Cara Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh

Cara Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh

Memori ponsel tentunya menjadi bagian penting dari kinerja sebuah ponsel. Bukan tanpa alasan karena pada memori ponsel inilah, banyak sekali hal yang disimpan. Mulai dari file, foto, video hingga data aplikasi.

Namun seperti yang diketahui juga bahwa dengan terus digunakannya memori ini maka lama kelamaan storage ponsel akan penuh juga. Apabila storage ponsel ini sudah penuh maka bisa dipastikan akan mempengaruhi performa dari ponsel ini.

Terutama Anda yang tidak bisa mengunduh aplikasi yang baru hingga Anda yang tidak bisa mengupdate aplikasi yang sudah ada. Kondisi tersebut pastinya akan sanagt mengganggu bagi Anda yang memang ingin memaksimalkan fungsi dari ponsel Android yang dimiliki.

Bagi Anda yang ingin mengatasi hal tersebut, berikut ini ada cara menyiasati storage ponsel Android yang sudah penuh.

Baca Juga 3 Cara Mudah Mengatasi Kartu SD Rusak Di HP Android Untuk Pemula

Cara Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh

Daftar isi

1. Backup File Penting ke Memori Eksternal

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mem-backup file penting ke memori eksternal terlebih dulu. Langkah ini sendiri tergolong penting supaya tidak semua memori penting yang Anda miliki hanya berfokus di memori internal.

Soalnya apabila semua file penting hanya terfokus di memori internal maka bisa dipastikan bahwa storage ponsel Android akan mudah sekali untuk penuh. Tidak ada salahnya juga untuk memilah dulu mana file yang sebaiknya disimpan di memori internal dan mana file yang sebaiknya disimpan di memori eksternal.

Namun ada juga sebagian orang yang mengandalkan memori eksternal untuk menyimpan berbagai file yang memiliki ukuran besar. Jadi nantinya memori internal ini hanya digunakan untuk menyimpan file penting tapi dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk memiliki memori eksternal dengan ukuran yang tergolong besar. Jadi penting sekali untuk memperhatikan daya dan kemampuan memori eksternal ini sebelum nantinya berbagi tugas guna mem-backup file penting yang ada di ponsel Android.

2. Hapus Semua File di Folder Thumbnails

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus semua file yang tersimpan di folder Thumbnails. Bukan tanpa alasan karena file-file yang ada di Folder Thumbnails ini seringkali dilupakan tapi memegang peranan juga dalam memberikan beban pada memori internal ponsel.

Bagi Anda yang belum tahu, file dari Folder Thumbnails ini sendiri berisi chace dari foto yang diambil menggunakan kamera ponsel. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang lantas melupakan keberadaan folder yang satu ini.

untuk menghapusnya juga tergolong mudah yaitu hanya perlu masuk ke memori internal dan carilah folder File Manager. Pada folder File Manager tersebutlah, segera masuk ke folder DCIM dan segera hapus file yang ada di sana.

3. Hapus Cache Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi. Seperti yang diketahui bahwa setiap Anda menggunakan maupun menjalankan aplikasi maka akan selalu ada cache yang tersisa. Cache inilah yang apabila dibiarkan maka akan memenuhi memori internal ponsel.

Solusi untuk mengatasinya tentu adalah dengan menghapus cache aplikasi tersebut. Sangat disarankan untuk menghapus cache aplikasi yang ada. Jadi Anda tidak hanya menghapus cache dari beberapa aplikasi saja tapi semuanya.

Baca Juga 3 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di HP Android Paling Mudah

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara menyiasati storage ponsel Android yang sudah penuh. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah ini maka sudah tidak perlu bingung lagi. Soalnya cara di atas bisa dijadikan solusinya.

Cek di bawah ini