Dark Mode :

Cara Paling Benar Mendinginkan Laptop Tanpa Risiko Berbahaya

Cara Paling Benar Mendinginkan Laptop Tanpa Risiko Berbahaya

Untuk bisa membuat performa laptop terus terjaga sekaligus bekerja dengan baik tentunya banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Tidak terkecuali suhu yang dimiliki oleh laptop tersebut. Sayangnya, masih banyak pemilik laptop yang seringkali tidak mengindahkan maupun memperhatikan suhu laptop tersebut. Padahal perlu diketahui bahwa suhu laptop juga termasuk ke dalam faktor penting yang mempengaruhi kinerja dan juga performa laptop.

Contoh sederhananya adalah ketika suhu laptop yang dimiliki ternyata terlalu tinggi maupun terlalu panas maka akan mengganggu kinerja yang dimiliki laptop tersebut. Termasuk membuat laptop menjadi lemot dan tidak responsif. Solusi untuk mengatasinya tentu Anda harus mendinginkan laptop yang dimiliki. Bagi Anda yang belum tahu, ada cara paling benar mendinginkan laptop tanpa risiko berbahaya seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Atasi Laptop Suka Restart Sendiri di Windows 10

Cara Paling Benar Mendinginkan Laptop Tanpa Risiko Berbahaya

Cara Mendinginkan Laptop

Daftar isi

Baca Trik
Tips Termudah Menghindari Membeli iPhone Tipe Refurbished

1. Matikan Laptop Terlebih Dulu

Cara paling benar pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendinginkan laptop adalah dengan mematikan laptop terlebih dulu. Bisa dibilang, cara yang satu ini adalah cara yang termudah untuk dilakukan sekaligus paling efektif untuk mengatasi masalah yang satu ini. Analoginya adalah ketika sesuatu bekerja terlalu berat maupun terlalu keras maka membutuhkan istirahat. Hal yang sama juga berlaku untuk laptop yaitu ketika bekerja terlalu berat maupun terlalu lama maka akan membuat suhunya menjadi tinggi. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan laptop terlebih dulu guna mengistirahatkan mesin di dalamnya. Anda juga bisa memilih mode sleep atau hibernasi yang tersedia pada fitur laptop yang dimiliki.

2. Lakukan Pembersihan Ventilasi Laptop

Seperti yang diketahui bahwa setiap ponsel pastinya memiliki ventilasi di dalamnya. Ventilasi ini sendiri berguna sebagai tempat pertukaran udara bagi laptop. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat ventilasi ini dari waktu ke waktu menjadi semakin kotor. Sayangnya, banyak orang yang tidak memperdulikan hal ini dan membiarkan kondisi ventilasi laptop menjadi semakin kotor. Apabila hal ini tetap dibiarkan maka akan berpengaruh sekali pada performa yang dimiliki oleh laptop tersebut. Tidak terkecuali membuat laptop yang Anda miliki menjadi lemot. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka disarankan untuk rutin melakukan pembersihan ventilasi laptop. Terutama dari berbagai debu yang seringkali menempel dan menumpuk pada bagian ventilasi.

Baca Trik
Ketahui Keuntungan Menghack Twitter Milik Orang Lain

3. Gunakan Kipas Pendingin Laptop Berkualitas

Untuk masalah laptop yang terlalu panas tentunya penggunaan kipas pendingin adalah solusi terbaik yang bisa digunakan. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih kipas pendingin laptop ini. Sangat disarankan untuk memilih kipas pendingin yang memang sesuai dengan merek laptop yang dimiliki dan juga tentunya berkualitas. Tidak ada salahnya untuk melakukan perbandingan antar merek kipas pendingin laptop untuk benar-benar menemukan merek yang paling sesuai dengan laptop Anda.

4. Tambah RAM pada Laptop

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan RAM pada laptop. Bukan tanpa alasan karena salah satu penyebab dari laptop yang mudah panas adalah kapasistas RAM pada laptop yang tergolong kecil. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambah RAM pada laptop. Nantinya dengan melakukan hal ini maka akan membuat laptop tidak mudah panas.

Baca Juga Cara Beli Cooling Pad Yang Bagus Untuk Laptop

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara paling benar mendinginkan laptop tanpa risiko berbahaya. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah laptop yang panas maka bisa menerapkan beberapa tips di atas sebagai solusinya.

Cara Paling Benar Mendinginkan Laptop Tanpa Risiko Berbahaya oleh rating 5/ 5