Cara Pilih Charger Yang Bagus Untuk Smartphone

Setiap smartphone tentunya membutuhkan alat tambahan seperti charger untuk mengisi komponen pentingnya yakni baterai sebagai penyuplai listrik sehingga smartphone dapat menyala. Berbicara soal charger, banyak pengguna yang salah menggunakan charger sehingga berdampak pada rusaknya baterai smartphone, pengisian putus nyambung dan lain sebagainya.

Cara Pilih Charger Yang Bagus Untuk Smartphone

Cara Pilih Charger Yang Bagus Untuk Smartphone
Sebenarnya hampir setiap smartphone yang kita beli sudah dilengkapi dengan charger original bawaan, tapi saat charger bawaan rusak banyak pengguna hanya asal beli charger yang kadang tidak memiliki standar kualitas seperti yang dibutuhkan oleh baterai smartphone. Nah jadi agar kamu tidak salah beli kami beri tips bagaimana cara pilih charger yany bagus untuk smartphone.

1. Tentukan Merek Berkualitas

Setiap kali kita membeli barang apapun itu memang kita harus melihat mereknya terlebih dahulu untuk mengetahui dari mana asal brand tersebut. Charger yang berkualitas seperti Dellcell, Vivan dan masih banyak lainnya tapi pastikan bahwa yang kamu beli bukan barang tiruan alias KW. Tapi sayangnya kamu juga harus rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli charger bermerek, “Yaa ada uang ada barang”, istilah kebanyakan pedagang.

Baca trik  4 Bukti Mi Mix 2 adalah Smartphone yang Tangguh

Baca Juga: Cara Mengatasi HP OPPO Bootloop Dengan Mudah

2. Pergi Ke Service Center

Pergi Ke Service Center

Cara yang kedua jika takut salah pilih charger mending pergi saja ke service center yang sesuai dengan merek smartphone-mu. Digerai resmi ini kamu bisa membeli charger seperti original atau bawaan smartphone-mu saat masih baru dulu.

3. Lihat Besar Arus Listrik

Cara berikutnya untuk memilih charger yang bagus untuk smartphone adalah dengan melihat voltase atau besar arus listrik. Pilihlah charger dengan voltase 100-240V karena PLN di Indonesia menggunakan standar tegangan listrik 220V. Bagaimana cara melihat voltase charger? untuk melihat seberapa besar tegangannya coba lihat pada bagian adaptor charger biasanya disitu tertulis spesifikasinya.

4. Cek Bagian Output

Cek Bagian Output

Coba cek baterai smartphone-mu tentang seberapa besar mAh atau daya tampung baterai tersebut!. Kita ambil contoh saja baterai smartphone kamu misalnya sebesar 2600 mAh maka gunakan charger dengan voltase 5V-2000 mAh.

Pasti kamu pernah kan merasakan jika smartphone di charger suhunya meningkat drastis dan wakut pengisiannya terlalu lama?, nah hal tersebut diakibatkan oleh output charger tidak seimbang dengan kebutuhan baterai.

Baca trik  Fakta Cara Kerja Hacker Bobol WhatsApp

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password Pada HP OPPO A3s

5. Cek Frekuensi

Perlu diketahui juga bahwa listrik di Indonesia dibawah naungan PLN memiliki standar atau bekerja pada kisaran frekuensi 50Hz. Jadi pilihlah charger dengan 50/60Hz agar bisa digunakan dengan aman tanpa harus takut koslet dan cepat rusak akibat frekuensi yang tak seimbang.

6. Beli Satu Set

Beli Satu Set

Yang terakhir adalah beli lah charger satu set terdiri dari adaptor+ kabel USB, karena jika kamu menggunakan adaptor yang berkualitas tapi menggunakan kabel USB yang abal-abal ya percuma saja karena kabel tersebut bisa saja mengurangi voltase arus listrik yang seharusnta diantarkan. Tapi semua charger yang berkualitas seharusnya dijual satu set dan tidak dijual terpisah, jika ada yang menawarkanmu secara terpisah perlu di cek lagi keaslian charger tersebut.

Itulah cara pilih charger yang bagus untuk smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Cara Pilih Charger Yang Bagus Untuk Smartphone oleh selviherdawati rating 5