Cara Perbaiki Windows Crash Tanpa Harus Install Ulang

Saat Windows merupakan sistem operasi perangkat komputer/pc yang paling banyak didunia, dan yang menempati urutan kedua adalah sistem operasi Linux. Meskipun sebagai sistem operasi terbanyak digunakan didunia, Windows ternyata memiliki tingkat kemanan yang cukup rendah dibanding rifalnya yakni Linux.

Oleh karena itu tak jarang kita menemui sistem operasi Windows yang crash atau rusak. Sistem operasi Windows crash biasanya penyebab utamanya adalah karena serangan virus dan penyebab lainnya bisa seperti ada file sistem yang terhapus, hingga penggunaan yang dikuar batas wajar.

Cara Perbaiki Windows Crash Tanpa Harus Install Ulang

Cara Perbaiki Windows Crash Tanpa Harus Install Ulang

Jika kamu menemukan masalah seperti ini dikomputer atau laptop kamu jangan terburu-buru dulu untuk menginstall-nya, karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Windows crash tanpa harus menginstall-nya kembali.

1. Safe Mode

Safe Mode

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa rata-rata atau kebanyakan sistem operasi Windows rusak (crash) diakibatkan serangan virus atau malware. Nah untuk memerangi virus dan perbaiki Windows kia bisa menggunakan fitur Safe Mode.

Cara Perbaiki Windows menggunakan Safe mode :

– Nyalakan komputer lalu tekan tomhol ‘F8’ secara terus menerus hingga muncul jendela baru bertuliskan ‘Advanced Boot Options’.

– Selanjutnya ialag pilih opsi ‘Safe Mode’ lalu tekan ‘Enter’.

– Yang terakhir adalah pembersihan komputer dari virus yang bisa kamu lakukan secara manual, seperti hapus software yang baru saja kamu install sebelum Windows rusak karena biasanya itu adalah penyebabnya hingga hapus file-file yang mencurigkan.

Baca Juga: Tips Temukan Jaringan Wifi Gratis Secara Jauh Lebih Mudah

2. Menggunakan CD Install Windows

Cd Install

Cara yang kedua untuk atasi sistem operasi Windows rusak adalah dengan melakukan ‘Repair’ menggunakan CD Install. Tapi sebelumnya Backup dulu data-data kamu yang tersimpan di hardiksk sistem.
Caranya :

– Masukan CD Install Kedalam DVD Drive komputer kamu.

– Berikutnya ‘Restart’ komputer dan biarkan CD Install tetap didalam DVD drive.

– Setelah komputer kembali menyala nantinya akan muncul pesan ‘Press Any Key To boot from CD or DVD’ maka tekan saja sembarang tombol di keyboard komputer kamu.

– Selanjutnya jika muncul jendela baru ‘Install Windows’ pilih opsi ‘Next’.
– Nah setelah klik ‘Next’ ikuti saja alurnya hingga kamu menemukan opsi untuk Repair Windows atau sistem operasi komputer kamu.\

Baca Juga: Tips Perbaiki Flashdisk Yang Sulit Dibaca Dengan Praktis

Cara Cegah Agar Windows Tidak Crash

– Berhati-hati saat akses internet seperti jangan klik top up sembarangan, download software sembarangan, karena internet merupakan tempat penyebaran malware yang utama.

– Matikan komputer melalui proses ‘Shut Down’ jangan langsung menekam tombol powernya saja.

Nah itulah cara perbaiki Windows crash tanpa harus install ulang, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.