Cara Perbaiki Memori Eksternal Tidak Terbaca di Zenfone 2

Cara Perbaiki Memori Eksternal Tidak Terbaca di Zenfone 2

Memiliki ponsel yang selalu bisa diandalkan pastinya menjadi keinginan setiap orang. Dari sekian banyak merek ponsel yang beredar di Indonesia tentunya banyak penggemar dari ponsel dengan merek Asus seperti yang satu ini. Tidak terkecuali Asus Zenfone 2 yang memang dikenal karena berbagai fitur unggul yang dimiliki olehnya. Namun di balik segala fitur unggul yang dimilikinya tetap saja ada masalah yang dimiliki oleh merek ponsel yang satu ini. Masalah tersebut adalah kondisi memori eksternal yang tidak terbaca.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara untuk mengatasi error yang terjadi pada ponsel yang dimiliki. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengguna ponsel ini yang memang tergolong masih awam. Sesuatu yang pastinya membuat Anda ingin mencari tahu solusi mengatasinya. Untuk itulah, ada cara perbaiki memori eksternal tidak terbaca di Zenfone 2. 

Baca Juga Tips Termudah untuk Bisa Membeli Ponsel Asus Zenfone yang Asli

Cara Perbaiki Memori Eksternal Tidak Terbaca di Zenfone 2

Perbaiki Memori Eksternal Tidak Terbaca Zenfone 2

1. Masukan Memori Eksternal ke PC

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki memori eksternal tidak terbaca adalah dengan memasukan memori eksternal tersebut ke PC. Cara untuk memasukannya sendiri dengan Anda yang bisa memanfaatkan adapter untuk melakukannya. Seperti yang diketahui bahwa adapter ini nantinya akan sangat berguna untuk membuat memori eksternal untuk bisa lebih mudah dimasukan ke dalam PC. Selain adapter, nantinya Anda juga bisa mencoba perangkat lainnya yang dianggap lebih kompatibel pada memori eksternal Anda.

2. Format Memori

Langkah berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan melakukan format pada memori eksternal tersebut. Bukan tanpa alasan karena kondisi memori eksternal yang sulit terbaca adalah karena kondisi memori yang mengalami corrupted. Dengan melakukan format ini maka nantinya diharapkan memori eksternal tersebut bisa digunakan lagi seperti semula. Perlu diingat, bahwa Anda melakukan format memori ini menjadi NTFS bukan yang lain.

3. Masukan Kembali

Memori eksternal yang sudah melalui proses format NTFS ini maka keluarkanlah dari PC yang Anda miliki. Jika sudah, masukan kembali memori eksternal tersebut kepada ponsel Asus Zenfone 2 yang dimiliki. Bukan tanpa alasan, karena Anda harus melakukan ini karena langkah selanjutnya akan dilakukan pada ponsel tersebut bukan pada PC. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah memasukan memori eksternal tersebut di dalam ponsel.

4. Muncul Notifikasi Baru

Jika Anda sudah melakukan langkah sebelumnya maka akan muncul pemberitahuan baru yaitu “Blank External Storage”. Tanpa perlu pikir panjang, Anda tinggal memilih notifikasi tersebut. Tidak berselang lama, maka biasanya akan segera muncul notifikasi untuk melakukan format pada memori eksternal. Nantinya Anda hanya tinggal perlu mengklik notifikasi untuk melakukan format pada memori eksternal.

5. Tunggu Proses Format

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan menunggu proses format tersebut sampai selesai. Pastikan bahwa Anda memang benar-benar menunggu proses formatnya sampai selesai untuk proses yang lebih sempurna. Untuk proses format ini sendiri biasanya tidak memakan waktu terlalu lama. Jika proses format tersebut sudah selesai, maka Anda sudah bisa menggunakan kembali memori eksternal tersebut pada ponsel Asus Zenfone 2 yang dimiliki.

Baca Juga Daftar Kelebihan HP Asus Zenfone Yang Perlu Diketahui

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara perbaiki memori eksternal tidak terbaca di ponsel Asus Zenfone 2. Jadi apabila nantinya Anda memiliki masalah seperti satu ini maka tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya dengan benar.