Cara Termudah Mengatasi RAM OPPO yang Penuh

Cara Termudah Mengatasi RAM OPPO yang Penuh

RAM tentunya adalah bagian penting dari sebuah ponsel untuk mendukung performa dan kinerja yang dimilikinya. Jadi penting sekali bagi Anda untuk selalu memastikan bahwa ponsel yang dimiliki memiliki kualitas RAM yang baik. Salah satu masalah yang mesti dihadapi adalah RAM yang mengalami kondisi penuh pada ponsel yang dimiliki. Apabila kondisi yang satu ini sampai terjadi kepada Anda maka pastinya akan menjadi masalah tersendiri.

Soalnya bisa dipastikan bahwa ponsel yang mengalami kondisi RAM penuh maka akan sangat mengganggu performa ponsel yang dimiliki. Sesuatu yang pastinya tidak ingin Anda alami pada ponsel yang dimiliki. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang selama ini menggunakan ponsel merek OPPO untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Untungnya, Anda sudah tidak perlu terlalu khawatir lagi. Soalnya ada cara termudah mengatasi RAM OPPO yang cepat penuh seperti berikut ini.

Baca Juga Tips Temukan Solusi Memori Internal Ponsel Oppo yang Penuh

Cara Termudah Mengatasi RAM OPPO yang Penuh

Cara Atasi RAM OPPO Penuh

Daftar isi

Baca trik  Cara Termudah Mengatasi Aplikasi iPhone yang Sulit Dibuka

1. Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan mengatasi RAM OPPO yang penuh adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Bukan tanpa alasan karena salah satu faktor utama yang membuat RAM ponsel menjadi penuh adalah terlalu banyak data aplikasi. Apabila ini terus dibiarkan maka bisa dipastikan akan memenuhi RAM dan berdampak pada performa ponsel yang menjadi lambat. Untuk itulah, solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Bagi Anda yang belum tahu caranya, maka bisa diawali dengan menu Pengaturan pada ponsel OPPO ini. Lanjutkan dengan mengklik menu Aplikasi dan kemudain pilih Aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Terakhir adalah dengan memilih pilihan Nonaktifkan Aplikasi. Apabila Anda sudah melakukan langkah tersebut dengan benar maka aplikasi yang sudah dipilih tersebut tidak lagi aktif. Hal ini berguna untuk membuat RAM ponsel menjadi jauh lebih lebih lega.

2. Rutin Bersihkan Cache Aplikasi

Faktor berikutnya yang menjadi salah satu penyebab utama dari sebuah RAM ponsel menjadi cepat penuh adalah cache aplikasi yang menumpuk. Satu kesalahan yang masih sering dilakukan banyak orang adalah dengan membiarkan cache aplikasi ini terus menumpuk dari waktu ke waktu. Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa cache aplikasi yang dibiarkan menumpuk tidak akan berdampak apapun. Padahal sudah jelas kalau cache aplikasi dibiarkan menumpuk maka akan berdampak pada RAM yang cepat penuh. Untuk menghindarinya maka penting sekali untuk rutin membersihkan cache aplikasi ini. Bagi Anda yang belum tahu caranya maka bisa diawali dengan membuka menu Pengaturan lalu pilih Aplikasi. Nantinya Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin dibersihkan dan terakhir tinggal memilih Hapus Cache.

Baca trik  Tips Hack Whatsapp Paling Ampuh dengan Aplikasi Whatsapp Sniffer

3. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM. Tidak perlu bingung karena bisa dibilang, aplikasi pembersih RAM ini sendiri sudah tersedia banyak di internet. Nantinya Anda tinggal memilih mana aplikasi pembersih RAM yang memang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini berguna untuk membuat RAM pada ponsel OPPO yang dimiliki menjadi jauh lebih ringan. Nantinya ini akan berdampak langsung pada performa ponsel yang menjadi jauh lebih baik.

Baca Juga Trik Jitu Memaksimalkan Fitur Tersembunyi Oppo F1s

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara termudah mengatasi RAM OPPO yang penuh. Jadi apabila Anda memiliki masalah yang satu ini pada ponsel OPPO maka berbagai cara di atas bisa dijadikan solusi terbaiknya.

Cara Termudah Mengatasi RAM OPPO yang Penuh oleh agung rating 5