Cara Stop Kecanduan Main Tik-Tok

Cara Stop Kecanduan Main Tik-Tok

Cara Stop Kecanduan Main Tik-Tok – Pamor dari aplikasi Tik-Tok memang terus meninggi akhir-akhir ini. Bayangkan saja, hampir semua platform sosial media rutin menampilan berbagai video Tik-Tok yang sedang viral.

Hal tersebutlah yang kemudian pastinya membuat Anda juga ingin membuat video Tik-Tok. Apalagi membuat video Tik-Tok ini sendiri seringkali menyenangkan dan membuat candu.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang yang menjadi kecanduan bermain aplikasi Tik-Tok ini. Padahal seperti yang diketahui bahwa bermain Tik-Tok ini seringkali menurunkan produktifitas dan membuang waktu secara percuma.

Khususnya untuk anak maupun remaja yang paling rentan kecanduan bermain Tik-Tok. Sebagai orang tua, Pastinya Anda ingin menghentikannya. Untungnya, sudah ada cara stop kecanduan main Tik-Tok seperti berikut ini.

Baca Juga Trik Termudah Download Video Tik-Tok Tanpa Ribet

Cara Stop Kecanduan Main Tik-Tok

Daftar isi

Stop Kecanduan Main Tik-Tok

1. Buka Menu Setting

Cara pertama yang mesti Anda lakukan untuk bisa menghentikan stop kecanduan main Tik-Tok adalah dengan cara membuka menu Settings terlebih dulu. Seperti yang diketahui bahwa pada menu Setting ini sendiri terdapat berbagai pengaturan untuk aplikasi Tik-Tok tersebut.

Salah satu pengaturan tersebut nantinya bisa menghentikan kecanduan akan aplikasi Tik-Tok tersebut. Caranya adalah setelah Anda membuka menu Setting ini maka lanjutkan dengan membuka menu Digital Wellbeing.

Nantinya pada menu tersebut akan diberikan dua pilihan yang bisa Anda pilih. Dua pilihan itu sendiri adalah Screen Time Management dan Restricted Mode.

Pastikan bahwa Anda menjatuhkan pilihan pada pilihan yang tepat. Pilihan yang tepat tersebut adalah dengan menjatuhkan pilihan pada Screen Time Management seperti yang satu ini.

2. Atur Batas Waktu Penggunaan

Tentunya sebagian dari Anda merasa penasaran sekaligus bingung kenapa harus memilih fitur Screen Time Management. Hal tersebutlah yang kemudian membuat Anda mesti mengetahui fungsi dari fitur yang satu ini.

Bagi Anda yang belum tahu, fungsi dari fitur ini sendiri adalah untuk bisa membatasi durasi penggunaan dari aplikasi Tik-Tok tersebut. Nantinya Anda bisa bebas dalam membatasi waktu penggunaan aplikasi Tik-Tok mulai dari setengah jam atau satu jam.

Dengan pembatasan ini pastinya akan mencegah seseorang menjadi kecanduan terhadap aplikasi Tik-Tok ini. Soalnya tidak akan ada lagi yang anak atau orang terdekat Anda yang memainkan game ini dengan waktu yang terlalu berlebihan.

Baca Juga Langkah Membuat Video Tik-Tok bagi Pemula untuk Disukai Banyak Orang

3. Atur Kata Sandi

Apabila Anda sudah memilih fitur dan batas waktu penggunaan maka prosesnya tidak berhenti sampai di situ saja. Langkah selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengatur kata sandi pada fitur tersebut.

Nantinya kata sandi ini berguna untuk membuka kembali akun Tik-Tok tersebut setelah terkunci. Soalnya begitu Anda mengaktifkan fitur di atas dan tetap ada yang menggunakan aplikasi Tik-Tok melebih batas waktu yang sudah ditentukan maka aplikasi Tik-Tok akan terkunci dengan sendirinya.

Guna bisa membuka aplikasi Tik-Tok tersebut akan dibutuhkan kata sandi yang sudah Anda atur tersebut.

4. Aplikasi Tik-Tok Resmi Dibatasi

Jika Anda sudah melakukan cara di atas dengan runut dan juga tepat maka bisa dipastikan bahwa aplikasi Tik-Tok Anda sudah resmi dibatasi. Nantinya tidak bisa lagi menggunakan aplikasi Tik-Tok secara berlebihan maupun malah menjadi kecanduan.

Sesuatu yang pastinya akan merugikan Anda apabila sampai terjadi.

Baca Juga 5 Langkah Teraman Bermain Aplikasi Tik-Tok untuk Pemula

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara stop kecanduan main Tik-Tok. Jadi bagi Anda yang ingin menghentikan kecanduan aplikasi ini maupun membatasi durasi anak dalam memainkan Tik-Tok bisa meniru cara di atas.