan lainnya.

Daftar isi

Baca trik  3 Aplikasi Emulator PS2 Untuk Android Terbaik Dan Paling Ringan

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Menggunakan Aplikasi Dan Tanpa Root

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root

1. Kelola aplikasi yang terpasang di smartphone

Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone akan menambah beban system di android akibatnya akan terjadi lag atau lemot pada android. Sebaiknya uninstall aplikasi yang menurut kalian kurang berguna atau tidak pernah di gunakan.

2. Nonaktifkan dan Hapus cache data pada aplikasi bawaan

Biasanya aplikasi bawaan android tidak bisa di uninstall atau hapus permanen, kita hanya bisa menonaktifkannya, sebelum kita nonaktifkan aplikasi bawaan sebaiknya kita hapus cache datanya terlebih dahulu.

3. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang android

tutup atau hentikan resent aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang android jika aplikasi tersebut sudah tidak digunakan. hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol menu disamping menu home yang terletak pada bagian bawah smartphone android.

Kalaian juga biasa menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang di menu seting.

4. Kelola kapasitas memori internal maupun eksternal

Kapasitar memori internal berbeda beda tergantung jenis smartphone. Smartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi sekalipun jika tidak mengelola memori internal dengan baik maka peforma dari smartphone tersebut akan menurun, karena jika memori internal yang tersedia (belum terpakai) sedikit maka akan mempengaruhi kinerja dari android. Jadi jangan biarkan ruang kosong memori internal kalian menipis.

Baca trik  3 Cara Kirim File Dari HP Android Ke PC Dengan Mudah Dan Cepat

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Ram Android Tanpa Aplikasi 2019

Jika kalian menggunakan memori eksternal, kalian juga harus menghapus file atau data yang tidak perlu, dan jangan biarkan kapasitas memori eksternal menipis  untuk meminimalisir terjadinya lemot pada smartphone android.

5. Instal aplikasi pembersih sampah

Sebaiknya instal satu aplikasi pembersih sampah di android yang ringan agar tidak terlalu membebani android. Dan bersihkan sampah pada android kalian dengan rutin minimal 1 kali sehari supaya android kalian tetap stabil.

6. Aktifkan penghemat baterai bawaan android

Jika smartphone android kalian dilengkapi dengan fitur penghemat baterai  sebaiknya aktifkan penghemat baterai bawaan android kalian karena Fitur penghemat baterai bawaan android berfungsi bukan untuk menghemat baterai saja namun otomatis akan menambah kinerja android karena fitur ini akan membatasi getaran, layanan lokasi dan data latar belakang sehingga beban system android akan berkurang.

7. Reset ke setelan pabrik

Jika kalian sudah menerapkan tips mengatasi android lemot di atas dan kalian belum puas dengan hasilnya. Kalian bisa reset android kalian ke setelan pabrik dan sebaiknya  sebelum di reset sebaiknya backup terlebih dahulu file, aplikasi maupun gmail kalian. Dan android kalian akan seperti baru  dan tentu saja kinerjanya masih optimal tetapi  aplikasi yang sudah kalian instal akan hilang.

Baca trik  Cara Memperbaiki HP Yang Terkena Air Dengan Mudah Dan Bisa Dilakukan Sendiri

Baca Juga : Cara Mempercepat Internet HP Android No ROOT Paling Mudah

Dan itu dia tips mengatasi android yang lemot tanpa aplikasi dan tanpa root. Semoga langkah-langkah di atas dapat bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi dan Tanpa Root | tonytech | 4.5
DMCA.com Protection Status