Gunakan Cara Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Rusak Setelah Terkena Air

Smartphone dengan air memang dikenal tidaklah bersahabat, air mampu merusak kompen smartphone dalam hitungan detik saja. Untuk mengatasi hal tersebut kini sudah banyak developer smartphone yang membekali produk smartphone mereka tahan air. Tapi bagi kamu yang smartphone nya belum water proff sebaiknya lakukan ini jika terkena air.

Gunakan Cara Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Rusak Setelah Terkena Air

Gunakan Cara Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Rusak Setelah Terkena Air Sebenarnya jika smartphone kamu terkena air besar kemungkinan akan terjadi kerusakan, hanya saja ini bisa meminimalisirkan terjadinya kerusakan. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Matikan Smartphone Secepatnya

Jika smartphone kamu masih dalam keadaanya menyala setelah terkena air sebaiknya segera matikan. Hal ini untuk menghentikan arus listrik yang masih mengalir dalam smartphone, karena jika arus listrik masih berjalan setelay terkena air besar kemungkinan akan terjadi koslet. Koslet adalah hal yang sebenarnya menjadi penyebab utama rusaknya smartphone setelah terkena air. Tapi jika smartphone kamu dalam keadaan mati setelah terkena air jangan coba-coba untuk segera menghidupkannya karena pasti akan koslet yang menyebabkan komponen didalamnya hangus. Baca Juga: Tips Termudah Buat Ponsel Oppo Terhindar Dari Virus Berbahaya

2. Lepaskan Komponen

Lepaskan Komponen Berikutnya lepaskan komponen smartphone seperti sim card, memory card dan baterai. Nah hal ini selain menghindari koslet juga untuk mempermudah air keluar dari dalam smartphone. Perlu diketahui juga kamu harus memiliki keterampilan ataupun pengalaman membuka baterai smartphone, jika tidak jangan coba-coba karena bisa semakin merusak smartphone.

Baca trik  Tips Cerdas Hindari Memori Internal Ponsel Meizu Menjadi Penuh

3. Keringkan Bagian Luar Smartphone

Keringkan permukaan smartphone dari sisa-sisa air menggunakan tisu, tapi saat mengelap permukaan smartphone sebaiknya jangan gerakan smartphone dengan berlebihan agar air yang ada didalmnya tidak mengalir memasuki celah-celah komponen. Segera memberishkan layar ini juga bertujuan agar tidak timbul flek-flek hitam pada permukaan layar LCD.

4. Jangan Meniup

Jangan Meniup Meniup adalah kebiasaan orang-orang awam untuk mengeringkan smartphone dari air, tapi perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan tersebut bisa berakibat fatal. Meniup smartphone setelah terkena air akan makin memperparah keadaan karena air malah semakin masuk kedalam smartphone. Daripada meniup sebaiknya gunakan vacum cleaner yang sifatnya menyedot akan membantu kamu mengeluarkan air dari dalam smartphone. Tapi jika tidak ada vacum cleaner gunakan cara lain berikut ini. Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password Pada HP OPPO A3s

5. Segera Rendam di Beras

Banyak orang yang mempercayai bahwa ini adalah mitos, karena cara ini banyak dilakukan oleh orang tua kita pada jaman dulu saat benda elektronik mereka terkena air. Tapi faktanya cara ini memang mujarab karena beras memiliki sifat yang menyodot air. Rendam smartphone kamu didalam beras selama 3 hari, sebelum mencoba untuk menyalakannya kembali.

Baca trik  4 Cara Mudah Download Video Youtube di Laptop

Nah itulah cara mengatasi agar smartphone tidak rusak setelah terkena air, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Gunakan Cara Ini Agar Smartphone Kamu Tidak Rusak Setelah Terkena Air oleh selviherdawati rating 5