Cara mengatasi Windows Cannot Acces

Perangkat lunak seperti Windows memang cukup sulit untuk kita deteksi kerusakannya tidak seperri hardware atau perangkat keras seperti hardisk, prosessor dan lain sebagainya yang dapay kita deteksi melalui ciri fisik yang ada. Salah satunya permasalahan di Windows yang beberapa waktu lalu saya temui adalah munculnya pesan peringatan

Windows cannot access the specified device, path, or file. You may not have the appropriate permission to access the item”

Saat saya hendak buka drive, namun saya browsing-browsing di internet saya menemukan bagaimana cara untuk mengatasinya tapi sebelumnya mungkin sebaiknya kita pahami dulu apa penyebabnya.

Penyebab ‘Windows Cannot’

Penyebab Windows Cannot Acces

Ternyata pesan peringatan Windows Cannot ini bisa saja terjadi pada saat kita ingin buka drive, folder, file maupun software. Dan untuk penyebabnya sendiri ada beberapa hal.

– Lokasi Drive Hilang : Lokasi drive hilang atau bisa dikatakan komputer kita tidak mampu mendeteksi keberadaan drive.

– Akses File Hilang : Ada beberapa file biasanya dibatasi untuk kita akses tidak seperti biasa pada umumnya.

– File Sudah di Hapus : Misalnya kamu baru saja uninstall aplikasi game, lalu ingin kembali membukanya melalui shortcut yang ada di komputer biasanya akan muncul pesan peringatan ‘Windows Cannot Acces’. Atau kita sederhanakan lagi penjelasannya yakni lokasi Shortcut hilang.

Baca Juga: Cara Atasi Laptop Suka Restart Sendiri di Windows 10

Cara Mengatasi Windows Cannot Acces

Cara Mengatasi Windows Cannot Acces

1. Atur Hak Akses Drive

Atur Hak Akses Drive

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa jika muncul pesan peringatan ‘Windows Cannot Acces’ salah satu penyebabnya adalah file atau driver tersebut dibatasi hak aksesnya. Oleh karena itu atur hak akses drive komputer kamu dengan cara ini.

– Klik kanan pada partisi drive yang terjadi masalah > lalu pilih menu ‘Properties’.
– Masuk ke Tab ‘Security’.
– Pada daftar user, pilih yang Anda pakai > lalu centang semua kolom yang ada dibawah (Kecuali Special Permission) dan pilih opsi ‘Apply’ untuk mengakhirinya.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Komputer Gagal Booting

2. Pastikan Drive Masih Terhubung

Yang kedua adalah pastikan drive yang kita nasih terhubung karena jika tidak akan muncul pesan peringatan ‘Windows Cannot Acces’. Misalnya yang terjadi masalah adalah drive falshdisk, ya coba cabut flashdisk dan colokan kembali untuk memastikan benar-benar terhubung.

3. Buat File Shortcut Yang Baru

Buat file Shortcut yang baru sebagai pintasan ke akses file original. Cara untuk membuat file shortcut yang baru begini caranya :
– Cari file originalnya lalu klik kanan
– Pilih opsi ‘Create Shortcut’.

4. Matikan Antivirus

Biasanya antivirus memiliki cara kerja yang terlalu sensitif sehingga memblokir semua akses file yang mencurigakan yang belum tentunya berisi virus. Oleh karena itu jika kamu menggunakan antivirus coba matikan dulu antivirusnya sebelum mencoba kembali buka file tadi.

itulah cara mengatasi Windows Cannot Acces di komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.