Cara Termudah Mengatasi Bootloop pada Ponsel Android Anda

Cara Termudah Mengatasi Bootloop pada Ponsel Android Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa ponsel Android menjadi favorit bagi banyak orang karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Mulai dari harga terjangkau hingga berbagai fitur yang sangat mendukung. Namun keunggulan dari ponsel Android ini juga dibarengi dengan berbagai masalah yang ada. Salah satu masalah dari memiliki ponsel Android ini adalah kemungkinan ponsel Android yang mengalami bootloop.

Bagi Anda yang belum tahu, bootloop adalah kondisi dimana ponsel tidak bisa masuk ke menu utama ketika dinyalakan dan hanya memunculkan logo dari ponsel saja. Apabila kondisi ini sampai terjadi maka pastinya akan sangat mengganggu, soalnya Anda tidak bisa memanfaatkan dan menggunakan ponsel tersebut. Untuk itulah, berikut ini ada cara termudah mengatasi bootloop pada ponsel Android Anda.

Baca Juga Cara Lengkap Flash Semua Tipe HP Android Untuk Pemula

1. Metode Ringan

Cara termudah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan metode ringan seperti yang satu ini. Metode ringan yang satu ini sendiri cocok diaplikasikan untuk ponsel yang mengalami bootloop dengan masalah ringan. Metodenya adalah dengan menonaktifkan terlebih dulu ponsel yang Anda miliki. Setelah itu, langkah berikutnya yang mesti dilakukan adalah dengan mencabut berbagai perangkat yang terdapat ponsel tersebut. Mulai dari mencabut kartu sim, memori hingga baterai. Pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah mencabut semua perangkat yang sudah disebutkan tersebut dengan benar.

Baca trik  3 Cara Mengembalikan Aplikasi Google Maps Yang Hilang Di HP Android

Apabila sudah mencabut semua perangkat tersebut maka langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan ponsel terlebih dulu. Untuk pendiaman ini sendiri berada di kisaran waktu 1 hingga 4 jam. Jika sudah, silahkan Anda mencoba kembali menyalakan ponsel Android yang dimiliki tersebut. Apabila masalahnya tidak terlalu serius maka bisa dipastikan bahwa metode ringan ini sudah cukup menjadi solusi untuk masalah bootloop pada ponsel Android Anda.

2. Menghapus Cache Sistem

Apabila cara pertama seperti yang sudah disebutkan di atas ternyata tidak berhasil maka Anda bisa menggunakan cara yang kedua berikut ini. Untuk bisa melakukan metode cache sistem ini maka Anda harus terlebih dulu masuk ke menu Recovery mode. Supaya bisa masuk ke menu recovery mode ini maka setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda antara satu merek dengan merek yang lain.

Namun berikut ini, adalah garis besar caranya yaitu diawali dengan mematikan terlebih dulu ponsel Android yang Anda miliki. Setelah itu, tekan tombol power dan vol down seslama beberapa saat tentunya secara bersamaan. Apabila logo ponsel sudah muncul maka langkah berikutnya adalah pilih Advanced dan Wipe Dalvik Cache. Terakhir adalah dengan memilih menu Mounts & Storage dilanjutkan dengan Wipe/Cache.

Baca trik  Cara Terjitu untuk Membuat Proses Charging Smartphone Lebih Cepat

3. Menggunakan Metode Wipe Cache Partition

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan metode Wipe Cache Partition seperti yang satu ini. Bisa dibilang, cara yang satu ini tidak terlalu jauh berbeda dengan cara yang kedua. Dalam arti kata lain, Anda mesti terlebih dulu masuk ke dalam recovery mode terlebih dulu. Untuk bisa masuk ke recovery mode maka Anda bisa meniru cara yang di atas. Hanya saja untuk yang kali ini Anda memilih opsi Wipe Cache Partition di recovery mode tersebut dan kemudian klik ok. Metode ini pun sudah selesai dilakukan.

Baca Juga Cara Kalibrasi Layar Android Agar Lebih Responsive Dengan Mudah

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda jadi lebih paham tentang cara termudah mengatasi bootloop pada ponsel Android yang Anda miliki. Jadi apabila ponsel Android Anda memiliki masalah tersebut maka jangan langsung panik. Beberapa cara di atas bisa dijadikan solusinya.

Cara Termudah Mengatasi Bootloop pada Ponsel Android Anda oleh agung rating 5
DMCA.com Protection Status