Cara Paling Benar Membatasi Kecepatan Jaringan Wifi

Cara Paling Benar Membatasi Kecepatan Jaringan Wifi

Memiliki koneksi internet pastinya telah menjadi keinginan banyak orang guna memudahkan berbagai kebutuhan hidup yang memang sudah mengandalkan internet. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang memutuskan untuk menggunakan jaringan Wifi. Seperti yang diketahui ketika menggunakan jaringan Wifi ini maka Anda akan mendapatkan jaringan internet secara lebih mudah dan juga lebih praktis. Namun, kendala yang seringkali terjadi adalah pengunaan jaringan Wifi ini yang seringkali berebutan.

Guna menghindari hal tersebut maka disarankan untuk membatasi kecepatan jaringan Wifi tersebut. Dengan membatasi kecepatan jaringan Wifi ini maka setiap pengguna Wifi mendapatkan kecepatan yang sama sehingga adil. Hal inilah yang membuat mereka tidak perlu lagi saling berebutan kecepatan jaringan Wifi. Bagi Anda yang belum tahu, ada cara paling benar membatasi kecepatan jaringan Wifi seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Termudah Mendeteksi Jaringan Wifi yang Dibobol

Cara Paling Benar Membatasi Kecepatan Jaringan Wifi

Cara Batasi Kecepatan Jaringan Wifi

1. Menggunakan Digisol Router

Cara pertama yang bisa Anda untuk membatasi kecepatan jaringan Wifi ini adalah dengan menggunakan Digisol Router seperti yang satu ini. Ternyata cara yang satu ini sendiri memang sudah lama dijadikan andalan banyak pihak untuk bisa membatasi kecepatan jaringan Wifi. Caranya sendiri juga bisa diawali dengan masuk menggunakan alamat IP router dari Digisol yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengklik Status dan pilih Active Client Table. Jika sudah, lanjutkan dengan menuliskan alamat IP yang akan Anda batasi kecepatannya.

2. Menggunakan TP-Link Router

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan TP-Link Router seperti yang satu ini. Bagi Anda yang belum tahu, caranya sendiri bisa diawali dengan langsung masuk ke alamat IP pada router yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengklik DHCP > DHCP Client guna mengetahui alamat IP yang dimiliki. Jika Anda sudah mengetahuinya maka lanjutkan dengan menuju ke Control > Rule List. Lanjutkan dengan mengisi kolom Egress Bandwith and Ingress Bandwith tentunya dengan angka yang sama. Akhiri dengan mengklik Save guna mneyimpan semua perubahan tersebut.

3.  Mengunakan D-Link Router

Menggunakan cara D-Link Router juga tidak boleh dilewatkan begitu saja bagi Anda yang ingin membatasi kecepatan internet jaringan Wifi. Caranya juga hampir sama seperti di atas yaitu masuk ke router D Link dengan alamat IP yang dimiliki. Lanjutkan dengan mengklik Status > Client Table. Tidak butuh waktu lama maka akan muncul alamat IP yang menggunakan Wifi Anda. Nantinya Anda hanya perlu mencatat alamat IP mana saja yang ingin dibatasi oleh Anda. Langkah ini tentunya tergolong mudah untuk dilakukan.

4. Mengunakan iBall Router

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan iBall Router seperti yang satu ini dan tentunya tidak akan sulit dilakukan. Diawali dengan masuk menggunakan alamat IP Router dan nantinya Anda bisa langsung melihat alamat IP yang aktif. Lanjutkan dengan mengklik Bandwith Control dan lakukanlah checklist pada bagian Enable IP QoS.

5. Menggunakan Tenda Router

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda pilih adalah dengan mengguanakn tenda router seperti yang satu ini. Caranya sendiri juga tidak terlalu jauh berbeda dengan cara seperti di atas. Diawali dengan melakukan log ini terlebih dulu lalu pilih Advanced. Lanjutkan dengan mengklik DHCP Client List  lalu klik QoS Bandwith Control  dan berilah tanda checklist pada bagian Enable Bandwith Control. Masukan alamat IP yang ingin dibatasi dan berikan batasan yang ingin dilakukan lalu klik Ok.

Baca Juga Cara Termudah Membuat Wifi IndiHome Tidak Gampang Dibobol

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara paling benar membatasi kecepatan jaringan Wifi. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan hal ini maka sudah tahu bagaimana cara terbaik melakukannya.