Cara Scan Dokumen dengan Kamera HP

Cara Scan Dokumen dengan Kamera HP

Cara Scan Dokumen dengan Kamera HP – Dokumen tentunya adalah file yang tergolong sangat penting. Soalnya seperti yang diketahui bahwa pada dokumen ini sendiri terdapat banyak sekali berbagai informasi yang tergolong penting.

Untuk itulah, Anda pastinya memiliki niatan untuk menggandakan maupun memperbanyak dokumen tersebut. Hal tersebut tentunya akan mudah dilakukan jika Anda memiliki mesin fotokopi.

Menjadi masalah ketika ternyata Anda tidak memiliki atau tidak sedang berada dalam ruangan yang memiliki mesin fotokopi. Untungnya, dengan kemajuan teknologi maka ada solusi atas masalah tersebut.

Bahkan solusi tersebut hanya perlu memanfaatkan kamera ponsel yang dimiliki. Bagi Anda yang belum tahu, ada cara scan dokumen dengan kamera HP seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Mudah Cetak Dokumen Dan Foto Melalui HP Android Untuk Pemula

Cara Scan Dokumen dengan Kamera HP

Cara Scan Dokumen

1. Install Aplikasi Scanner Dokumen

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan untuk bisa scan dokumen menggunakan kamera HP adalah dengan menginstall aplikasi Scanner Dokumen terlebih dulu. Soalnya nantinya aplikasi scanner inilah yang akan membantu dalam menggandakan dokumen yang diinginkan tersebut.

Tenang saja, karena aplikasi yang satu ini sendiri sudah banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih. Baik itu untuk pengguna ponsel Android maupun untuk pengguna iOS.

Bagi Anda yang menggunakan Android maka tentunya bisa mencarinya aplikasi ini di Play Store. Sedangkan bagi Anda yang merupakan pengguna iPhone atau iOS maka bisa mencarinya di Apple Store.

Pilihlan aplikasi scanner dokumen yang memang cocok dengan Anda.

2. Buka Aplikasi Scanner Dokumen

Jika Anda sudah selesai menginstall aplikasi Scanner Dokumen tersebut maka langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Scanner Dokumen tersebut. Jangan lupakan juga untuk menggunakan aplikasi dan memilih icon kamera yang disediakan.

Hal ini berguna untuk membuat aplikasi tersebut untuk bekerja seperti seharusnya. Jadi penting sekali bagi Anda untuk tidak sampai salah dalam memilih ikon.

Soalnya akan berpengaruh langsung terhadap proses selanjutnya.

Baca Juga 2 Cara Mengatasi Microsoft Word PC Tidak Menanggapi

3. Letakan Dokumen di Posisi yang Pas

Untuk bisa melakukan scanning secara benar maka tentunya peletakan dokumen juga adalah hal penting yang mesti diperhatikan. Sangat disarankan untuk meletakan dokumen ini tepat di depan kamera ponsel yang dimiliki.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk memperhatikan area orange pada bagian kamera tersebut. Perlu diketahui bahwa area orange ini sendiri merupakan area yang akan dipindah oleh kamera tersebut pada dokumen tersebut.

Untuk itulah, pastikan berbagai bagian dokumen penting yang ingin discann sudah masuk ke dalam bagian area orange tersebut. Apabila Anda sudah yakin bahwa berbagai bagian dokumen sudah masuk maka Anda tinggal mengklik bagian centang.

Bagian centang ini sendiri biasanya berada di sebelah kanan.

4. Atur Kembali Bagian Cropping

Ada baiknya bagi Anda untuk mengatur kembali bagian cropping yang sudah dipilih tersebut. Hal ini nantinya sangat berguna untuk mengatur kembali perspektif bagian dokumen seperti yang diinginkan.

Tidak terkecuali mengatur warnanya seperti hitam putih maupun yang lainnya.

5. Simpan Dokumen Hasil Scan

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan tentunya adalah dengan menyimpan dokumen hasil scan tersebut. Untuk bisa menyimpannya sendiri, Anda cukup mengklik tombol share yang biasanya terletak di sudut kanan.

Nantinya Anda bisa menyimpannya sesuai dengan format yang diinginkan. Baik itu format PDF maupun JPEG.

Baca Juga Cara Kecilkan Ukuran PDF dengan Cepat

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara scan dokumen dengan kamera HP. Jadi bagi Anda yang melakukan scan secara lebih mudah bisa meniru cara tersebut.