Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop

Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop
Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop

Di zaman tekology yang sudah canggih seperti sekarang ini perangkat komputer memiliki peranan penting dalam kehidupan baik untuk hal pekerjaan, mencari informasi atau hanya sekedar hiburan. Seperti dengan manusia, pada komputer juga memiliki resiko untuk terjangkit virus berbahaya seperti Rumba, lalu apa itu Rumba. Rumba merupakan infeksi pada perangkat komputer yang memiliki resiko tinggi dan merupakan ransomeare. Program ini dirancang untuk untuk bisa mengenkripsi data dan menyimpannya . Dan untuk bisa mengembalikan file yang dicuri maka pengguna harus membeli alat dekripsi.

Baca Juga : Cara Lengkap Install Bash Linux Pada Sistem Operasi Windows Untuk Pemula

Rumba Ransomware ini biasanya digunakan oleh para penjahat cyber atau hacker untuk memeras uang dari sebuah perusahaan besar dengan memasukan Rumba Ransomware dan meminta tebusan dengan sejumlah uang yang ditentukan. Rumba Ransomware merupakan serangan yang sangat berbahaya dalam menginfeksi perangkat komputer. Lalu bagaimanakah cara kerja ransomware dalam menginfeksi perangkat komputer dan mengamanakna atau menghapus file-file yang ada di dalamnya?

Biasanya para hacker atau penjahat Cyber akan menggunakan kampanye email spam atau trojan atau sumber unduhan perangkat lunak yang didak dapat dipercaya ataupun pembaruan perangkat lunak yang palsu. Biasanya penjahat Cyber akan mengirimkan lampiran berupa dokument microsoft office, PDF ataupun lainnya dengan lampiran berbahaya mengunduh dan memasang virus saat dalam kondisi terbuka. Dengan menggunakan berbagai sumber maka penjahat cyber akan menipu orang yang dituju untuk mengunduh dan menginstall virus yang telah disiapkan. Lalu bagaimana cara menghindari dari virus ransomware.

Baca trik  Tips Atasi Jenis Virus yang Membahayakan Komputer Anda

Daftar isi

Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop

Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop
Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop

Cara menghindari virus ransomware pada komputer atau laptop dibawah ini bisa menjadi panduan untuk kamu agar terbebas dan aman dari virus ransomware. Dibawah ini cara menghindari virus ransomware pada perangkat komputer atau laptop kamu dengan mudah dan bisa dilakukan oleh pemula. Ikuti cara atau langkah dibawah ini untuk bisa menghindari perangkat komputer atau laptop kamu dari virus berbahaya seperti ransomware.

1. Aktifkan Safe Mode

Cara atau langkah pertama untuk menghindari dari virus berbahaya seperti ransomware adalah dengan mengaktifkan Safe Mode pada perangkat komputer atau laptop kamu yang menggunakan sistem operasi Windows. Setiap sistem operasi baik Windows 7, 8 atau 10 memiliki cara untuk mengaktifkan Safe Mode yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cata mengaktifkan Safe Mode pada sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10? ikuti langkah dibawah ini untuk mengaktifkan Safe Mode pada 3 versi Windows tersebut.

Baca Juga : 5 Aplikasi Antivirus Untuk PC Terbaik Dan Paling Ampuh

Windows 7

Baca trik  Ketahui Jenis Virus Paling Populer yang Menyerang Komputer Anda

Untuk kamu yang menggunakan Windows 7 maka kamu hanya perlu klik start setelah itu klik Shut Down dan klik restart jika muncul notifikasi maka kamu bisa pilih OK. Saat perangkat komputer atau laptop kamu sedang dalam proses maka kamu bisa langsung menekan tombol F8 pada keyboard kamu hingga msuk pada Windows Advanced Option dan kamu bisa pilih Safe Mode with Networking. Dengan begitu kamu sudah mengaktifkan fitur Safe Mode pada perangkat komputer atau laptop kamu.

Windows 8

Sedangkan untuk kamu pengguna sistem operasi Windows 8 untuk bisa mengaktifkn Safe Mode maka kamu bisa membuka layar Windows 8 Start Screen dan ketikan Advanced dalam kolom search setting. Setelah itu, kamu bisa langsung klik Advanced startup options pada, lalu pada laman General PC Settings kamu bisa pilih opsi Advanced Stratup lalu klik Restart Now. Setelah itu perangkat komputer atau laptop kamu akan restart ke advanced startup option menu lalu kamu bisa klik Troubleshoot dan klik Advanced Option. Setelah itu, kamu bisa klik Startup Settings dan klik restart. dan kamu begitu maka komputer atau laptop kamua kan restart pada pengaturan startup dan kamu tinggal tekan F5 dan pilih enable Safe Mode with Networking.

Windows 10

Dan untuk para pengguna Windows 10 kamu bisa pilih menu power dan klik restart sambil menekan tombol Shift pada keyboard perangkat komputer atau laptop kamu. lalu pada laman choose an option kamu tinggal klik Troubleshoot dan pilih advanced option, Setelah itu, pada menu advanced kamu tinggal pilih startup settings dan klik tombol restart. Pada saat sedang restart kamu bisa klik tombol F5 pada keyboard kamu lalu pilih Safe Mode with Networking. Dengan begitu kamu akan mengaktifkan Safe Mode pada komputer atau laptop kamu.

Baca trik  Tips Hindari Masalah Kesehatan Ketika Kecanduan Game Online

2. Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara kedua untuk bisa menghindari virus berbahaya seperti ransomware maka kamu perlu menginstall aplikasi antivirus yang terpercaya agar perangkat komputer atau laptop kamu tetap aman dari jangkitan virus. Kamu bisa menginstall aplikasi antivirus seperti AVG Antivirus yang memiliki berbagai fitur yang dapat mengamankan perangkat komputer atau laptop kamu tetap aman. Kamu juga harus rajin-rajin scan file atau folder pada perangkat kamu agar terbebas dari virus berbahaya.

Baca Juga : Cara Hack Akun Google Atau Gmail Menggunakan Keylogger Untuk Pemula

Nah, itu dia cara menghindari virus ransomware pada komputer atau laptop dengan mudah untuk pemula yang bisa kamu coba untuk bisa mengamankan perangkat komputer atau laptop kamu dari jangkitan virus berbahaya. Cara diatas bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin memperketat keamanan perangkat komputer atau laptop kamu agar lebih aman da

Cara Menghindari Virus Ransomware Pada Komputer Atau Laptop oleh tonytech rating 5