Cara Paling Aman Mencegah Penyadapan Telegram dari Pihak Asing

Cara Paling Aman Mencegah Penyadapan Telegram dari Pihak Asing

Dengan hadirnya internet maka pastinya membuat banyak orang mendambakan kemudahan dan keefektikan dalam banyak hal. Tidak terkecuali dalam hal mengirimkan pesan yang tidak perlu repot-repot lagi. Soalnya sekarang ini, sudah banyak aplikasi pengirim pesan yang memudahkan dan pastinya bisa dijadikan pilihan oleh Anda. Salah satunya seperti aplikasi Telegram seperti yang satu ini. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa penggunaan aplikasi chat ini tetap memiliki risikonya sendiri.

Salah satu risiko yang patut dikhawatirkan sekaligus dihindari adalah risiko penyadapan. Tentunya apabila setiap aktivitas Anda pada akun telegram yang dimiliki nyatanya disadap dan diketahui orang lain akan sangat mengganggu sekaligus merugikan. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut, ada cara paling aman mencegah penyadapan telegram dari pihak asing seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Eror Di HP Android Dengan Mudah

Cara Paling Aman Mencegah Penyadapan Telegram dari Pihak Asing

Cara Cegah Penyadapan Telegram

1. Rutin Lakukan Update Telegram

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan update Telegram yang dimiliki. Jangan sampai Anda malas-malasan dalam melakukan update telegram ini. Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa tidak melakukan update aplikasi nantinya tidak akan berdampak apapun. Padahal dengan Anda yang memutuskan untuk tidak melakukan update maka risiko Telegram mudah disadap menjadi semakin besar. Lain cerita ketika Anda rutin melakukan update maka sistem keamanan Telegram juga lebih kuat dan juga pastinya lebih update. Jadi tidak akan mudah untuk dihack maupun disadap.

2. Manfaatkan Passcode

Satu hal yang patut disayangkan adalah banyak pengguna Telegram yang tidak mengetahui berbagai fitur penting di dalamnya. Sebut saja seperti fitur Passcode yang masih banyak orang tidak menggunakannya karena tidak mengetahui fiturnya. Fitur passcode ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk mengunci percakapan yang Anda lakukan di Telegram. Dengan menguncinya maka tentunya tidak sembarangan orang yang bisa mengakses chat Anda. Bagi Anda yang belum tahu, cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan membuka menu Settings lalu pilih Privacy dan terakhir pilih Passcode. Nantinya dengan mengaktifkan fitur yang satu ini maka keamanan pada chat di Telegram Anda menjadi jauh lebih terjamin.

3. Rutin Memeriksa Kondisi Ponsel

Perlu diketahui bahwa cara hacker untuk bisa menyadap telegram untuk sekarang ini memang sudah semakin beragam saja. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menanamkan sebuah aplikasi khusus pada ponsel Anda secara diam-diam. Tentunya aplikasi ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk melakukan penyadapan sekaligus mengawasi setiap aktivitas yang Anda lakukan pada Telegram yang dimiliki. Guna mencegahnya maka rutinlah memeriksa kondisi ponsel. Pastikan bahwa tidak aktivitas mencurigakan pada ponsel. Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada aplikasi mencurigakan pada ponsel yang dimiliki dan juga tidak pernah Anda install sebelumnya.

4. Jangan Berikan Akses Terlalu Mudah Orang Lain pada Ponsel Anda

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan jangan memberikan akses terlalu mudah orang lain pada ponsel Anda. Bukan tanpa alasan karena ketika Anda melakukannya maka bukan tidak mungkin akan disalahgunakan oleh orang tersebut. Tidak terkecuali untuk memata-matai aktivitas Telegram Anda maupun seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu menanamkan aplikasi sadap tersembunyi pada ponsel. Sesuatu yang pastinya tidak ingin sampai Anda alami.

Baca Juga Tips Langkah Pertama Hadapi Telegram yang Kena Hack

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara paling aman mencegah penyadapan telegram dari pihak asing. Jadi bagi Anda yang memang ingin lebih mengamankan Telegram yang dimiliki maka bisa langsung menerapkan tips seperti di atas.